Peralatan Canggih yang Digunakan Oleh Pasukan Khusus Densus 88

1 min read

Peralatan Canggih yang Digunakan Oleh Pasukan Khusus Densus 88

Salah satu pasukan khusus yaitu Detasemen Khusus 88 atau yang biasa disingkat sebagai Densus 88. Densus 88 memiliki tugas yang sangat berat yakni adalah untuk penanggulangan terorisme di Indonesia.

Untuk melakukan tugas dan misi yang seberat itu, satuan Khusus Kepolisian Negara Republik Indonesia ini pasti memutuhkan banyak peralatan yang canggih.

Tak perlu diragukan lagi bagaimana tingkat kecanggihan yang dimiliki oleh peralatan yang digunakan Densus 88 untuk meringkus para teroris.

Sudah banyak catatan yang menyebutkan kecanggihan peralatan yang digunakan Densus 88 agar bisa melumpuhkan gembong-gembong teroris di tanah air.

Berikut adalah daftar peralatan canggih yang digunakan oleh Densus 88 yang dipakai untuk meringkus teroris yang merugikan tanah air.

Baca Juga:

 

1.Senapan Serbu Jenis Colt M4 5.56 mm

Salah satu senjata andalan yang digunakan oleh tim Densus 88 adalah Colt M4. Ada dua jenis yang digunakan, yaitu M4 dan M4A1.

M4 dna M4A1 menggunakan peluru kaliber 5.56 x 45 mm NATO dan kedua senapan ini merupakan senapan selective fire yang menggunakan sistem gas.

Selain itu, kedua senapan ini memiliki air cooled dan menggunakan magazine box serta mempunyai popor teleskopik. Popor yang terdapat pada kedua senapan ini bisa ditukar menjadi popor biasa.

Senjata ini merupakan senjata yang digunakan oleh Densus 88 sebagai senjata antiterror untuk melumpuhkan teroris.

 

2.Steyr AUG

Senjata lain yang digunakan oleh pasukan Densus 88 adalah senapan jenis Steyr AUG. senapan ini memiliki keunggulan dimana laras dari senapan ini bisa diganti-ganti.

Kombinasi laras yang disediakan oleh Steyr ada 4 macam, yaitu laras HBAR dengan panjang 621 mm untuk mengubah AUG menjadi senapan mesin ringan, kemudian laras standar 508  mm setara M16, laras compact 350 mm setara karabin atau laras medium profile sepanjang 407 mm.

 

3.Armalite AR-10

Disingkat sebagai AR-10, senapan ini merupakan senapan otomatis yang beroperasi dengan gas yang menembakkan peluru berkaliber 7.62 x 51 mm NATO.

AR-10 dilengkapi dengan sistem operasi gas, memiliki popor tetap, receiver aluminium, dan perabot fiberglass.

AR-10 merupakan senapan yang lebih ringan 1 kg dibandingkan dengan senapan lain dan mudah dikontrol pada penembakan otomatis dan akurat pada penembakan semi otomatis. Hal ini membuat AR-10 merupakan senapan yang lebih baik dibanding senapan lainnya.

 

4.Alat Sadap Korek Api

Jika ketiga alat diatas yang digunakan oleh Densus 88 adalah senjata maka alat yang satu ini merupakan sebuah alat penyadap yang memiliki bentuk seperti korek api.

Dengan ukuran yang kecil dan memiliki bentuk seperti korek api, alat ini memiliki tingkay kecanggihan yang tinggi.

Alat ini bisa menyadap pembicaraan orang dalam jangkauan 3 km persegi. Biasanya alat ini digunakan untuk mendeteksi keberadaan tersangka teroris.

 

Itulah beberapa alat canggih yang digunakan oleh pasukan Densus 88 untuk mengamankan negara dari serangan teroris.

error: Alert: Content is protected !!