10 Pesawat Militer Rusia Tercanggih

0
724
pesawat militer terbaru rusia

Blog Militer Indonesia,- 10 Pesawat Militer Rusia Tercanggih. Abad ini kita benar – benar menyaksikan 2 kekuatan superioritas di dunia kemiliteran, yaitu rivalitas antara Amerika Serikat Vs Rusia.

Hampir di setiap Peperangan didunia, terjadi rivalitas Persenjataan, peralatan dan perlengkapan Militer buatan  Amerika Serikat Vs Rusia. Tak terkecuali di bidang pesawat militernya.

Hai Sahabat Blog Militer, Amerika Serikat dan Rusia selalu melakukan Inovasi bi bidang pesawat militer sebagai pembuktian siapa yang memiliki kekuatan militer lebih tangguh.

BERITA DISARANKAN

Pembuatan persenjataan dan perlengkapan tempur militer ini tak lepas dari adanya perang dingin antara Amerikat serikat Vs Rusia.

Dalam pembuatan pesawat militernya, Para ahli aeronautika selalu memperhatikan perkembangan pesawat militer buatan Amerika serikat dan sekutunya.

Lalu para ahli aeronautika Rusia tersebut meriset dan membuat teknologi tandingan dalam pesawat militer buatannya.

Dalam pembuatan pesawat – pesawat militernya agar dapat mendominasi dalam pertempuran, Rusia mengandalkan 2 perusahaan penerbangan dalam negeri yang telah berpengalaman yaitu Sukhoi dan Mikoyan “ Mig”

Dan memang sejak bubarnya Uni soviet, Rusia mengambil alih industri penerbangan, dan menjualnya kepada China serta beberapa negara pecahan Uni Soviet.

Kali ini kita akan membahas tentang pesawat Militer Buatan Rusia, dimana sejak jatuhnya Uni Soviet Lahirlah pesawat cenggih buatan Rusia sebagai pengganti.

Yuk sama sama kita lihat beberapa pesawat militer terbaik yang dibuat oleh Rusia sebagai berikut :

1. Sukhoi Su-24

Sukhoi Su – 24 pertama kali diperkenalkan dan digunakan oleh Angkatan Udara Rusia pada tahun 1974.

Pesawat Militer Rusia, dirancang dan di desain sebagai pesawat dengan kemampuan supersonik yang tahan terhadap segala cuaca.

Pesawat ini dibekali dengan 2 mesin ganda dan desain kursi pilot yang mampu digunakan oleh 2 orang pilot secara berdampingan.

Pesawat militer ini telah terlibat dalam berbagai peperangan seperti perang Uni Soviet Vs Afganistan dan juga perang Chechnya.

Dan sejak runtuhnya Uni Soviet, pesawat ini tetap digunakan oleh beberapa Angkatan Udara selain Rusia seperti Ukraina dan Azerbaizan.

Namun sepertinya usia pesawat militer ini tidak akan lama lagi karena Rusia berencana menghapus dan menggantinya dengan pesawat militer canggih rusia lainnya yaitu Sukhoi Su -35

2. Sukhoi Su-25

Sukhoi SU-25 Frog foot merupakan kelanjutan dari program Sukhoi Su – 24, tak banyak berbeda dengan pendahulunya, namun ada beberapa pengembangan termasuk dalam sistem Aerodinamika dan persenjataannya.

Prototipe Pesawat tempur ini mulai diperkenalkan pada tahun 1975 dan digunakan oleh angkatan udara organik rusia pada tahun 1981.

Sama seperti sang kakak Su – 24, pesawat ini juga terlibat dalam berbagai pertempuran seperti mendukung Irak dalam perang Irak – Iran dengan hasil yang sangat fantastis dengan hanya 1 pesawat yang tertembak jatuh.

Irak kembali menggunakan jasa pesawat militer rusia ini pada perang teluk melawan koalisi, Rusia sendiri juga menggunakanya dalam perang Chechnya.

3. Sukhoi Su-27

Pesawat ini mulai diperkenalkan pada dunia pada tahun 1985, dan telah dijual dan digunakan oleh beberapa negara seperti Cina.

Bahkan Cina telah mendapat lisensi pengembangan untuk dijadikan pesawat tempur dalam negerinya dengan kode Shenyang J – 11 yang mulai dioperasikan oleh angkatan udara Cina pada tahun 1999.

Pesawat ini juga dimiliki oleh Ukraina sebagai warisan dari Uni Soviet namun sayang beberapa diantaranya sudah tidak dioperasikan kembali.

Sedangkan Rusia masih menggunakannya secara baik termasuk diantaranya pada pera Konflik dengan Georgia pada tahun1992.

Bahka versi terbarunya juga masih digunakan pada perang suriah. Jangan lupa Indonesia juga menggunakan pesawat tempur militer Rusia ini untul dioperasionakal dalam TNI AU.

4. Sukhoi Su-30

Pesawat ini adalah kenang – kenangan terakhir Uni Soviet, Hal ini karena dikembangkan pada akhir 80an sebelum akhirnya Uni Soviet bubar.

Hingga akhirnya resmi digunakan oleh angkatan Udara Rusia sejak 1991 In 1997.Pesawat Militer Rusia ini mempunyai beberapa Variant yang dijual pada beberapa negara seperti , Su-30MKK  yang digunakan oleh tentara pembebasan Cina.

Beberapa Variant lain diproduksi dan disesuaikan dengan negara pembeli seperti Su-30MKM untuk Malaysia, Su-30KI untuk India dan tentunya tak ketinggalan Su – 30 Milik TNI AU.

Pesawat ini digunakan dalam perang saudara di Suriah dalam mendukung presiden Bashar Al Ashad mempertahankan kekuasaannya.

Halaman Selamjutnya : Sukhoi Su -34

5. Sukhoi Su-34

Pesawat tempur yang satu ini sangat istimewa, mulai dikembangkan pada tahun 1990 atau hanya setahun sebelum bubarnya Uni Soviet.

Dan karena pembubaran tersebut, Program pengembangan pesawat Su -34 ini sempat tertunda begitu lama, hingga akhirnya Rusia mengumumkan memakainya secara resmi pada tahun 2014.

Pesawat militer Rusia ini juga terlibat aktif dalam perang saudara di Suriah, sebagai musuh Pemberontak yang ingin meruntuhkan kekuasaan Bashar Al Ashad.

Seperti yang saya samapaikan diatas bahwa pesawat ini istemewa, mengapa ? Karena tidak seperti pendahulunya yaitu Su-27 dan Su – 30 yang telah terjual ke bebrapa negara.\

Sukhoi Su 34 justru hanya dipakai oleh Angkatan Udara Rusia, dan tak terlibat dalam banyak peperangan.

Namun Rumor terakhir menyebutkan bahwa Algeria akan menjadi negara pertama yang membeli Sukhoi Su 34 untuk angkatan udara negaranya, namun hal tersebut belum dapat dikonfirmasi kebenarannya.

6. Sukhoi Su-35

Sukhoi Su – 35 Flangker E ini merupakan pesawat tempur hasil pengembangan Su – 34 yang secara resmi digunakan pada tahun 2014, Hampir bersamaan dengan Su-34.

Pesawat ini juga telah di ujicoba dan digunakan dalam Konflik Suriah. NamunTak seperti Su – 34

Pesawat militer yang satu ini telah dipesan oleh beberapa negara.

Pesawat yang merupakan generasi 4++ ini memang menarik beberapa negara karena keunggulanya dalam bernmanuver serta kemampuannya membawa senjata yang cukup banyak dan kmplit.

Algeria, Cina , India bahkan Indonesia merupakan beberapa negara yang tertarik menggunakan jasa pesawat militer rusia ini guna menjadi penjaga kedaulatan udara negaranya.

7. Sukhoi Su-57

Pesawat Terakhir besutan Pabrik Sukhoi adalah Sukhoi Su -57, Pesawt ini di desai dan dirancang guna meneruskan Rivalitas antara Rusia dan Amerika Serikat.

Sukhoi Su -57 adalah pesawat generasi ke 5 yang merupakan jawaban dari rusia untuk dapat terus berkompetisi dengan Amerika serikat yang juga telah mengembangkan pesawat genersi ke 5 seperti F – 22 Raptor dan F-35 Lightning II.

Pesawat Militer Rusia ini akan menjadi jet tempur pertama buatan pabrikan Sukhoi yang mengadopsi teknologi Siluman atau stealth teknology.

Tak Hanya itu sukhoi juga akan mempertahankan kemampuan dalam bermanuver serta kecepatan yang telah dimiliki oleh sang pendahulunta Su – 34 dan Su – 35.

Pesawat ini telah diresmikan oleh pemerintah rusia pada tahun 2019 dan dikenalkan kepada publik dalam penerbangan pertamanya pada tahun 2020.

8. Mikoyan MiG-29

Saatnya beralih ke pesawat tempur Rusia, buatan Perusahaan besar lainnya Mikoyan MIG. Mikoyan Mig -29 merupakan pesawat yang menjadi kompetitor utama F -16.

Mulai dikembang masih pada Zaman Uni Soviet / USSR tepatnya pada tahun 1979 atau akhir 70an, dan mulai diperkenalkan pada tahun 1982 benar – benar menjadi musuh yang tangguh bagi F -16 andalan Amerika serikat.

Mig – 29 merupakan pesawat militer serbaguna ( Multirole) yang di desain awal sebagai pesawat tempur guna mengusai pertempuran udara namun akhirnya beradaptasi juga mampu melaksanakan serangan dari udara ke darat.

Ukraina merupakan negara yang mewarisi puluhan unit pesawat militer ini sebagai warisan atas bubarnya Uni Soviet /USSR.

Bakhkan Ukraina juga menggunakannya untuk melawan Separatis bersenjata selama peperangan di Donbass. Walaupun akhirnya beberapa pesawat Mig 29 harus dijatuhkan oleh para separatisme.

9. Mikoyan MiG-31

Pesawat militer rusia yang satu ini diperkenalkan pada publik pada tahun 1981, pesawat militer yang didesain sebagai pesawat tempur terbesar dan terpanjang yang ada.

Pesawat ini merupakan pesawat besar tercepat di dunia dan dibekali kemampuan untuk menembakkan rudal – rudal jarak jauh.

Pesawat ini juga serupa dengan Sukhoi Su – 34 yang jarang diexport ke negara lain dan difokuskan untuk melayani angkatan udara organik Rusia.

Dan Hanya Kazahktan negara yang terkonfirmasi sebagai negar di luar Rusia yang menggunakan MIG 31- Fouxhound untuk angkatan udaranya.

Walupun sebenarnya Suriah juga pernah mengajukan pembelian pesawat ini namun terkendala perang saudara yang memporak porandakan ekonomi mereka.  

Pesawat yang direncanakan masih akan digunakan oleh Angkatan udara Rusia hingga tahun 2030, ini membuktikan ketangguhan pesawat militer Mig – 31 Foxhound.

10. Mikoyan MiG-35

Pesawat Militer Rusia, yang satu ini merupakan jet tempur terbaru besutan Mikoyan Mig dan merupakan andalan Rusia bersama Sukhoi Su – 57. 

Pesawat yang pertama kali dipertontonkan pada publik saat pameran udara aero di India pada tahun 2007 ini mulai aktif digunakan oleh angkatan udara Rusia pada 2019 lalu. 

Mig – 35 merupakan pengembangan dari Mig – 31 Foxhound yang di klaim merupakan lompatan teknologi luar biasadan mampu mengadopsi radar AESA. 

Pesawat ini juga di desai dengan kursi tunggal maupun ganda diman kedua versi tersembut digunakan oleh angkatan udara Rusia.

Pesawat Militer yang satu ini dibekali dengan mesin ganda FADEC RD-33MK, dan karena pesawat baru makan Mig 35 belum pernah terlibat dalam peperangan apapun.

Begitulah 10 Pesawat militer Rusia terbaik yang menjadi Andalan baik untuk Angkatan Udara Rusia maupun beberapa negara sahabat Rusia.

Sebenarnya masih ada 1 lagi pesawat legendaris Mikoyan Mig yang menjadi andalan pada tahun 1950an. Yaitu Mikoyan mig – 17. Namun saat itu Rusia masih menjadi bagian dari USSR atau Uni Soviet.

Kami juga menulis artikel Islami Kunjungi >>> BLOG MUSLIM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here