5 Fakta Peristiwa Chichijima Dalam Perang Dunia II

1
164
foto ilustrasi Chichijima, sumber : macha-jp.com

Blog Militer, 5 Fakta Peristiwa Chichijima Dalam Perang Dunia II,- Perang Dunia II atau World War II menyisakan berbagai kisah yang mencekam bagi peradaban manusia, perang ini terjadi hampir di seluruh penjuru dunia dan semua negara di dunia ini pun mengalami kerugian yang sangat besar karenanya. Pada masa perang manusia memang seakan tidak memiliki moral yang membuat mereka berbuat seenaknya, seperti layaknya singa yang bertarung untuk menjaga teritorialnya, dimana mereka harus bertarung untuk mengusirnya. Padahal ada jalan yang lebih baik yakni berdiskusi dan kemudian bekerja sama untuk memenuhi kebutuhan nafsu mereka. 

Hal ini pun terjadi dalam Perang Dunia II, dan hampir di semua perang juga begitu. Salah satu kejadian memilukan dan tidak manusia dalam Perang Dunia II adalah peristiwa Chichijima, peristiwa ini berawal dari serangan udara dari Amerika Serikat pada tanggal 3 September 1944 ke Pulau Chichijima yang termasuk dalam wilayah Jepang. Namun karena pertahanan Jepang begitu ketat banyak diantara tentara Amerika yang berhasil dijatuhkan dan kemudian dilakukan penyiksaan yang keji. Berikut ini adalah 5 fakta dari Peristiwa Chichijima yang sangat tidak manusiawi.

Fakta – fakta dari Peristiwa Chichijima : 

BERITA DISARANKAN

1. Penyiksaan Terhadap Tentara AS

foto : ilustrasi penyiksaan tentara AS sumber grid.com

Setelah banyak diantara tentara atau penerbang AS yang berhasil mereka jatuhkan, tentara Jepang pun langsung melakukan penyiksaan yang sangat sadis terhadap tentara Amerika. Tercatat ada 8 penerbang yang mengalami penyiksaan keji ini, penyiksaan di Pulau Chichijima sendiri telah diabadikan dalam buku Flyboys : A True Story of Courag karya James Bradley yang merupakan seorang Telegraph.

2. Alasan Amerika Ingin Menaklukkan Chichijima

foto by nrp.com

Bukan tanpa alasan Amerika Serikat ingin sekali menguasai dan menghancurkan Pulau Chichijima, alasan utama dari Amerika sendiri adalah karena mereka tahu bahwa pulau tersebut merupakan salah satu kekuatan utama dari Jepang. Akhirnya mereka pun berfikir jika mereka mampu menaklukkan Chichijima bisa jadi artinya menaklukkan Jepang juga.

3. Pertahanan yang Sangat Kuat

pertahanan yang kuat sumber : sumbercenel.co

Jepang memang salah satu negara yang kuat dalam militernya, dan hal itu terbukti mereka berhasil bertahan selama bertahun-tahun dari gempuran Amerika dan sekutunya. Kekuatan mereka juga ditunjukkan di peristiwa ini, Walaupun dengan susah payah Jepang akhirnya bisa mengalahkan Amerika di Chichijima. Sebagai informasi tambahan bahwa Chichijima adalah Pangkalan Amfibi Kekaisaran Jepang serta Pusat Komunikasi Radio Jarak Jauh.

4. Terjadi Kanibalisme

Setelah mereka melakukan penyiksaan dengan begitu keji dan tidak manusiawi, setelah mereka di bunuh. Kemudian Mayor Sueo Matoba memberi perintah kepada Dr. Teraki untuk membedah dan menjadikan organ tubuh 8 penerbang Amerika sebagai santapan para perwira  atau tentara Jepang.

5. Tercatat sebagai Kejahatan Perang

Foto by nyeteknik.se

Pada Pengadilan Pasca Perang 1947 di Guam, menetapkan 30 perwira Jepang sebagai pelaku dari kejahatan perang. Termasuk juga Jendral Yoshio Tachibana, Mayor Sueo Matoba, dan Dr. Teraki. Tidak mengherankan memang jika peristiwa ini diangkat sebagai kejahatan perang, akhirnya mereka pun dihukum dengan dakwaan melakukan pemakaman tidak terhormat. Para perwira Jepang pun di hukum gantung di Guam.

Kesimpulan

Dan telah kita bahas diatas mengenai fakta-fakta yang terjadi dalam Perisitiwa di Pulau Chichijima yang sangat tidak manusiawi. Peristiwa tersebut layaknya menjadi pelajaran berharga untuk umat manusia sekarang, bahwa ketika kita hanya mementingkan ego dan ambisi namun menghalalkan segala cara maka hasilnya adalah kehancuran yang nyata serta merugikan semua umat manusia.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here