Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Akhirnya Ketahuan, Inilah Kelemahan Senjata AK- 47

1 min read

kelemahan sejata AK-47

Hai Sahabat literasi Militer … Setelah kemaren kita membahas sang tokoh penemu senjata AK 47, Mikhael Kaselnikov. Kali ini kita akan membahas tentang beberapa kelemahan sejata AK-47.

Baca Juga:

Meski menjadi senjata terpopuler di dunia, dengan jumlah produksi lebih dari 100 juta senapan diseluruh dunia (belum termasuk rekayasa maupun senjata illegal lainnya). Senapan Serbu AK 47 tidaklah terlepas dari beberapa kelemahan.

Kelemahan Senjata AK- 47 :

1. Hentakan Tolak Balik ( Rekoil )

Kelemahan pertama senjata AK – 47 dan paling mencolok bila dibandingkan dengan senjata pesaingnya adalah hentakan tolak balik yang dihasilkan setelah penembakan sangat keras, hal ini dibandingkan dengan senjata senjata pesaing lainnya seperti AR-15 bikinan Amerika dan H&K 416 bikinan jerman. Hentakan senjata pada bahu yang disebabkan oleh senapan AR-15 relatif lebih stabil daripada AK-47. Hal ini menyebabkan akurasi tembakan senapan AK – 47 ke satu sasaran yang ditembakkan secara beruntun kalah stabil dibandingkan AR-15.

Baca Juga:

2. Penyetelan senjata ( Kustomisasi )

Bagi seorang penembak Profesional atau seorang prajurit milliter, penyetelan senjata merupakan suatu hal yang penting. Hal ini disebabkan setiap orang mempunyai teknik dan kebiasaan masing – masing sesuai dengan kelebihan dan kekurangannya dalam menembak.

Baca Juga : Cara Beli Bitcoin

Dan Penyetelan senjata yang dimiliki oleh Senapan Serbu AK – 47 merupakan salah satu  kekurangan yang sering dikeluhkan oleh seorang penembak. Hal ini dikarenakan Popor, Pegangan dan aksesori lainnya jauh lebih besar dibandingkan pesaingnya AR -15.

3. Ketepatan ( Akurasi Tembakan )

Kelemahan ke 3 atau yang terakhir adalah ketepatan/akurasi tembakan. Senjata yang ditemukan oleh Mikhail Kaselnikov adalah ini berada sedikit dibawah M16 bikinan Amerika.

Selain karena hentakan tolak balik yang keras  Hal ini disebabkan oleh kaliber senjata yang digunakan oleh AK 4& lebih besar daripada M 16, dimana M 16 menggunakan proyektil dengan ukuran 5,56 mm sedangkan AK 47 menggunakan Proyektil ukuran 7,62 mm. Baru pada tahun 1970an AK 47 juga menggunakan proyektil dengan ukuran 5,56 mm di variannyaTerlepas dari ketiga kelemahan utama ini, AK memiliki lebih banyak keunggulan

Akhir Kata

Itulah 3 kelemahan sejata AK-47 dibandingkan dengan pesaing dekatnya yaitu senjata buatan Amerika maupun jerman. Namun Diluar kelemahan 3 hal tersebut diatas AK 47 mempunyai lebih banyak keunggulan daripada senjata lain, hal ini menyebabkan senapan serbu ini tetap menjadi yang paling populer bagi pasukan pasukan yang sedang mengalami perang di daerahnya.

 

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!