Alutsista Dunia, “S – 350 Vityaz” Pertahanan udara terakhir Rusia

9
738
S- 350 Vityas

S – 350 Vityaz

Literasi MILITER – Alutsista Dunia, S – 350 Vityaz,- Sistem pertahanan Rusia sebagai negara dengan kekuatan militer terbesar ke 2, benar benar serius untuk terus menekan Amerika Serikat dan akan terus menjadi pesaing utama dalam setiap alutsista yang dimilikinya termasuk S – 350 Vityas.

Salah satunya adalah dengan terus mengembangkan sistem pertahanan udaranya sebagai alustsista dunia yang patut diperhitungkan.

Ya … setelah mengevaluasi Kinerja S -300 dan S – 400 maka Rusia memutuskan untuk mengembangkan S-350 Vityaz sebagai sistem pertahanan udara pelapis dan terakhir.

UNIT PERTAMA S- 350  VITYAZ

Berita Militer terakhir menyebutkan bahwa produksi pertama sistem pertahanan udara terbaru S – 350 Vityaz telah memperkuat Angkatan Udara Rusia yang ditempatkan di wilayah Gatchina, Leningrad.

“Produksi terbaru pertama S-350 Vityaz telah ditempatkan dalam kekuatan Angkatan Udara Rusia. Sistem tersebut ditempatkan di pusat latihan pasukan rudal antipesawat di Gatchina,” kata Kemhan Rusia dalam pernyataan seperti dikutip editor dari Sputniknews.com,Rabu (26/2/2020).

S – 400 Triumf sebagai pendahulu S -350 Vityas

PRODUKSI MASSAL S- 350  VITYAZ

Sesuai yang diberitakan oleh id.rbth.com bahwa sistem pertahanan udara yang merupakan adik dari S-400 ini juga telah siap untuk memproduksi secara massal guna kepentingan angkatan perang resminya.

Senjata yang dirancang sebagai pertahanan terakhir yang akan menghancurkan jet tempur dan rudal yang lolos dari sistem pertahanan udara S-400

Sistem pertahanan udara sebagai Benteng terakhir pelapis S – 400

S – 350 Vityaz yang akan menjadi benteng terakhir sistem pertahanan Rusia, senjata ini dilengkapi dengan dua rudal jarak pendek dan menengah. Yang dilengkapi dengan sistem pendeteksi goal thermal ( Inframerah ) dan radar independen.

Senjata ini juga dirancang untuk melumpuhkan sasaran dengan jarak pendek dan menengah hingga 60 Km.

sistem pertahanan udara ini juga akan dilengkapi dengan peluncur otomatis dan radar yang mempu berputar hingga 360 derajat.

Sesuai dengan rencana bahwa 1 Divisi Vityaz akan diisi dengan four peluncur yang dibekali 12 misil antirudal ditambah 24 misil cadangan, yang berarti tiap senjata S-350 akan mempunyai  144 rudal .

Namun Senjata ini S-350 Vityas tidak akan dapat menembak jatuh pesawat generasi 5 seperti F-22 dan F-35.Namun dapat melumpuhkan serangan besar besaran yang dilakukan F-5, F-16 maupun F-18 Hornet serta menembak jatuh Rudal jelajah seperti AGM – 86 ALCM dan ARM -168 JASSM.

Pesawat – pesawat generasi 5 tersebut tetap tanggung jawab S-400 yang memang dibuat untuk menjatuhkan pesawat dan rudal yang paling sulit dideteksi.

Spesifikasi S – 350 Vityas

Menembak secara bersamaan  : 32 Rudal

Menembak goal secara bersama :

–  12 Rrudal balistik

– 16 Pesawat aerodinamis/terbang rendah

–  Jarak Capai :  1,5 km – 60 km

–  Ketinggian Most : 30 km

Dengan spesifikasi sistem seperti diatas, S – 350 akan menjadikan sistem pertahanan udara Rusia semakin kuat dan disegani, karena bila dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan maka tidak ada lagi ancama udara musuh yang mampu menembus sistem pertahanan udara Rusia.

Demikian uraian singkat Sistem pertahanan terbaru Rusia S-350Vityaz , Semoga menambah wawasan kitan tentang persenjataan dan Alutsista Trendy yang sedang dikembangkan oleh Militer Di Dunia.

Referensi : Sputniknews dan Rusia Beyond

9 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan