Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

5 Alat Perang Canggih TNI, Bikin Indonesia Terkuat di Asia Tenggara

2 min read

alat perang canggih TNI Indonesia

Hai sahabat Analisis Militer Blog Indonesia ” literacy Militer “, Kali ini kita akan kembali membahas tentang Alutsista khususnya Alat Perang Canggih TNI. Apa sajakah ?

Alat Perang Canggih Indonesia

Indonesia dengan wilayah geografis yang membentang dari ujung merauke hingga sabang membutuhkan TNI yang Kuat dan profesional dalam menjaga kedaulatan negara dan keutuhan wilayah.

Guna mewujudkan hal tersebut TNI harus dilengkapi dengan alutsista khususnya alat – alat perang canggih baik sektor Darat, Laut dan Udara. Dimana sebagia senjata itu dirahasiakan keberadaannya guna tidak terdeteksi oleh negara lain.

Baca Juga:

Indonesia sebenarnya telah mempunyai perusahaan yang diprioritaskan untuk memenuhi Alutsista tersebut.

Seperti PT Pindad yang telah mampu membuat senjata canggih seperti Senapan Serbu SS 2, Panser Anoa dan Komodo dimana produk tersebut bahkan telah di ekspor dan digunakan oleh banyak angkatan perang negara lain.

Kita juga punya PT PAL yang memproduksi Alutsista di Matra laut dan PT Dirgantara Indonesia / PT DI yang memproduksi pesawat, helikopter fan suku cadangnya.

Namun tak dapat dipungkiri bahwa Indonesia masih perlu mengimport Alat Perang Canggih yang tak dapat diproduksi oleh anak dalam negeri guna melengkapi alutsista yang telah ada.

Daftar Alat Perang Canggih TNI

Teknologi militer canggih ini tentunya guna mendukung Tugas Pokok TNI dalam menegakkan kedaulatan Negara, menjaga keutuhan wilayah dan melindungi segenap tumpah darah.

Guna melengkapi TNI dengan alat Perang Canggih, Negara harus menaikkan anggaran pertahanan hingga lebih dari 100 Trilun yang dibagi 3 Matra Darat, Laut, Udara serta Kemhan dan Mabes TNI.

Berikut daftar Alat Perang canggih TNI yang wajib diketahui dan menjadi kebanggan kita bersama, antara lain:

Helikopter Apache AH 64E

Alat Perang canggih pertama yang dimiliki TNI selaku Angkatan Perang Indonesia adalah Helikopter AH 64E.

Helikopter Apache AH 64E merupakan salah satu dari Helikopter tercanggih di Dunia yang dimiliki Indonesia.

Helikopter canggih ini dioperasionalkan oleh Satuan Penerbad TNI AD, dan menjadi Helikopter digital pertama yang dimiliki Oleh.

Saat ini, Helikopter canggih tersebut ada di Hanggar Skadron 11 di Pangkalan Udara Utama Ahmad Yani. Tepatnya di Semarang Jawa Tengah.

Alat perang canggih ini akan semakin menakutkan dengan beberapa senjata pendukun lainnya seperti automatic gun Canon 30 mm yang mampu menembus baja sekitar 2 sampai 5 sentimeter.

Ditambah lagi dengan Roket yang mampu menghancurkan musuh dengan jarak 7 km dan Missille Air To Ground ( Senjata dari Udara ke Darat ) membuat Helikopter ini Makin Perkasa.

Helikopter tercanggih Indonesia

KRI Rigel 933 Dan Spica 934

Alat Perang Canggih lainnya yang dimiliki Indonesia adalah Kapal Bantu Hidro Oseanografi KRI Rigel 933 Dan Spica 934 yang dioperasionalkan Oleh TNI AL.

KRI canggih milik TNI AL yang dibuat di Galangan OCEA. Tepatnya di Les Sables D’Olone, di Prancis ini memiliki peralatan survey dengan kedalaman 6.000 meter di bawah permukaan laut

Alhasil dengan kemampuan tersebut TNI mampu mencari korban jiwa yang tenggelam dan mencari puing-puing pesawat atau kapal musuh atau kapal korban.

Hebatnya lagi, KRI yang memiliki panjang 60 Meter dan berat kosong hingga 500 Ton ini memiliki kecepatan mencapai 14 knots serta mampu menghalau gelombang laut walaupun level gelombang sangat tinggi.

Tank Leopard 24 AD Dan 2RI

Alat perang Canggih TNI selanjutnya adalah Tank Leopard 24 AD dan 2 RI dimana Tank ini juga termasuk diantara Golongan Tank Terkuat dan tercanggih di Dunia.

Tank yang memiliki teknologi siluman ini memiliki bobot mencapai 60 ton. Sementara panjangnya 9,9 meter dan lebar 3,75 meter.

Tank ini semakin hebat dengan fitur meriam Rheinmetall Kaliber sebesar 120 mm dan L44 yang isinya 42 peluru. Bahkan senjata perlengkapannya mencapai 2 x 7.62 mm dan MG3A1 yang isinya 4,750 peluru.

Saat ini TNI AD memiliki memiliki 2 varian Tank Leopard yaitu 42 unit Tank Leopard jenis 2A4 AD dan 61 Unit Tank Leopard 2Ri.

tank-leopard-2ri

Skyshield Gun Missile 35 mm MK-2

Selanjutnya adalah Alat Peang Canggih yang dioperasionalkan oleh TNI AU Yaitu Senjata Pertahanan Udara Skyshield Gun Missile 35 mm MK-2.

Skyshield Gun Missile 35 mm MK-2 merupakan senjata canggih yang diproduksi oleh Oerlikon Contraves Rheinmetall, Swiss.

Alat perang canggih TNI yang mempunyai fungsi utama sebagai senjata pertahanan udara ini mempunyai jarak maksinal peluru 4.000 meter dengan kecepatan tembakan hingga kecepatan 1000 peluru/menit.

Atau Jarak kecepatan tembakannya hingga 1.050 meter/detik, dengan magazen berisi 252 butir.

KRI 1 Gusti Ngurah Rai 332

Autsista perang canggih Milik TNI lainnya adalah KRI I Gusti Ngurah Rai 332 yang memiliki kemampuan pertahanan udara yang sangat tinggi dari serangan pesawat tempur.

Bahkan mampu menghalau peperangan di permukaan udara maupun di bawah laut karena memiliki kemampuan membiaskan gelombang elektromagnetik musuh.

Pertahanan militer wajib dijaga sehingga negara aman dan sejahtera.  Untuk itulah peralatan senjata semakin beragam dan canggih sehingga menunjang berbagai tugas TNI, baik di darat, di udara maupun di laut.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan kita kali tentang alat perang canggih yang dimiliki oleh TNI baik Darat, Laut maupun udara.

Kok Nggak ada pesawat tempur ? TNI AU sebenarnya memiliki beberapa jenis pesawat tempur canggih seperti Su – 27 dan F – 16.

Namun Mimin sengaja tidak memasukkannya sebagai Alutsista TNI tercanggih, Hal ini karena selain telah berusia tua, Indonesia melalui Kemenhan juga sedang melirik beberapa Pesawat tempur canggih seperti Su – 35, F -15 Eagle, Kfx/IFX, Rafalle dan banyak lainnya sehingga akan kita update sete;ah pesawat tempur tersebut datang ya.

TNI akan makin kuat dengan sedang diusahakan alat Perang Canggih lainnya seperti rencana kedatangan Osprey V – 22, Kapal Selam Nagapasha, Rafalle ataupun pesawat tempur F- 35 Lightning.

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!