3 Jenderal Berpangkat Bintang 5 dari Indonesia

1 min read

3 Jenderal Berpangkat Bintang 5 dari Indonesia

Hai sahabat blog militer indonesia, Salah satu posisi penting dalam kemiliteran adalah seorang Jenderal yang bertugas untuk memimpin angkatan perang suatu negara dan bertanggung jawab atas kemenangan yang diraih. Namun dalam Tentara dikenal juga jenderal besar sebagai suatu penghargaan atas jasa jasanya, berikut 3 Jenderal Berpangkat Bintang 5 dari Indonesia !

Pangkat Jenderal juga memiliki tingkatan yang menandakan posisi dan urutan pangkat TNI yang paling tinggi. Posisi itu digambarkan dengan bintang mulai dari bintang 1 yaitu Brigadir Jenderal hingga bintang 5 yaitu jenderal besar ( Normalnya hanya bintang 4) .

Posisi tertinggi jenderal adalah Jenderal Bintang Lima. Diketahui hanya ada 8 orang Jenderal Bintang Lima di dunia yang 3 darinya berasal dari Indonesia.

Karena banyak perwira militer di dunia yang tidak mampu untuk meraih title ini.

Berikut adalah nama-nama Jenderal Bintang Lima yang berasal dari Indonesia.

 

Baca Juga:

1. PB. Soedirman

Salah satu Jenderal Besar TNI ( Anumerta) adalah Raden Soedirman atau yang biasa dikenal sebagai dengan Jenderal Soedirman.

Soedirman mendapatkan anugerah berupa Pangkat Kehormatan Jenderal Besar TNI pada tanggal 30 September 1997.

Tidak dengan cara yang mudah, Soedirman meraih Pangkat Besar tersebut dengan berbagai perjuangan dan prestasi pada negara yang telah ia capai.

Dikenal dengan taktik perang gerilya yang dilakukannya untuk melawan pasukan Belanda, ia berhasil memperoleh kemenangan.

Penganugerahan Pangkat Jenderal Berbintang Lima ini adalah sebuah peristiwa yang sangat istimewa karena hanya diberikan kepada prajurit yang sangat berjasa bagi bangsa dan negara.

 

2. Abdul Haris Nasution

Abdul Haris Nasution atau A.H Nasution pernah mendapatkan beberapa penghargaan dari berbagai universitas. Beliau memiliki gelar Doktor yang ia terima dari Universitas Padjadjaran dan Universitas Islam Sumatera Utara.

Selain gelar dari dalam negeri, Abdul Haris Nasution juga mendapatkan gelar Doktor Causa dalam bidang politik yang ia dapatkan dari Filipina.

Dia juga merupakan salah satu orang yang sangat berjasa bagi bangsa dan negara Indonesia ini. Abdul Haris Nasution diangkat menjadi Jenderal Bintang Lima tepat bersamaan dengan Jenderal Soedirman pada tanggal 30 September 1997.

 

3. Soeharto

Mantan Presiden RI kedua, Soeharto juga merupakan seseorang yang mendapatkan pangkat Jenderal Bintang Lima. Ia merupakan presiden yang menjabat dari tahun 1967 sampai tahun 1998.

Soeharto juga terkenal dengan sebutan “the smiling general” atau “Sang Jenderal yang Tersenyum” karena ia selalu tersenyum saat berada di depan khalayak banyak.

Prestasi yang diraih Soeharto juga banyak untuk negara Indonesia ini, oleh karena itu ia juga mendapatkan pangkat Jenderal Bintang Lima dan bahkan menjabat sebagai Presiden RI.

 

Demikian daftar nama tokoh-tokoh yang mendapatkan Pangkat Jenderal berpangkat Bintang 5 Lima dari indonesia yang terdiri dari 3 orang dari 8 orang di dunia.

error: Alert: Content is protected !!