Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

7 Cara Mengunci Dan Mengamankan Jaringan WiFi

4 min read

cara amankan wifi

Hai Military Lovers Analisis Militer Blog, Setelah kemaren kita membahas cara membobol Wifi maka sesuai tujuan utama maka kali ini kita akan mengulas tentang Cara Mengunci Dan Mengamankan Jaringan WiFi. Jangan sampai ketinggalan ya !

Layanan WiFi saat ini sudah bisa ditemukan di berbagai tempat. Selain karena banyak cafe atau tempat umum yang menyediakan layanan free WiFi.

Ketertarikan masyarakat untuk selalu terhubung dengan internet sangatlah besar. Sehingga telah banyak yang memasang jaringan Wifi dari beberapa Provider jaringan Internet secara Pribadi di rumah masing – masing.

Bukan hanya menghemat pulsa utama atau kuota utama pada smartphone tetapi juga kecepatan download menggunakan WiFi lebih singkat atau tak membutuhkan waktu lama.

Baca Juga : Penggunaan Teknologi artificial Intelligence di Militer

Baca Juga:

Namun ada beberapa sisi negatif dari penggunaan Wifi Pribadi ini yaitu masih adanya beberapa orang yang membutuhkan jaringan Internet namun tak terpenuhi sehingga berusaha mencari internet gratisan dengan cara membobol WiFi yang kita punya.

Untuk itu perlu kiranya kita tahu tentang cara mengunci dan mengamankan Jaringan / Sinyal Wifi yang kita punya aga kecepatan tidak menurun dan kita dapat berselancar di internet dengan lancar.

Cara Mengunci dan Mengamankan Jaringan Wifi

Melindungi WiFi terbilang penting karena bisa mencegah seseorang menyalahgunakan jaringan WiFi yang Anda miliki. Pengamanan WiFi ini juga berpengaruh terhadap kecepatan koneksi yang Anda rasakan.

Semakin banyak user yang terhubung maka ssemakin lambat koneksi kita. Apalagi dengan canggihnya teknologi yang ada, keamanan data ataupun privasi seseorang bisa terancam dicuri. Keamanan password WiFi harus benar-benar Anda cermati.

Ada banyak cara mengamankan WiFi mulai dari cara manual hingga menggunakan aplikasi. Anda bisa memilih manakah cara termudah dan safety untuk dilakukan.

Pilih cara yang benar-benar dirasa efektif untuk melindungi password WiFi Anda dari ancaman hacker atau dibobol orang lain.

Cara Mengunci Sinyal WiFi Android Dan Laptop

1. Menggunakan Teknologi Password Terbaru

Semakin berkembangnya dunia teknologi semakin canggih juga kepiawaian manusia dalam melaukan berbagai cara yang bisa menguntungkan mereka sendiri.

Sayangnya cara tersebut tentu salah dan merugikan orang lain. Salah satu contoh sederhana adalah pencurian WiFi. Membobol WiFi yang masih menggunakan pengamanan rendah tentu perbuatan yang tak terpuji.

Baca Juga : Cara Reset Router Indihome

Tiap vendor jaringan WiFi menyarankan agar jaringan mereka tetap dilindungi atau menggunakan password dengan enkripsi WPA2. Enkripsi tipe ini merupakan enkripsi dengan keamanan tingkat tinggi sehingga sulit untuk dibobol.

Mereka yang berusaha membobol harus menggunakan Butce Force yang hanya bisa digunakan oleh orang-orang tertentu saja.

Waktu yang diperlukan juga sangat lama sehingga enkripsi ini sangat disarankan.

Ubah enkripsi WiFi Anda ke enkripsi WPA2. Jika Anda masih menggunakan WEP maka password WiFi masih besar kemungkinan untuk dibobol dengan mudah. Tipe enkripsi ini juga lebih mudah untuk mengingat password Anda meski resiko hackingnya juga lebih besar.

2. Matikan WPS

Cara mengamankan WiFi yang kedua adalah dengan mematikan fitur WPS yang ada agar lebih aman. Tindak pembobolan WiFI memang bisa dilakukan dengan banyak cara sehingga untuk mengamankannya pun membutuhkan banyak cara juga.

Anda bisa segera mematikan fitur WPS yang merupakan fitur alernatif yang biasa digunakan untuk mengkoneksikan pengguna pada jaringan WiFi tanpa menggunakan password.

Sehingga sekuat dan seunik apapun password yang Anda buat masih kemungkinan bisa dibobol orang lain. Terutama jika fitur ini Anda aktifkan. Terutama karena memang saat ini banyak software yang berfungsi untuk membaca PIN WPS.

Fitur WPS memang berfungsi membantu seseorang ketika lupa password. Tetapi fitur ini juga memudahkan orang lain mengakses WiFi Anda tanpa izin.

Mematikan fitur WPS juga akan membuat konektivitas Anda ke internet semakin lancar karena tidak ada user asing yang menggunakan jaringan WiFi tanpa seizin.

3. Gunakan Password yang Kuat

Hal paling sederhana untuk membuat jaringan WiFi aman adalah menggunakan password. Tidak hanya dengan beralh ke WPA2, tetapi Anda juga bisa menggunakan password yang unik dan kuat menggunakan kata-kata tidak biasa.

Password yang kuat biasanya terdiri dari minimal 8 karakter dan menyertakan 8 karakter dengan huruf besar, huruf kecil, angka dan simbol. Jika memang password ini membuat Anda sulit ingat, catat dan simpan baik-baik password tersebut.

Adanya fitur tool password generator juga bisa membantu Anda untuk mencari password yang unik dan kuat. Jika Anda menggunakannya, password bisa terlindungi dengan baik.

Tool ini akan membantu untuk belajar membuat password yang aman sehingga terhindar dari pembobolan.

4. Memasang Router Microtic Menggunakan Login Page

Meangktifkan router microtic juga bisa menjadi cara mengamankan WiFi dengan efektif. Microtic itu sendiri merupakan sebuah alternatif yang bisa Anda gunakan untuk keamanan password WiFi yang lebih baik.

Keamanan password juga bisa lebih terjamin dan terhindar dari penyadapan WiFi. Router microtic ini memiliki fitur bernama Hotspot Login Page.

Fitur tersebut membantu kita untuk bekerja tiap kali ada user yang akan terhubung pada jaringan WiFI. Mereka harus melalui halaman login jika ingin mengakses WiFi.

Caranya sangat efektif tetapi Anda membutuhkan berbagai settings yang rumit. Beberapa pemilik WiFi juga sengaja menggunakan jasa settings microtic karena dirasa prosesnya memakan waktu lama.

5. Persempit Jangkauan WiFi

Tiap router memiliki batas jangkauan jaringan WiFi yang berbeda – beda saat digunakan. Biasanya antara 50 hingga 300 meter. Jika ada  yang lebih dari itu, maka WiFi tersebut memang digunakan untuk publik.

Artikel Terkait :  Cara Mempercepat Koneksi Wifi

Jenis dan tipe router yang digunakan sangat menentukan jangkauan WiFi. Apabila Anda menggunakan WiFi untuk pribadi, pilih router yang jangkauannya lebih pendek.

Bukan hanya lebih murah tetapi juga bisa digunakan dalam meminimalisir pengguna lain yang ingin terhubung ke jaringan WiFi.

6. Ganti SSID Jaringan WiFi

Mengganti SSID jaringan Wifi sesering mungkin juga menjadi alternatif baik dalam mengamankan WiFi.

SSID atau yang disebut dengan Service Set Identifier merupakan nama jaringan yang Anda miliki. Jika namanya sering diubah maka orang lain akan kesulitan dalam mencari jaringan WiFi yang Anda gunakan.

Cara mengamankan WiFi dengan mengganti SSID ini tergolong mudah dan tak membutuhkan waktu lama.

7. Mengaktifkan Fitur Mac Address

Fitur Mac Address merupakan fitur yang berfungsi sebagai filter di jaringan WiFi router Anda. S

ehingga WiFi bisa menyaring pengguna atau perangkat baik itu berupa laptop, PC ataupun smartphone yang terkoneksi.

Setiap perangkat memiliki fitur ini tetapi jika perangkat tersebut belum terdaftar maka tidak bisa terkoneksi pada jaringaan WiFi.

Masing-masing modem memiliki cara yang berbeda jika ingin mengaktifkan Mac Adress. Anda bisa mencermati modem apa yang Anda gunakan sebelum mengaktifkan fitur ini.

Cara mengamankan WiFi dengan Mac Adress bisa Anda lakukan dengan masuk pada pengaturam modem, ketikkan IP address 192.168.1.1 di halamaan browser.

Masukkan user dan password, ketika sudah berhasil masuk, akses menu security, firewall, mac-filtering dan klik enable. Tambahkan Mac Address yang sudah Anda tentukan dengan klik di bagian Add. Jika selesai, klik Apply untuk menyimpan perubahan.

Untuk memastikan fitur tersebut sudah aktif, Anda bisa merestart ulang modemnya.

Jaringan WiFi yang Anda miliki besar kemungkinkan bisa dibobol oleh orang lain terutama tanpa pengaman.

Bukan hanya menggunakan password yang unik dan kuat tetapi cara mengamankan WiFi bisa dengan mematikan WPS, memasang router microtic, mempersempit jangkauan WiFi dan sesering mungkin mengganti SSID jaringan WiFi.

Cermati setiap langkah pengamanan WiFI ini agar tak banyak user asing yang mudah mengakses. Selain mengamankan konektivitas WiFi, Anda juga bisa melindungi data dan privasi yang ada pada jaringan WiFi tersebut.

Akhir Kata

Bagi Anda yang ingin membaca artikel Tips Menarik Silahkan mampir juga di web Belajarbersamayudha.com

Demikianlah Para sahabat Blog Militer ulasan kita kali ini tentang cara mengunci dan mengamankan jaringan/SInyal Wifi. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. !

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!