3 Pangkalan Militer Terbesar di Dunia

1 min read

3 Pangkalan Militer Terbesar di Dunia

Pangkalan militer merupakan tempat dimana melatih, menyiapkan, menyimpan perlengkapan militer. Biasanya militer mengatur dan mengembangkan strategi perang di pangkalan militer.

Banyak negara yang berlomba-lomba untuk memperkuat dan memperbanyak alat canggih utama sistem pertahanan mereka, salah satunya adalah membangun pangkalan militer di negaranya sendiri maupun di teritori negara lain guna menjaga negara mereka.

Berikut adalah deretan pangkalan militer yang memiliki ukuran terbesar di dunia.

 

1.Frot Bragg

Frot Bragg merupakan pangkalan Angkatan Darat terbesar milik Amerika Serikat. Pangkalan ini berlokasi di North Carolina, Amerika Serikat yaitu terletak di sebelah barat Fayetteville di North Carolina.

Baca Juga:

Ada sekitar 52.280 tentara yang aktif bertugas di Frot Bragg, 12.624 komponen cadangan dan mahasiswa (tugas sementara), 8.757 karyawan sipil, 3.516 kontraktor, dan 62.962 anggota keluarga aktif.

Dari jumlah banyaknya orang yang beroperasi di pangkalan Frot Bragg ini sudah terbayang bagaimana besarnya ukuran pangkalan militer ini.

Satuan 82nd Airbone juga tinggal di Frot Bragg sebagai rumah mereka.

 

2.Fort Campbell

Pangkalan militer Fort Campbell berlokasi di antara Hopkinsville dan Clarksville, di perbatasan negara bagian Kentucky-Tennesse, Amerika Serikat.

Fort Campbell pertama kai diaktifkan pada saat perang dunia II namun didirikan pada tahun 1942.

Baca Juga : Urutan Pangkat TNI AD dari Terendah sampai tertinggi

Satuan yang tinggal di Fort Campbell adalah Screaming Eagles of the 101st Airbone Division Air Assault yang merupakan satu-satunya divisi air assault dari Angkatan Darat Amerika Serikat.

Di Fort Campbell juga merupakan tempat beroperasinya 30.438 tentara, 53.116 anggota keluarga, dan 151.360 lainnya termasuk purnawirawan, anggota keluarga yang pensiun, dan komponen cadangan.

 

3.Gunung Yamantau

Gunung Yamantau adalah sebuah gunung yang terletak di Pegunungan Ural di Distrik Beloretsky, Bashkortostan, Rusia.

Gunung ini terletak pada ketinggian 1.640 meter (5.381 kaki). Pangkalan militer yang berada di gunung Yamantau ini terletak dengan salah satu laboratorium senjata nuklir Rusia, yaitu Chelyabinsk-70.

Pangkalan militer di gunung Yamantau ini dibangun dengan tujuan untuk bertahan dalam perang nuklir. Di tempat ini juga digunakan sebagai lokasi hulu ledak nuklir, sebuah basis rudal, pusat produksi nuklir rahasia, dan laboratorium energi terarah.

 

Demikian deretan nama tempat pangkalan militer terbesar di dunia yang memiliki banyak fungsi selain sebagai tempat tinggal militer.

error: Alert: Content is protected !!