Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Akhirnya , Prototipe KFX / IFX Akan Segera Diluncurkan

1 min read

pesawat tempur kfx/ifx

Hai Sahabat Blog Militer, Entah sebenarnya saya harus senang atau sedih mendengar kabar yang dimuat oleh Media Korea ” koreaherald.com ” yang memberitakan bahwa program pembuatan prototipe KFX / IFX akan segera diluncurkan pada medio April Nanti. Lho emangnya Kenapa ? Untuk itu mari kita analisis bersama.

peasawat tempur terbaik

Prototipe KFX / IFX Akan Segera Diluncurkan

KFX / IFX sebenarnya merupakan sebuah program Korea Program kerjasama antara Indonesia dan Korea selatan dalam rangka transfer teknologi pengembangan pesawat tempur multi role atau multi fungsi.

Namun terdengar kabar bahwa Proyek ini sedang dipertimbangkan kembali untuk diteruskan atau dibatalkan.

Senang karena program kerjasama pengembangan pesawat tempur ini lebih cepat dari prediksi para pengamat militer dunia. dimana saat ini telah memasuki tahap akhir pengembangan prototipe pesawat canggih ini.

Baca Juga:

Baca Juga : Su 57, Pesawat Tempur Terbaik Rusia

Sedih karena ada kemungkinan bahwa rencana Indonesia untuk bekerjasama membangun pesawat ini bisa saja batal dan tidak berjalan sesuai kesepakan awal.

Pengembangan pesawat 4,5G yang direncanakan oleh pemerintah Korea selatan untuk meremajakan armada perang angkatan udaranya terutama menggantikan pesawat F -4 dan F – 5 yang telah senja dimakan usia.

Korea Selatan dan Indonesia sebenarnya telah terikat kerjasamam ToT atau transfer teknologi dalam mengerjakan KF-X / IF-X sejak 2015.

Untuk perakitan prototipe sendiri sebenarnya mulai dilaksanakan pada bulan september 2020 yang dilaksanakan oleh Korea Aerospace Industries Co (KAI) dengan para tenaga ahli baik dari korsel maupun Indonesia.

Pengembangan Pesawat tempur ini juga direncanakan rampung pada tahun 2026, dimana kemudian pada tahun 2028, 40 pesawat ini direncanakan dikirim ke Angkatan Udara Korsel lalu dilanjutkan pada tahun 2028 direncanakan menyusul 80 unit lagi.

Desain KF-X / IF- X mempunyai kemiripan dengan pesawat generasi 5 milik amerika serikat yaitu F35. yaitu desain pesawat siluman dengan kinerja dan fitur yang luar biasa.

Baca Juga : Pesawat tempur terbaik di Dunia

Pesawat KF-X / IF – X diperkirakan mampu terbang dengan kecepatan maksimum Mach 1,81, atau kisaran 2.900 kilometer dan muatan maksimum 7.700 kilogram.

Pesawat tempur canggih buatan Korea selatan juga akan berisi 10 pod untuk rudal dan tangki bahan bakar.

Belum lagi keunggulan pesawat tempur ini dalam membawa beberapa jenis rudal udara-ke-udara, seperti IRIS-T Jerman dan rudal Meteor yang dipandu radar aktif MBDA.

Akhir Kata

Semoga kerjasama antara pemerintah Indonesia dalam pengembangan dan pembuatan pesawat berjalan lancar dan tanpa hambatan, karena dengan alasan apapun akan lebih baik bila indonesia dan Korea selatan terus bekerjasama pembuatan pesawat KF-X/IF-X. semoga bermanfaat.

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!