Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Alugoro 405, Kapal selam Pertama buatan Indonesia

1 min read

Pada kesempatan kali ini Portal Berita Militer akan membahas kesuksesan Indonesia lebih tepatnya lagi PT PAL dalam memproduksi KRI Alugoro 405 yang menjadi Kapal Selam Pertama Buatan Indonesia.

Alugoro 405, Kapal selam Pertama buatan Indonesia

Sebagai negara Maritim dimana 2/3 wilayahnya merupakan Lautan maka tak berlebihan bila Indonesia terus memperkuat Armada Angkatan Lautnya, Seperti kapal Perang, Kapal Selam dan alutsista lainnya, Termasuk diantaranya Alugoro 405, sebagai Kapal selam pertama buatan Indonesia.

kapal-selam-indonesia

Indonesia dapat berbangga dan berbesar hati atas prestasi anak negeri yang mampu membuat kapal selam dengan kerjasama PT PAL dan Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME) . Hal ini membuat Indonesia menjadi negara pertama yang mampu membuat/membangun sebuah kapal selam di asia Tenggara.

Alugoro 405 merupakan Kapal Selam Indonesia yang mulai dibangun pada tahun 2018 dan selesai pada akhir 2019. Kapal selam ini pun telah lolos dalam melaksanakan uji coba kelautan atau biasa disebut Sea Acceptance Test/SAT dengan kemampuan menyelam hingga 250 M.

Baca juga : Analisa Alutsista Indonesia

Baca Juga:

Dengan panjang 61,3 meter dan berat 1460 Ton saat dipermukaan serta 1596 Ton saat berada dibawah permukaan air, Kapal selam ini mampu mencapai kecepatam maximal 12 Knot diatas permukaan air.

Kesuksesan ini juga mendapat apresiasi yang luar biasa dari Presiden RI dimana beliau dengan didampingi beberapa menteri kabinet maju, terlihat diantaranya ada Prabowo Subianto selaku menhan dan Luhut B. Panjaitan sebagai Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan investasi melihat langsung saat melaksanakan rapat terbatas membahas perusahaan BUMN yang bergerak di bidang industri strategi pertahanan. Senin ( 27/01/2020)

Guna meyakinkan kapal selam Hasil buatan anak negeri ini, presiden lamgsung turut masuk kedalam badan kapal sembara memantau dan mengawasi alutsista ini.

Baca Juga : Pesawat Tempur Terbaik Rusia

Kapal selam yang merupakan program alih teknolgi korea ini diharapkan mampu beroperasi secara penuh di akhir tahun 2020. dan dapat mengawal teritori perairan kita,

” sebuah kerjasama yang bagus , ada transfer teknologi yang korea berikan. sehingga pada suatu saat nanti akan ada masanya kita dapat mandiri mengerjakan semuanya oleh anak anak bangsa sendiri ” ungkap bapak presiden seperti di kutib http://antara.com

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan kita kali ini tentang Alugoro 405, Kapal Selam Indonesia yang melengkapi Beberapa Kapal selam sebelumnya seperti Cakra 401 dan Nanggala 402. yang diharapkan mampu menjaga Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia khususnya diwilayah lautan.

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!