Alutsista Buatan Indonesia Laris Manis

1
310
alutsista buatan Indonesia
alutsista buatan Indonesia canggih dan Modern

Alutsista buatan Indonesia kini mulai dilirik oleh negara lain. Yah benar, beberapa persenjataan buatan anak negeri mulai naik panggung dan diminati oleh beberapa negara.

Tidak hanya berminat, beberapa pihak bahkan telah dipastikan membeli beberapa persenjataan dan alat peralatan militer produksi perusahaan BUMN ini.

Hal ini merupakan berita baik ditengah rasa pesimisme masyarakat terhadap produk hasil karya anak negeri, perkembangan ini menandakan kebangkitan produk asli dalam negeri, Dimana produksi tersebut dinilai sangat berkualitas, sehingga layak mendapatkan apresiasi tinggi.

Alutsista Buatan Indonesia

Di bulan Januari 2020 lalu, terdapat pameran khusus mempersembahkan Alutsista, produk buatan lokal yang menawan. Show itu diadakan di Kantor Kementrian Pertahanan ( Kemenhan ).

Pameran yang dihadiri oleh Ribuan pengunjung, tidak terkecuali presiden RI, Bapak Joko Widodo pun turut hadir dalam acara penting tersebut.

Di pameran tersebut dipertontonkan berbagai alutsista keren, yang bisa digunakan oleh Angkatan perang Indonesia yaitu TNI, untuk mempertahankan sistem kedaulatan negara, menjaga keutuhan wilayah serta melidungi segenap tumpah darah Indonesia. Sayang, pada pagelaran kali ini, pihak media tidak diperkenankan meliput maupun memasuki area booth.

Pameran ini pun diapresiasi positif oleh beberapa negara, Tak tanggung-tanggung beberapa negara telah memesan produk buatan Indonesia tersebut, salah satu contohnya adalah Filipina yang membeli tank medium Harimau. Selain itu, ada beberapa daerah di Afrika merasa tertarik dan akhirnya memborong alutsista negeri ini.

Keberhasilan Indonesia menjual berbagai produknya ke luar negeri ini patut diapresiasi. Kepemilikan barang berkualitas yang mampu menjaga keamanan serta kenyamanan tidaklah mudah. Apalagi jika saingannya negara maju.

Beberapa Produk Alutsista Buatan Indonesia

Ada berbagai produk alutsista asli Indonesia yang berhasil membuat orang merasa terpukau. Selain memiliki manfaat, barang tersebut terlihat sangat keren. Tak heran, jika banyak negara memesan alat buatan negeri ini. Berikut di antaranya:

alutsista buatan indonesia
Panser Badak Butan PT Pindad

1. Panser Badak

Salah satu alutsista terbaik yang dimiliki Indonesia adalah panser badak, alat ini dapat menjaga pertahanan negara. Berkat manuvernya, penjaga bisa mengendalikan semuanya dengan lancar. Banyak orang mengatakan bahwa benda tersebut jauh lebih baik jika dibandingkan milik Korea Selatan.

Alat tersebut memiliki keunggulan yang sangat canggih. Apalagi bagian ban mampu berjalan lancar meski dalam kondisi sulit sekali pun. Panjangnya 6 meter dengan lebar 2,5 meter. Desainnya pun elegan sehingga banyak pembeli merasa tertarik memilikinya.

Dengan desain yang menarik dan persenjataan canggih yang tertanam di dalamnya membuat panser ini unggul di medan yang bervariasi, Panser ini akan cocok digunakan di negara – negara tropis yang mempunyai medan terjal serta hutan lebat.

alutsista buatan indonesia

2. Kendaraan Tempur Infantri Cobra 8 X 8

Selain panser badak, Indonesia mempunyai produk keren lainnya sebagai alat tempur pasukan infantri dengan nama Panser Cobra 8 X 8 M. Panser Cobra adalah Kendaraan tempur berukuran 8×8 meter, yang juga merupakan karya perusahaan dalam negeri yaitu PT. PINDAD. Ciri khas dari warna kendaraan ini yakni ijo lumut dan nampak kokoh.

kendaraan yang dirancang mendukung tugas pertempuran pasukan Infantri di garis depan ini juga dilengkapai dengan berbagai persenjataan canggih dan bodi kendaraan yang terbuat dari baja sehingga dapat menahan serbuan senjata serbu pasukan musuh.

Alat tempur ini telah dipesan sebanyak 32 unit dengan harga Tak tanggung-tanggung, nilai kontrak benda tersebut senilai 1,2 triliun.

Produk buatan anak negeri ini patut diapresiasi, selain guna memenuhi alutsista TNI juga direncanalan untuk di export karena telah banyak negara yang mulai melirik dan ingin memesannya.

alutsista buatan indonesia

3. Pesawat Pertanian NC 212i

Ada lagi salah satu Alutsista keren yang bisa diperhitungkan yakni pesawat pertanian. Bentuknya simpel dan dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Benda ini dibuat oleh PT Dirgantara Indonesia terhitung sejak tahun 70-an, bahkan alat tersebut telah dibeli oleh negara Thailand.

Sedikitnya 10 pesawat diborong hingga detik ini. Thailand telah mengakui bahawa pesawat buatan Indonesia tersebut layak menjadi produk unggulan dengan desain yang simpel. Selain itu, ketahanan dan kualitasnya pun bisa diadu.

alutsista buatan indonesia

4. Kapal RIB ( Rigid Inflatable Boat )

Selain pesawat, armada laut untuk area perairan milik negeri ini pun berkualitas. Salah satu alutsista buatan Indonesia yang terkenal akan kecanggihannya adalah kapal RIB. Tipe itu termasuk dalam carbotech.

Tank boat tersebut tidak hanya digunakan di daerah lokal saja, bahkan telah diekspor hingga ke Rusia. Negara tersebut percaya bahwa armada Indonesia berkualitas baik dan mampu menjaga ketahanan daerahnya. Produk karya anak bangsa itu membuat nama Indonesia makin melambung di luar negeri.

5. Kapal Perang

Salah satu alutsista asli dari Indonesia adalah kapal perang. Tak disangka, Indonesia telah memiliki keahlian membuat kendaraan tempur yang mana perusahaan pembuatnya adalah PT PAL. Bahkan, banyak negara memesan serta menggunakan produk ini dikarenakan kualitasnya sangat terjamin.

Negara-negara yang berminat denga kapal perang dari Indonesia ini antara lain, UEA, Malaysia dan Filipina. Tak tanggung-tanggung, total ekspor kendaraan tersembut mencapai 1,1 triliun. Bisa dikatakan, produk lokal tersebut sangat digemari akan kualitasnya. Hingga kini telah banyak pihak menyanjungnya.

/ Halaman 6. Kapal Landing Platform Dock ( LPD )

1 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan