10 Pesawat Militer Terbaik Sepanjang Masa

3
653
pesawat militer terbaik sepanjang masa

Sejarah Dunia Mencatat bahwa masa lalu dipenuhi pertumpahan darah dalam peperangan. Konflik yang terjadi akibat perebutan kekuasaan dan sumber daya alam menjadi alasan banyaknya peperangan di masa lalu.

Pada abad ke-20 dan ke-21, taktik peperangan dengan mengandalkan peralatan dan perlengkapan militer mulai gencar dilaksanakan, Disinilah pesawat menjadi Alutsista Militer yang paling berperan dalam pertempuran baik untuk menghancurkan lawan maupun mencegah agresi negara lain.

Apa Sajakah 10 Pesawat Militer Terbaik Sepanjang Masa ???

Berikut daftar 10 pesawat militer terbaik sepanjang masa yang dicatat sebagai sejarah kelam dalam perang dunia II dan perang dingin antara Rusia dan Amerika Serikat :

Pesawat F-16 Fighting Falcon

Pesawat Militer Terbaik Sepanjang Masa pertama yang akan kita bahas F-16 fighting Falcon, Pesawat ini adalah jet tempur bermesin satu kursi yang dibuat oleh General Dynamics Company (sekarang bagian dari Lockheed Martin Company) untuk Amerika.

F-16 fighting falcon berasal dari pesanan angkatan bersenjata Amerika Serikat pada tahun 1972 untuk pesawat tempur udara ke udara yang berbiaya ringan.

Saat ini mode F -16 merupakan pesawat Multirole yang selain handal dalam pertempuran dari udara ke udara juga dapat menembakkan secara efektif Rudal dari udara ke daratan .

F-16 memiliki panjang 49 Panjang bodi pesawat (15 meter) dan memiliki lebar sayap 31 jari kaki (9,45 meter). Pesawat ini dibekali juga mesin Pratt & Whitney atau Basic Electrical turbofan, dengan afterburning.

Degan mesin tersebut dapat menghasilkan dayadorong hingga 23.000 hingga 29.000 kilo (102 hingga 130 kilonewton) , kecepatan pesawat ini maximal hingga lebih dari dua kali kecepatan suara.

Sedang persenjataannya terdiri dari meriam putar 0,8 inci (20 milimeter), di samping bawah sayap dan badan pesawat untuk semua jenis bom dan rudal. Dengan muatan pertarungan yang khas, F-16 memiliki berat sekitar 23.000 kilo (10.000 kg).

Hingga hari ini F -16 masih digunakan dengan variant – variant baru yang lebih canggih dan menakutkan lawan – lawannya. bahkan secara pribadi mengakui bahwa inilah pesawat terbaik sepangjang masa yang pernah ada di bumi.

Hawker Hurricane (Great Britain)

Pesawat Militer terbaik sepanjang masa Kedua yang akan kita bahas adalah Hurricane. Hurricane adalah pesawat tempur satu kursi Inggris yang diproduksi oleh Hawker Plane, Ltd.

Pada 1930-an dan 40-an. Hurricane adalah pesawat tempur andalan Inggris yang sangat penting dalam perjalanan tingkat awal penting Konflik Dunia II, berbagi kemenangan kemenangan dengan Supermarine Spitfire dalam Battle of Britain (1940–41) and the defense of Malta (1941–42). serta berbagai pertempuran lainnya.

Hurricane muncul dari upaya oleh Sydney Camm, kepala desainer Hawker, untuk mengembangkan pesawat tempur monoplan berperforma tinggi pada bulan Maret 1935 yang menyerukan persenjataan berat yang belum pernah terjadi sebelumnya dari senjata mesin berkekuatan 0,303 inci (7,7 mm) bermesin delapan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Pesawat ini Dirancang pada putaran mesin 1.200-tenaga kuda, 12-silinder in-line Rolls-Royce dengan cepat dijuluki Merlin, Hurricane adalah pertumbuhan evolusi dari desain Camm sebelumnya, terutama pesawat tempur Fury biplane.

Monoplane sayap rendah dengan gigi touchdown yang dapat ditarik, Hurricane, terlepas dari turunannya yang jelas dan persenjataan berat, adalah desain tradisional.

A-10 Thunderbolt II (Amerika Serikat)

Pesawat Militer terbaik sepanjang masa berikutnya adalah A-10A Thunderbolt II buatan Amerika serikat, pesawat bermesin ganda dengan desain dua kursi ini pertama kali diterbangkan pada tahun 1972.

Pada pertengahan tahun 1970 pesawat ini berubah peran menjadi pesawat tempur yang mendominasi pertempuran di udara dengan rudal dari udara ke udara.

Persenjataan utamanya adalah meriam berdiameter 1.2 inci (30-milimeter) bermata tujuh yang dipasang di hidung yang merupakan pembunuh pesawat tempur lain yang sangat efisien.

Pesawat telah terlibat dalam banyak peperangan seperti dalam Perang Teluk Persia, Perang Irak, dan Perang Afghanistan dan beberapa peperangan lainnya dimana Amerika bertindak sebagai polisi dunia

Pesawat Tempur MiG-21 (Uni Soviet)

Berganti pada Pesawat Militer terbaik sepanjang masa buatan Rusia atau Uni Soviet ( USSR ) ada pesawat tempur jenis MiG-21, pesawat pencegat bermesin tunggal ringan yang mampu terbang dengan kecepatan dua kali lipat suara, diluncurkan pada tahun 1955.

Pesawat yang mulai beroperasi pada tahun 1958, adalah pesawat tempur yang mempunyai bermanuver sangat lincah, mudah diikuti, dan mampu berfungsi dari lapangan terbang dengan landasan yang sangat pendek.

Uni Soviet menghasilkan lebih dari 9.000 MiG-21 dalam sebanyak 32 variasi untuk angkatan udara Uni Soviet dan lebih dari 40 lokasi internasional yang berbeda dan melisensi model untuk manufaktur di Cina.

Pesawat ini diandalkan oleh beberapa negara seperti Vietnam Utara, dan variasi yang ditingkatkan menjadi kekuatan udara utama Angkatan udara Arab pada tahun 1970-an.

Pesawat mata-mata U-2 “spy plane ” (Amerika Serikat)

Pesawat Militer terbaik sepanjang masa ke empat masih ditempati oleh pesawat tempur buatan Amerika Serikat yaitu pesawat mata – mata ” Spy Plane ” U – 2.

Spy plane U-2 adalah pesawat jet yang mampu terbang sangat tinggi dengan satu kursi milik angkatan perang Amerika serikat yang dirancang guna pengumpulan data intelijen, pengawasan, dan pengintaian.

Pesawat Militer ini merupakan pesawat mata-mata paling terkenal yang pernah dibangun, U-2, juga sering dikenal sebagai Dragon Lady atau sang Wanita Naga, telah beroperasi sejak tahun 1956. Sebuah prototipe terbang pada tahun 1955, dan pesawat terakhir dalam urutan dibangun di tahun 1989 .

Pada tanggal 1 Mei 1960, sebuah U-2 ditembak jatuh di atas Uni Soviet, yang memicu peristiwa U-2, dan pada tahun 1962, selama krisis misil Kuba, sebuah U-2 mengambil gambar yang mengkonfirmasi keberadaan Soviet. rudal bersenjata nuklir di Kuba.

Misi-misi pengumpulan-intelijen strategis terus berlanjut, namun U-2 juga telah digunakan untuk pengintaian dan pengawasan medan perang dalam beberapa konflik dan menekankan tempat-tempat yang telah dilakukan oleh Amerika dengan alasan Konflik Vietnam pada 1960-an. 

Meskipun banyak dari kemampuannya telah diadopsi oleh pesawat tanpa awak modern ” Drone ” yang tahan lama di tempat tinggi, sejumlah U-2 tetap beroperasi.

Karena suatu alasan khusus tahun 1980-an, Badan Penerbangan dan Administrasi Wilayah (NASA) telah mengoperasikan U-2 yang dimodifikasi, sebagai pesawat dengan tugas untuk pengumpulan informasi tentang lingkungan, Bumi, dan fenomena bumi lainnya.

Pesawat tempur Bf 109 (Jerman)

Pesawat tempur terbaik sepanjang masa selanjutnya adalah pesawat tempur buatan jerman Bayerische Flugzeugwerke 109 atau dikenal juga dengan sebutansebagai Me 109.

Pesawat ini adalah pesawat tempur paling penting Jerman Nazi, Secara umum dikenal sebagai Me 109 setelah desainernya, Willy Messerschmitt. Bf 109B yang bertenaga Jumo, dipersenjatai dengan senjata mesin 4 0,3 inci (7,92-mm).

Mulai beroperasi pada tahun 1937 dan langsung terlibat dalam pertempuran dalam Konflik Sipil Spanyol. Dalam konflik ini pesawat Bf 109 dengan sukses melawan beberapa pesawat canggih zaman itu seperti monoplane Soviet I-16 dan biplan I-15, sebagian karena perintis penggunaan radio antar-pesawat Luftwaffe untuk mengatur formasi dalam pertempuran udara-ke-udara.

Sepanjang waktu itu, mesin Daimler-Benz DB601 yang diinjeksi bahan bakar dalam 1.000 tenaga kuda bervariasi telah berkembang menjadi mudah diakses, terjadi dalam Bf 109E, yang dipersenjatai dengan dua meriam terkomputerisasi 0,8 inci (20-inci) dan dua mesin yang terkomputerisasi.

Senjata di dalam penutup mesin. (Sebuah meriam lebih lanjut adalah untuk menyalakan api melalui hub baling-baling, namun ini tidak langsung menguntungkan.) Bf 109E, pesawat tempur utama Jerman dari invasi Polandia pada tahun 1939 melalui Pertempuran Inggris (1940-41).

Dengan memiliki kecepatan tinggi 350 mil (570 km) per jam dan langit-langit 36.000 jari kaki (11.000 meter). Itu lebih unggul dari sesuatu yang dapat dikerahkan oleh Sekutu di ketinggian rendah dan sedang, tapi itu pasti dikalahkan oleh Spitfire Inggris pada ketinggian di atas 15.000 jari kaki (4.600 meter).

B-52 Stratofortress (Amerika Serikat)

Pesawat Militer terbaik sepanjang masa keenam versi blog militer indonesia adalah pesawat pem bom B – 52, Pesawat B-52, juga dikenal sebagai Stratofortress, adalah pengebom berat jarak jauh AS yang dirancang oleh Boeing Firm pada tahun 1948.

Pesawat ini pertama kali diterbangkan pada tahun 1952, dan pertama kali dikirim untuk dinas angkatan laut Amerika Serikat pada tahun 1955.

Pesawat pembom B-52 memiliki rentang sayap 185 jari kaki (56 meter) dan ukuran 160 jari kaki 10,9 inci (49 meter). Ini didukung oleh delapan mesin jet yang dipasang di bawah sayap di 4 pod kembar.

pesawat tempur terbaik sepanjang masa

Kecepatan tertinggi pesawat pada 55.000 jari kaki (17.000 meter) adalah Mach 0,9 (595 mil per jam, atau 960 km / jam); hanya beberapa ratus jari kaki di atas bagian bawah, itu mungkin akan terbang di Mach 0,5 (375 mil per jam, atau 600 km / jam).  

Badan pesawat besar B-52 membuatnya mendapat julukan “Big Ugly Fat Fellow” (BUFF), tetapi tentu saja juga memungkinkan pesawat untuk dipasang kembali dengan program navigasi, kontrol senjata, dan penanggulangan digital yang sangat canggih.

Pesawat Bomber Tupolev Tu-95 (Uni Soviet / Rusia)

Pesawat Militer terbaik sepanjang masa berikutnya adalah Pesawat Bomber Tupolev Tu-95. Perusahaan pesawat tempur Uni Soviet Tupolev, pada tahun 1952 meluncurkan Tu-16 (“Badger”), bomber jarak menengah yang menampilkan sayap tersapu dan bangunan paduan ringan.

Sebuah Tim di bawah Aleksandr A. Arkhangelsky, afiliasi lama pendiri perusahaan Andrey Tupolev, merancang Tu-95 (“Bear”), pembom besar yang pertama kali terbang pada tahun 1954 dan telah menjadi pesawat paling kokoh yang pernah dibuat dan salah satu dari banyak pesawat berumur panjang dalam gudang strategis Soviet.

Hingga saat ini Rusia tetap mengoperasikan lebih dari 50 pesawat Tu-95 sebagai pembawa rudal jelajah yang menjadi andalan angkatan perang organik Rusia.

P-51 Mustang (Amerika Serikat)

P-51, juga dikenal sebagai Mustang, adalah pesawat tempur bermesin satu kursi yang awalnya dirancang dan diproduksi oleh Aviasi Amerika Utara untuk British Royal Air Drive (RAF) dan kemudian diadopsi oleh Angkatan Udara Militer AS (USAAF).

P-51 secara luas dianggap sebagai pesawat tempur bermesin piston terbaik dari World Conflict II yang telah diproduksi dalam jumlah yang sangat besar.

Sekitar 1.500 Mustang yang bertenaga Merlin telah digunakan oleh RAF untuk tugas siang hari di Eropa, dan pesawat itu diproduksi di bawah lisensi di Australia menuju puncak perjuangan. Sejumlah telah dikirim ke Cina Nasionalis.

Mungkin model yang paling banyak diproduksi adalah P-51D. Dilengkapi dengan sampul “gelembung” Plexiglas untuk semua yang imajinatif dan terkini, ia terbang dengan kecepatan paling tinggi sekitar 700 mil (700 km) per jam, mencapai langit-langit kerja hanya sekitar 42.000 jari kaki (12.800 meter), dan dipersenjatai dengan enam senapan mesin 0,5 inci (12,7-mm) yang terpasang di sayap.

Dassault-Breguet Mirage (Prancis)

Pesawat Militer terbaik sepanjang masa terakhir adalah Dassault-Breguet Mirage milik Prancis. Pesawat yang mudah dan kokoh dan relatif murah ini telah diadopsi oleh banyak angkatan udara yang lebih kecil di dunia sejak 1960-an.

Pesawat Mirage yang utama adalah Mirage III delta-mesin tunggal. Pesawat ini pertama kali diterbangkan pada tahun 1956 namun kemudian mengalami pertumbuhan yang sangat cepat.

Satu varian itu dirubah menjadi pesawat pencegat utama, satu lainnya pembom-tempur, dan yang ketiga pesawat pengintai. Sepanjang 1960-an Mirage III adalah pejuang superioritas udara penting dari pesawat udara Israel, dan itu dilakukan secara spektakuler dalam Konflik Enam Hari tahun 1967.

Beberapa angkatan udara di dunia memakai Mirage III termasuk Brasil, Lebanon, Afrika Selatan, Argentina, Pakistan, Spanyol, Australia, dan Swiss.

Demikianlah beberapa deretan Pesawat Militer terbaik sepanjang masa yang pernah ada bahkan sebagian masih diopersionalkan hingga saat ini.

ada beberapa pesawat tempur lain yang tak kalah canggih dan telah dipergunakan dalam berbagai peperangan di masa lalu namun belum sempat tertuang dalam artikel ini.

·

3 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan