Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

2500 Pemuda akan didik pendidikan Dasar Militer sebagai Komponen Cadangan

45 sec read

komponen cadangan

Hai sobat Analisis Militer Blog kali ini kita akan kembali membahas tentang komponen masyarakat yang akan menjadi pelapis TNI dalam menjaga kedaulatan NKRI.

Komponen Cadangan

Pemerintah Indonesia akan segera menindaklanjuti UU no 23 Tahun 2019 tentang Pemberdayaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan ( PSDN ) dengan membentuk Komponen Cadangan yang menargetkan 2500 Generasi Milenial untuk bergabung.

Dalam UU PSDN Komponen cadangan merupakan bagian diluar TNI yang dapat digerakkan/mobilisasi guna memperkuat TNI sebagai Komponen Utama pertahanan Negara dalam menghadapi ancaman, tantangan, hambatan dan ganguan militer baik dari dalam dan luar negeri.

Guna dapat dimobilisasi tentunya Komcad harus mempunyai keterampilan/kemampuan dasar kemiliteran, untuk itu para calon Komponen Cadangan akan didik dasar dasar dasar kemiliteran selama kurang lebih 3 bulan.

Nantinya Anggota Komcad akan mendapat perlengkapan, Uang saku dan kebutuhan lainnya yang akan disiapkan oleh Kemenhan selaku leading sektor dibidang pertahanan negara.

Baca Juga:

Perekrutan Komcad dan Pelaksanaan pendidikan dasar militer ini akan dilaksanakan setelah terbitnya PP soal Komcad yang saat ini sedang proses pembahasan akhir di setneg seperti kata Dirjen Potensi Pertahanan Kemhan Bondan tiara sofyan seperti dikutip kompas.com

Yang perlu diingat Komponen Cadangan ( KOMCAD ) Bukan Wajib MIliter ( Wamil ) karena Komcad sifatnya sukarela dan terbuka bagi seluruh warga negara dengan usia 18 – 35 Tahun.

( Red | literacyMILITER )

loading…
Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!