Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Bell Boing V – 22 Osprey, Helikopter Canggih TNI AD

2 min read

analisis alutsista

Hai Gaesss setelah lama nggak Analisis Alutsista Indonesia, Mimin kembali ke habitatnya untuk membahas alutsista, hal ini karena saya tertarik akan rencana TNI AD untuk mendatangkan Pesawat atau mungkin juga bisa disebut Helikopter Tercanggih di Dunia Bell Boing V – 22 Osprey.

Analisis alutsista Indonesia

Ketika Mimin mendengar kabar dari sebuah Portal Berita Terkenal bahwa DPR Amerika ( Kongres Amerika Serikat ) menyetujui pembelian Bell Boing V-22 Osprey pada Indonesia. Dalam hati langsung bilang Waoowww.

Tak Langsung percaya akan berita yang dibaca, Mimin langsung menghubungi rekan sejawat yang berdinas di Corps penerbang TNI AD untuk bertanya kebenarannya. Jawabannya … Yes That Right.

Kembali saya bilang ini Luar Biasa, Mendatangkan pesawat canggih ini merupakan lonjakan yang tinggi dalam pemenuhan Alutsista TNI khususnya TNI AD.

Untuk itu kita analisis alutsista ini bersama yukkk, Seperti apa Sih sebenarnya pesawat militer ini ? Apa Kelebihannya ? Cocokkah untuk Indonesia ? Berapa Harganya ? Dan keterangan lainnya. Simak Hingga Habis Ya !!

Baca Juga:

Bell Boing V-22 Osprey

Seperti dilansir oleh Blog Militer Luar Terkenal Fi – Aeroweb yang mengulas bahwa Helikopter Buatan Bell Boing ini adalah Pesawat tak biasa.

Hal ini dikarenakan Bell-Boeing V-22 Osprey adalah pesawat tempur dan angkut multi-peran yang memanfaatkan teknologi tilt-rotor untuk menggabungkan kinerja vertikal helikopter dengan kecepatan dan jangkauan pesawat turboprop sayap tetap ) Fix Wing ).

Pesawat yang dibekali dengan mesin nacelles dan rotor dalam posisi vertikal, membuat V – 22 Osprey dapat lepas landas, mendarat dan melayang seperti helikopter.

Baca Juga : Pesawat Militer Tercanggih di Dunia

Saat terbang di angkasa, Mesin Nacelles dapat diputar, sehingga mengubah V-22 menjadi pesawat sayap tetap turboprop layaknya pesawat tempur canggih Su – 35 atau juga F-15 Tiger ( hihihi ) yang mampu terbang dengan kecepatan tinggi.

Dengan Fitur Unik ini maka mimin berpendapat pesawat V-22 cocok sebagai alutsista operasional dalam angkut personel dan juga pertempuran udara ke darat yang sangat dibutuhkan TNI.

Disandingkan dengan Heli serbu dan Heli Angkut yang telah dimiliki Corps Penerbang TNI AD Seperti Apache AH 64-E, MI – 17, Bell 412 dan helikopter lainnya akan menjadikan semakin kuat dalam mengawal kedaulatan negara.

Khususnya dalam mendukung Operasional Pasukan yang ditugaskan menjaga Perbatasan dan Daerah Rawan dengan Cuaca dan Ilkim serta medan yang ekstrim.

Artikel Pilihan : Tank Terkuat Di Dunia

V-22 Osprey didukung oleh dua mesin turboshaft Rolls-Royce T406 / AE 1107C-Liberty, masing-masing memiliki daya 6.150 shp. V-22 memiliki bilah rotor grafit / fiberglass dan badan pesawat komposit / logam. Berdasarkan berat struktur, V-22 adalah terdiri dari bahan Logam / komposit yang mencapai 40% dari keseluruhan struktur pesawat.

V-22 dapat membawa 24 pasukan tempur, atau hingga 20.000 pound (9.070 kg) kargo internal atau 15.000 pound (6.800 kg) kargo eksternal. Untuk kemudahan pengangkutan, rotor lipat dan sayap berputar untuk meminimalkan ruang yang dibutuhkan untuk penyimpanan.

Persenjataan V – 22 Osprey

V-22 Osprey dapat dilengkapi dengan senapan mesin 7,62 mm M240 atau senapan mesin Browning M2 kaliber .50 (12,7 mm). Saat ini, Ospreys juga dapat dipasang dengan Sistem Senjata Pertahanan Sementara ( The Interim Defensive Weapon System / IDWS) Belly Turret dari BAE Systems yang menampung minigun GAU-17 7,62 mm 7,62 mm.

V - 22 Osprey
Sumber Gambar : Pond5

Kesimpulan

Dengan segala kelebihannya maka Dana sebesar 2 Milliar Dollar atau 28,9 Triliun merupakan harga yang wajar dalam rencana mendatangkan 8 Unit V – 22 Osprey.

Pesawat ini akan sangat membantu dalam Serangan tempur atau membantu penyerangan pasukan di darat sekali juga sebagai alat angkut personel yang efektif mengikuti bentuk Medan yang ada.

Yang Menarik lagi bahwa bila benar Indonesia berhasil Mendatangkan Bell Boing V-22 Osprey, Maka akan menjadi Negara ketiga yang menggunakan jasa pesawat canggih ini selain Amerika sebagai negara pembuat dan Jepang Pengimport Pertama.

Demikian analisis alutsista tentang Bell Boing V – 22 Osprey yang rencana akan didatang oleh Indonesia, semoga dapat menjadi alat tempur yang berguna menjaga kedaulatan NKRI.

Sumber : Fi – Aeroweb

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!