4 Jenis Ranjau Darat Paling Mematikan di Dunia

1 min read

4 Jenis Ranjau Darat Paling Mematikan di Dunia

Sistem persenjataan di dunia sudah mengalami perkembangan dan semakin canggih seiring berjalannya zaman. Tidak hanya senjata modern, bahkan senjata zaman dulu juga sangat terbukti efektif dalam peperangan.

Salah satu senjata yang sangat efektif dalam peperangan adalah ranjau darat. Ranjau darat biasanya digunakan untuk melumpuhkan dan memperlambat pergerakan musuh ketika sedang melakukan penyerangan.

Berikut adalah beberapa jenis ranjau yang pernah tercatat sebagai ranjau paling mematikan di dunia.

 

1.Blast Mines

Blast Mines merupakan salah satu ranjau darat yang sering digunakan dan merupakan salah satu jenis ranjau yang cara menggunakannya sangat mudah.

Baca Juga:

Untuk menggunakan ranjau ini, hanya perlu diletakkan di tempat yang sudah ditentukan kemudian tinggal tunggu sesuatu untuk memicunya agar meledak.

Ranjau ini memiliki daya ledak yang cukup besar, bahkan hanya dengan sedikit pemicu, ranjau ini sudah bisa meledak karena memiliki sensitivitas yang cukup tinggi.

 

2.Fragmentation Mines

Ranjau yang satu ini merupakan salah satu ranjau yang mematikan di dunia karena memiliki daya ledak yang cukup besar dan efek yang ditimbulkan dari ranjau ini sangat serius.

Ranjau ini sedikit lebih rumit untuk dioperasikan, karena dibutuhkan beberapa benda tambahan seperti tali atau kawat dan tiang.

Setelah ranjau diletakkan di tempat yang sudah ditentukan, ranjau ini diikat dengan tali pada bagian atasnya dan disambungkan ke  tiang.

Jika sesuatu mengenai tali tersebut sampai menyebabkan talinya tertarik, maka ranjau ini akan terpicu dan meledak.

 

3.Directional Fragmetation Mines

Ranjau ini memiliki mekanisme yang sama dari jenis sebelumnya, yaitu menggunakan tali untuk memicunya.

Namun, ranjau ini dikembangkan dan versi terbarunya menggunakan remot untuk mengoperasikannya.

Berbeda dari jenis-jenis sebelumnya, ranjau ini tidak meledak melainkan saat terpicu ranjau ini menembakkan bola-bola baja kecil yang ditembakan ke satu arah dengan kecepatan yang tinggi. Ranjau ini mampu menghabisi satu pleton tentara.

4.Scatterable Mines

Berbeda dari ranjau-ranjau pada umumnya, ranjau ini merupakan ranjau yang tidak disebar pada lokasi tertentu, melainkan dijatuhkan dengan pesawat atau ditembakkan dari tempat tertentu.

Ranjau ini memiliki keunikan yang biasanya memiliki bentuk yang menarik. Hal ini dibutuhkan karena ranjau ini akan meledak ketika diangkat dari tanah.

Untuk memancing musuh, maka bentuk yang menarik sangat dibutuhkan agar ranjau ini diambil oleh musuh. Daya ledak dari ranjau ini juga termasuk besar.

 

Demikian jenis-jenis ranjau yang mematikan di dunia. Persaingan militer yang terjadi menyebabkan tiap negara juga mengembangkan senjata dan kekuatan militer mereka masing-masing.

 

error: Alert: Content is protected !!