Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

5 Penyebab Gagal Lolos Tes TNI – POLRI

3 min read

gagal lolos tes TNI

Selamat datang kembali di Web Militer Indonesia, Senang rasanya anda kembali mengunjungi Blog kami. Kali ini kita akan membahas kembali beberapa Penyebab Gagal Lolos Tes TNI – POLRI.

Baca Juga:
Penyebab-gagal-tes-TNI-POLRI
Foto : Letda Inf Andika Abit Akmil 2017

Setiap pemuda yang mengikuti Tes TNI – POLRI tentu berharap dapat lolos dalam seleksi dan menjadi Abdi Negara, Namun Rasanya tidak mungkin semua peserta Tes harus diloloskan.

Selain banyaknya peminat yang mendaftar sebagai calon Prajurit TNI – POLRI, Keterbatasan Kuota dalam setiap seleksi membuat tidak semua orang bisa lolos tes TNI.

Baca Juga:

Setelah mengalami beberapa kali Tes, Pengalaman saya megatakan bahwa Pintar, Kuat, Cerdas bukan merupakan Jaminan seseorang bisa lolos menjadi seorang TNI.

Baca Juga : Ancaman Militer dan Ancaman Non Militer

Tapi Pemuda – pemuda yang sukses dan berhasil lolos adalah orang – orang pekerja keras dan orang yang mampu mengambil pelajaran dari kegagalan dirinya dan orang lain.

Dari puluhan bahkan ratusan ribu generasi muda yang mengikuti Seleksi TNI akhirnya terpilih beberapa orang terhebat dan beruntung hingga akhirnya dapat secara Resmi dapat menggunakan seragam loreng kebanggaan TNI.

Ada banyak alasan dan pembelaan ketika seseorang tidak lolos dalam seleksi, namun penulis merangkum 5 penyebab utama yang membuat seseorang gagal dalam pelaksanaan seleksi TNI – POLRI.

5 Penyebab Gagal Lolos Tes TNI

Berikut 5 Hal yang menjadi penyebab utama kegagalan dalam Tes Tentara Nasional Indonesia :

1. Daftar TNI Sekedar coba – coba ( tidak serius ).

Sesuai dengan pengalaman yang saya alami inilah penyebab kegagalan saya yang pertama, terutama di tahun pertama saya mendaftar, Yup Coba – coba dan hanya Sekedar ikutan teman dan akhirnya nggak ada persiapan serius yang dilakukan.

Ini merupakan hal mendasar pertama dan utama dalam seleksi Prajurit kali ini. Masih banyak diantara para calon siswa yang hanya sekedar coba – coba / Iseng / tidak serius.

Mindset “coba – coba” , bukan hanya akan membuat kalian gagal dalam melaksanakan seleksi Prajurit TNI tapi percayalah kalian akan gagal dalam hal tes / seleksi apapun bila mindset coba – coba tidak segera di rubah.

Salah satu tanda anda menunjukkan keseriusan dalam melaksanakan Tes TNI/POLRI adalah dengan melaksanakan beberapa Pre Test. Baik Samapta, Kesehatan dan dah pada gede – gede

2. Jasmani Lemah / Fisik Loyo.

Tentara identik dengan kata sehat dan kuat, penampilan tentara tentunya harus menunjang tugasnya dalam melaksanakan tugas. Hal ini ternyata yang diperbuat masyarakat simpatik.

Fisik dan kemampuan jasmani tentunya merupakan syarat utama bila ingin menjadi seorang tentara. jangan berharap jadi tentara bila kalian malas malasan dalam berlatih. Karena Dalam meningkatkan kemampuan jasmani tidak ada kata lain kecuali latihan, Latihan dan Latihan .

Kesiapan fisik dan jasmani adalah faktor utama bila ingin menjadi seorang prajurit, hal ini karena tuntutan tugas seorang prajurit membutuhkan tenaga yang sangat besar.

Dalam pelaksanaan seleksi Tentara Nasional Indonesia ( TNI ), Kita akan melewati tes kesiapan jasmani ( Kesamaptaan ) yang apabila tidak terbiasa akan terasa sangat berat untuk mencapai nilai yang memuaskan.

3. Tidak Jujur Saat Tes Psikologi.

Semua tentunya ingin lolos, berbagai cara dilakukan agar kita terlihat baik dan lolos dalam seleksi Tentara Nasional Indonesia. Tapi jangan lakukan itu saat pelaksanaan Tes Psikologi, Karena bisa bisa membuat Hasil Psiko mu tidak tertinjau atau nggak bisa dinilai.

Tes Psikologi adalah serangkaian Seleksi guna mengetahui tingkat kecerdasan, psychological dan minat serta bakat seseorang, dimana Tes ini akan menggugurkan hampir separuh dari peserta seleksi.

Saran saya dalam pelaksanaan ini adalah keeajakan secara maksimal namun tetap laksanakan dengan jujur , patuhi dan teliti perintah dari instruktur. Karena check psikologi telah dirancang sedemikian rupa untuk dapat mengetahui prilaku,minat bakat serta kecerdasan seseorang.

4. Memiliki kecenderungan Idiologi Radikal ( Kanan, Kiri dan lainnya )

” Tentara membutuhkan orang orang cerdas tapi loyalitas adalah hal yang utama ” ini adalah prinsip ketika kita ingin masuk TNI.Jangan bingung bila kita ada teman yang saat sekolah Nakal dan prestasinya berda di bawah kita. Karena TNI memang sedang mencari calon tentara yang tak hanya cerdas namun juga loyal.

Idiologi Pancasila merupakan harga mati, sepintar apapun kalian bila terdeteksi mempunyai pemahaman yang keluar dari nilai nilai pancasila saya pastikan anda akan GAGAL.

Dalam seleksi TNI akan ada Tes Mental idiologi yang dilakukan untuk mengetahui kondisi psykologi dan pemahaman idiologi para calon TNI.

Ingat bahwa idiologi kita adalah PANCASILA , jadi ketika kamu mempunyai kecenderungan idiologi yang lain baik Komunis , Radikal Agama maupun Radikal lainnya akan dipastikan kalian tidak akan lolos. Karena TNI harus berdiri diatas semua golongan dan melindungi segenap tumpah darah.

5. Persyaratan Tidak Lengkap.

Hal ini walaupun tidak banyak juga menyebabkan beberapa peserta seleksi TNI gigit jari, hal ini biasanya dikarenakan ketidak telitian saat mengumpulkan berkas administrasi.

Untuk itu bagi yang berminat mengikuti seleksi TNI, siapkanlah dari sekarang. Kumpulkan semua dokumen penting sehingga saat diperlukan mudah dalam menwmukannya.

Demikian 5 hal utama yang dapat menyebabkan seseorang tidak lolos check TNI, Ingat dalam seleksi bukan hanya harus lulus ( memenuhi syarat ) namun juga harus membuktikan diri untuk menjadi yang terbaik sesuai alokasi yang ada ( lolos ).

Hal ini ditulis sesuai pengalaman penulis yang harus berkali – kali dalam melaksanakan seleksi hingga lolos menjadi seorang Prajurit TNI.

Akhir kata

Sebagai Penutup, Bahwa 5 Penyebab Gagal Lolos Tes TNI – POLRI diatas merupakan pengalaman sang penulis saat berkali – kali mendaftar TNI. semoga bermanfaat khususnya bagi adek adek yang berencana mengikuti seleksi TNI/POLRI.

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!