Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Alamet, Robot Pertama Dunia Buatan Ilmuwan Muslim ?

2 min read

Alamet Robot

Hai Sahabat Blog Militer, Saat ini robot telah menjadi teknologi yang banyak digunakan oleh berbagai perusahaan baik dalam menjalankan bisnisnya bahkan juga dalam peperangan, namun tahukah kamu bahwa robot pertama yang dibuat oleh Ilmuwan muslim yang hingga kini di rahasiakan keberadaan dan teknologinya, Yup Benar Alamet Robot Namanya.

Alamet Robot

Alamet Robot merupakan sebuah robot dengan bentuk mirip manusia yang dibuat oleh seorang ilmuwan muslim di zaman turki Uthmaniyah tepatnya pada tahun 1889.

Nama Alamet merupakan pemberian Sultan kerajaan Uthmaniyah yang saat itu dijabat oleh Sultan Abdul hamid II, Alamet sendiri dalam bahasa indonesia berarti ” Keajaiban”`

Yup benar Kejaiban, Karena Sultan merasa kagum atas teknologi yang dibenamkan dalam robot yang berbentuk mirip manusia dan dapat melantunkan Adzan ini.

Sumber gambar : https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Alamet.jpg

Sejarah Pembuatan

Baca Juga:

Menurut https://techno.okezone.com/ bahwa teknologi robot mulai dikenalkan oleh ilmuwan muslim asal turki, dimana robot tersebut akhirnya dijadikan hadiah Sultan Abdul Hamid II pada Maharaja Jepang.

Pembuatan Robot Alamet berawal dari kedatangan Pangeran Komatsu pada tahun 1887 guna memberikan hadiah dari maharaja jepang pada Sultan Uthmaniyah.

Baca juga : Rangkuman Sejarah Perang Dunia 2

Hubungan berlanjut ketika pada tahun 1889 Kaisar Meiji kembali mengirimkan utusan pribadinya ke Istambul, dimana pada kunjunga kali ini selain hadiah ada sebuah surat rahasia untuk Sultan abdulhamid Han.

Dan surat Kaisar Meiji tersebut ternyata berisi permintaan kepada Sultan Turki guna menginformasikan beberapa hal tentang bagaimana sebenarnya agama Islam dan ilmu pengetahuan serta inovasi teknologi yang sedang dialami oleh Kesultanan Uthmaniyah.

Menanggapi Surat tersebut sultan memanggil seorang ilmuwan muslim bernama Musa Dede untuk membuatkan Jam dengan teknologi yang unik dan belum ada sebelumnya.

Sang Ilmuwan segera berpikir dan melaporkan konsep jam kepada Sultan, lalu beliau menambahkan konsep tersebut agar dibentuk seukuran manusia biasa seperti seorang penari sufi dan dapat melantunkan adzan.

Setelah sempat bingung akhirnya Musa Dede terinspirasi mesin rekaman ciptaan Thomas Alva Edison yaitu gramophone.

Sang ilmuwan akhirnya menerapkan teknologi gramophone pada robot jam yang sedang dibuatnya sehingga dapat melantunkan adzan.

Setelah berkali – kali percobaan akhirnya sang ilmuwan berhasil menyelesaikan pekerjaannya dan menghasilkan robot sesuai permintaan Sultan Habdul Hamid.

Robot tersebut mempunyai ukuran seperti manusia dengan bentuk layaknya seorang penari sufi dengan teknologi yang membuat robot dapat membuka lenganya dan melantunkan adzan pada saat yang telah ditentukan.

Tak hanya itu beberapa sumber lain juga mengatakan bahwa robot ciptaan musa dede ini dapat berjalan sejauh setengah meter, mempersiapkan busur, ruku ‘, berdiri, berbaring serta kembali ke tempat awal dia mulai beraksi.

Sesuai dengan waktu yang diberikan akhirnya robot tersebut diserahkan pada Sultan Turki, melihat hasil karya sang ilmuwan Sultan kaget dan kagum sehingga memberi nama robot tersebut Alamet yang berarti keajaiban.

Robot Alamet inipun akhirnya dikirim ke Kaisar Meiji di jepang menggunakan sebuah kapal dan tiba di pelabuhan Yokohama pada Juni 1890.

Sumber foto : https://www.onaltiyildiz.com/?haber,1293

Keberadaan Robot yang dirahasiakan

Namun sangat disayangkan bahwa keberadaan Robot Alamet tak diketahui dimana rimbanya, Perstiwa bersejarah ini hanya tercatat dalam dokumen sejarah dan arsip Ottoman.

Bagaimana dengan jepang ? mengapa tidak terdapat dalam arsip dan sejarah kekaisaran jepang ? berbagai sumber mengatakan sebenarnya ada namun mungkin tidak dengan nama robot alamet.

Baca Juga : Sejarah Singkat Lahirnya Pancasila

Sedangkan beberapa sumber lain menyampaikan analisa bahwa saat terjadi kekacauan pada Dinasti Jepang, Istana mengalami perampokan termasuk berbagai barang berharga dan hadiah pribadi kaisar.

Sehingga dimungkinkan Robot Jam alamet juga telah ikut dicuri oleh para perampok istana sehingga sampai saat ini belum diketahui keberadaannya,

Namun patut menjadi pemikiran bahwa sesaat setelah pemberian jam berbentuk robot manusia tersebut di jepang berdiri perusahaan jepang yang terkenal hingga saat ini yaitu Seikhosa pada 1892 dan memperkenalkan produk jam pertamanya di dunia pada 1899.

Akhir kata

Hal ini menunjukkan bahwa teknologi robot terus berkembang hingga saat ini muncul robot dengan teknologi canggih dan kecerdasan buatan / Artificial Intellegence.

Demikianlah sedikit sejarah tentang  Alamet Robot  yang menginspirasi munculnya teknologi – teknologi canggih dimasa – masa berikutnya. Semoga bermanfaat. jangan lupa bagikan ya.

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!