Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

8 Maret 1942 : Akhir Penjajahan Belanda di Indonesia

2 min read

perjanjian-kalijati-akhir-penjajahan-belanda

Kedatangan VOC ( Verenigde Oostindische Compagnie) di Bumi Nusantara pada awal tahun 1600, membuat Indonesia berada di bawah kendali Belanda, hingga terjadinya perundingan kalijati yang menjadi akhir penjajahan belanda di Indonesia.

Baca Juga:

Akhir Penjajahan Belanda

Pada 8 Maret 1942 Pemerintah Kolonial Hindia Belanda, di wakili Bubernur Jenderal Hindia Belanda Alidius Warmoldus Lambertus Tjarda van Starkenborgh Stachouwer dan Panglima KNIL Letnan Jenderal Hein Ter Poorten resmi menyerahkan kekuasaannya kepada Jepang dalam perjanjian Kalijati.

Dalam perjanjian itu Belanda harus menandatangani Dokumen penyerahan kekuasaan terhadap Indonesia tanpa syarat pada jepang. sehingga berdasarkan Dokumen itu, secara resmi mengakhiri kekuasaan di Indonesia. Berikut Latar belakang perjanjian kalijati yang menjadi tonggak berakhirnya penjajahan Belanda di Indonesia:

Baca Juga:

Perang Dunia II

Perang Dunia II, membuat Dunia terbagi menjadi 2 Kekuatan Besar yaitu Blok Sekutu dibawah pimpinan Amerika Serikat dan Uni Soviet Serta Blok Poros dibawah pimpinan Jerman.

Belanda yang bergabung dalam Blok Sekutu mengalami krisis pemerintahan setelah serangan besar – besaran yang dilakukan oleh NAZI Jerman ke Wilayah Eropa termasuk Belanda.

Hal ini juga berdampak terhadap kekuatan militer Hindia belanda di Indonesia, dimana di lain pihak Jepang yang tergabung dalam Blok Poros sedang berusaha melebarkan kekuasaannya hingga Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Masuknya jepang ke Indonesia

Setelah berhasil membuat Amerika Serikat terkejut dengan Di Bombardirnya Pangkalan TNI AL Pearl Harbour, Jepang yang semakin optimistis untuk meluaskan kekuasaanya di Asia Termasuk Indonesia ( Pada saat itu Hindia Belanda ).

Pada 8 Desember 1941, atau sehari setelah pemboman terhadap pangkalan TNI AL Amerika Serikat di Pearl harbour, Jepang mulai masuk ke Asia Tenggara melalui Thailand dan semenanjung malaya.

Baca Juga : Sejarah Agresi Militer Belanda

Dan setelah menang di pertempuran di semenanjung malaya yang mengakibatkan malaysia dan singapura jatuh, Jepang mulai masuk ke Wilayah Indonesia melaui Pulau Kalimantan.

Tarakan Kalimantan Timur, merupakan wilayah pertama Indonesia yang berhasil ditaklukan jepang pada 11 Januari 1942 yang kemudian dilanjutkan ke wilayah – wilayah lainnya di Nusantara.

Krisis Pemerintahan Belanda

Serangan NAZI Jerman ke wilayah Eropa termasuk Belanda membuat negara itu mengalami krisis pemerintahan. Angkatan perang Belanda yang selama ini terkenal sangat kuat akhirnya mulai terkikis dengan kehebatan NAZI Jerman saat itu.

Krisis pemerintahan Belanda di Indonesia juga semakin parah dengan berhasilnya Angkatan perang Jepang yang tergabung dalam Blok Poros berhasil menguasai beberapa wilayah di Indonesia.

Perjanjian Kalijati

Jepang yang telah berhasil menaklukkan belanda di beberapa daerah seperti Pontianak dan Makassar akhirnya mengerahkan kekuatan militernya untuk menaklukkan pulau jawa yang menjadi pusat kekuatan militer Belanda di Indonesia.

Pasukan Jepang yang dipimpin Letjen Imamura akhirnya berhasil mendaratkan pasukannya di Merak banten, Pantai Eretan dan Kranggan Indramayu Jawa Barat. Dimana pada Akhirnya tentara Jepang mampu melumpuhkan kekuatan Belanda di Indonesia.

Kekalahan ini membuat Gubernur Jenderal Hindia Belanda Dr. A.W.L. Tjarda Van Starkenborgh Stachouwer didampingi Panglima KNIL Letnan Jenderal Hein Ter Poorten dan Komandan Garnisun Bandung Mayjen JJ. Pesman menuju bekas Pangkalan Udara Belanda di Kalijati untuk melaksanakan perundingan dengan Pemerintahan Jepang yang diwakili Letjen Hitoshi Imamura yang akhirnya ditandatangani perjanjian yang berisi bahwa Belanda menyerah dan menyerahkan seluruh wilayah jajahannya ( Indonesia ) kepada Jepang.

Maka sejak saat itulah Jepang Resmi menjajah Indonesia hingga diproklamasikannya kemerdekaan Indonesia Oleh Soekarno-Hatta pada 17 Agustus 1945.

Demikianlah cerita dan rangkuman singkat sejarah Akhir penjajahan belanda di Indonesia yang secara resmi di umumkan pada 9 Maret 1942, semoga jadi tambahan wawasan dan literasi sejarah kita, jangan lupa kunjungi terus Blog Militer Indonesia. NKRI HARGA MATI

Sumber :

  1. RPUL . Semarang : Aneka Ilmu
  2. https://kelasips.com/isi-perjanjian-kalijati/
  3. https://id.wikipedia.org/wiki/Perang_Dunia_II
  4. https://historia.id/politik/articles/di-kalijati-kekuasaan-belanda-diakhiri-Dr9mw
Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!