KEREN, 7 Alutsista TNI Yang Bikin Segan Kawan dan Lawan

1
489

Hai Sahabat Blog Militer,

Indonesia merupakan negara besar yang terdiri dari berbagai Suku, Budaya, Agama, Ras dan Adat Istiadat. Wilayahnya juga terbentang luas dari ujung barat Sabang Aceh sampai ujung timur Merauke Papua.Selain itu Indonesia juga merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan lebih dari 17.000 pulau.

Tentu tak mudah untuk menjaga Kedaulatan Negara, dimana ada 10 negara yang berbatasan langsung dengan Indonesia, Baik darat maupun lautan antara lain Vietnam, Australia, Filipina, India, Thailand, Sinagpura, Republik palau sedang 3 negara berbatasan daratan adalah Malaysia, Timor Leste dan Papua Nugini.

Dengan demikian ancaman yang timbul juga relatif sangat besar sehingga dibutuhkan Angkatan perang yang tangguh baik dari segi kemampuan personel maupun Persenjataannya atau alutsista militernya.

Tentara Nasional Indonesia sebagai angkatan perang republik Indonesia sebenarnya mempunyai kekuatan yang disegani lawan, dimana sesuai data terakhir yang dilansir oleh Global Fire Power bahwa kekuatan TNI berada di urutan 16 dari seluruh angkatan perang yang ada di dunia bahkan didaulat yang terbaik di Asia Tenggara.

Sebenarnya apa saja sih persenjataan dan alutsista militer indonesia, sehingga masuk sebagai angkatan perang suatu negara yang disegani oleh seluruh Dunia.

Berikut Penampakan 7 Alutsista Militer Indonesia baik matra Darat, laut dan Udara :

Apache AH 64E Indinesia ( Foto : matakota.id )

1. APACHE AH 64E

APACHE AH 64E, adalah alutsista militer canggih pertama yang akan kita bahas. Yup … Helikopter tempur legendaris yang telah terlibat dalam berbagai pertempuran di berbagai belahan dunia itu didatangkan Kementrian pertahanan ( Kemenhan ) Indonesia untuk memenuhi kebutuhan persenjataan  TNI AD, dimana saat ini ditempatkan di Skuadron 11/Serbu Semarang.

Apache AH 64E, Merupakan Varian tercanggih dari berbagai varian Helikopter tempur buatan Amerika ini. Sebelumnya Singapura telah terlebih dahulu menggunakan helikopter tempur ini untuk angkatan perangnya dengan jenis Apache AH 64D. sehingga Indonesia merupakan negara kedua di Asia Tenggara yang mengoperasikan Helikopter ini untuk Angkatan Perang Negaranya.

Apache AH 64E merupakan penyempurnaan dari tipe AH 64D yang baru dirilis Boeing selaku penciptanya pada tahun 2012.

Seperti dilansir oleh Indomiliter bahwa helikopter ini telah menggunakan mesin terbaru yaitu sepasang mesin keluaran General Electric T700-GE-701D dengan kekuatan mesin yang lebih besar daripada mesin yang diadopsi oleh seri AH 64D.

Tak Kalah gahar persenjataan dari Helikopter ini juga dibekali dengan Roket Hydra Kaliber 70 mm, Rudal canggih udara ke darat AGM 114 Hellfire yang mempunyai jarak efektif pada perkenaannya sejauh 8 KM, Peluncur Rudal dari udara ke udara AIN-9 sidewinder,mistral/sidearm.

Tak cukup sampai disitu Helicopter ini juga dibekali Canon M230 berkaliber 30mm yang dapat menembakkan peluru sebanyak 625 butir permenit.Ditambah lagi pendeteksi target M-TADS dan FLIR atau Forward looking Infra Red yang dapat mencari sasaran dengan menggunakan gelombang Infra Merah.

Semua persenjataan dan mesin canggih yang tertanam di dalamnya akan membuat Helikopter ini tangguh dalam setiap pertempuran baik udara ke udara terlebih dari udara ke darat. Hal itu akan masih belum termasuk konfigurasi khusus Rudal Udara ke udara AIM-9 Side Winder dan Rudal udara ke darat AGM 114 Hellfire guna menghalau gerak maju Tank dan Panser lapis baja musuh.

Sumber : indomiliter.com | goodnewsfromindonesia.id | wikipedia.com

                                                            /Bersambung hal 2 Kapal Selam changbogo Class 401 – 405

1 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan