Alutsista Rusia, Bagaimanakah Kinerja S 400 Triumf ???

1
188
alutsista rusia-s-400

Alutsista Rusia, Bagaimanakah Kinerja S 400 Triumf ???, Amerika Serikat ( USA ) dan Rusia terus berlomba untuk menjadi yang terbaik dan terkuat di bidang teknologi militer untuk menunjukkan siapa militer yang terkuat.

Beberapa Alutsista bahkan sudah saling berhadapan secara langsung dalam beberapa perang yang terjadi di seluruh belahan dunia ini terutama di Timur Tengah seperti Perang Suriah.

Mereka saling mengklaim bahwa senjata yang mereka buat merupakan yang terbaik dan tercanggih di Dunia, mulai dari Pesawat Tempur, Tank, Kapal Selam bahkan Sistem pertahanan udara.

Khusus di senjata sistem pertahanan udara Rusia dan Amerika Serikat juga saling menonjolkan kekuatan dan kelebihan masing masing

Amerika Serikat Mengandalkan Rudal Patriot dan THAAD sedangkan Rusia mengandalkan S-400 Triumf dan S-350 Vityaz. Pada edisi yang lalu kita telah mengupas sistem pertahanan udara S-350 Vityaz sebagai senjata terbaru pelapis S-400. Maka kali Ini Saatnya kita membahas sistem pertahanan udara utama milik Rusia S-400 Triumf.

Secanggih apakah S-400 Triumf ???

Alutsista Rusia S – 400 Triumf, Merupakan Senjata dan sistem pertahanan udara yang pertama kali dipasang pada tahun 2007, S- 400 merupakan pengembangan dan penyempurnaan dari S-300.

Senjata ini merupakan sistem peluru kendali ( Rudal ) dari permukaan ke udara ( Surface to Air Missile/SAM ) yang sangat canggih dan sedang dikembangkan lebih canggih dengan nama S-500.

S- 400 Triumf mempunyai jarak jangkau peluru kendali yang sangat jauh dan flexibel yang dapat digunakan sebagai senjata yang bertahan dari serangan udara yang berbeda ( Pesawat Tempur dan Rudal jelajah Balistik )

Senjata yang oleh NATO dikenal sebagai senjata dengan kode SA-21Growler ini mempunyai kemampuan mendeteksi target hingga 600 Km jarak efektif lebih dari 400 Km.

Rusia mengklaim bahwa S-400 merupakan sistem pertahanan udara tercanggih yang dapat menghancurkan rudal balistik antar benua maupun pesawat tempur.

S-400
foto ilustrasi S-400 Triumf ( Sumber : sputniknews.com / Sergey Malgavko )

Keunggulan S-400 ???

Seperti yang telah disampaikan diatas bahwa keunggulan Sistem pertahanan udara S -400 buatan Rusia ini adalah sistem susface to air missile atau sistem rudal permukaan ( darat ) ke udara yang sangat effektif dan salah satu yang tercanggih saat ini.

Keunggulan kedua S-400 dengan senjata yang sejenisnya adalah jangkauannya yang sangat luas dan jauh melebihi pesaing – pesaingnya yaitu mempunyai daya jangkau hingga 600 KM disaat pesaingnya seperti MIM – 104 buatan Amerika Serikat hanya mempunyai daya jangkau 180 Derajat.

Sistem pertahanan udara S-400 Triumf dapat menangkis serangan 36 pesawat tempur yang berada radius 150 km.

S-400 juga dilengkapi dengan 4 macam peluru kendali mempunyai jangkauan berbeda beda, yaitu peluru kendali 40N6 (daya jangkau 400 km, peluru kendali 48N6 daya jangkau 250 km, peluru kendali 9M96E daya jangkau 40 km dan peluru kendali 9M96E2 menjangkau 120 km.

Peluru kendali S-400 mempunyai kecepatan 4,8 km/detik, dengan kemampuan ini maka diperkirakan target sejauh 400 km akan dihancurkan hanya dalam waktu 83 detik saja.

S – 400 juga diklaim sebagai sistem persenjataan yang mempunyai sensor sangat canggih, bahkan dapat memantau dan menemukan Pesawat – pesawat tempur musuh yang memiliki teknologi Stealth “ Siluman “

Keunggulan Selanjutnya dari Sistem pertahahanan udara “ Kelas berat “ ini adalah kemampuannya untuk dapat berputar dan bergerak ke segala arah “ 360 Derajat “ sehingga dapat memburu target dari semua penjuru , dimana pesaing nya Rudal patriot hanya dapat menembak ke arah yang telah ditentukan pada 180 Derajat.

Kelemahan S-400 ???

Namun setiap Alutsista dan persenjataan, baik yang dibuat oleh Amerika maupun Rusia tetap akan mempunyai kekurangan, apakah kekurangan itu ?

Keterbatasan S- 400 yang pertama adalah Jumlah Amunisi Rudal yang tersedia dimana Satu Batalyon penuh Triumf hanya berisi 8 peluncur Rudal dimana pada masing – masing peluncur disiapkan 8 Rudal atau Peluru Kendali.

Kelemahan kedua sistem pertahanan ini adalah rawan terhadap Rudal musuh jarak menengah, S – 400 merupakan Sistem pertahanan udara “ Kelas Berat “  yang membutuhkan pendamping dan pelengkap guna menahan serangan dari rudal – rudal jarak menengah.

Sistem persenjataan S – 400 memang dirancang tidak untuk berdiri sendiri, senjata ini baru akan efektif apabila dijadikan sebagai bagian dari sistem persenjataan pertahanan udara yang terintegrasi ( IADS/ Integration Air Defense System )

Keterbatasan selanjutnya adalah faktor Geografis pegunungan dapat memblokir Sistem persenjataan ini sehingga pesawat – pesawat tempur musuh dapat terbang rendah guna menghindari cegatan – cegatan Rudal Triumf.

Negara – Negara yang menggunakan Sistem S-400 ???

Dengan segala keunggulan dan keterbatasan yang dimiliki Alutsista buatan Rusia ini memang menarik banyak negara di dunia untuk melengkapi sistem pertahanan udaranya.

Suriah menjadi negara di Timur Tengan telah menggunakan sistem persenjataan ini dalam pertempuran dan Konflik bersaudara di negaranya.

Beberapa negara NATO seperti India, Turki dan China juga telah sepakat untuk mendatangkan S – 400 . Bahkan India telah sepakat menandatangani Kontrak senilai 5 Milliar Dollar ( 75,9 Trilliun ) guna membentengi negaranya dengan sistem persenjataan ini pada Oktober 2019 lalu.

Walau mendapat ancaman sanksi dari Amerika Serikat beberapa anggota NATO tetap bersedia mengambil Resiko untuk mengakusisi S – 400 menjadi bagian dari sistem pertahanan udara di negaranya.

Kesimpulan

Dengan berbagai keunggulan dan kelemahan yang ada, Sistem persenjataan pertahanan udara S – 400 tetap merupakan salah satu sistem pertahanan yang paling canggih saat ini.

Dengan Sistem pertahanan udara yang terintegrasi maka S- 400 akan menjadi lebih effektif dalam menangkis serangan udara musuh baik dari pesawat tempur maupun rudal balistik.

Guna memperbaiki kinerjanya, Rusia sedang menyempurnakan S- 400 dengan teknologi yang akan semakin canggih yaitu S-500.

Selain itu Rusia juga telah mengaktifkan S-350 Vityaz sebagai pelapis guna menghancurkan peswat dan rudal balistik musuh yang lolos dari sistem pertahanan S-400. Demikiaanlah Uraian S-400 secara singkat, semoga bermanfaat.

Sumber : Tempo

1 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan