Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Ancaman Non Militer, Pengertian, Macam – Macam dan Contohnya

3 min read

ancaman non militer ekonomi, sosial budaya

Hai sahabat Blog Militer Indonesia, setelah kemaren kita membahahas tentang Ancaman Militer , Kali Ini Kita akan mengulas tentang Ancaman Non Militer, Bentuk dan Contohnya. Simak hingga tuntas ya !!!

Ancaman Non Militer

Arus Globalisasi selain membawa dampak positif juga membawa dampak negatif yang mengakibatkan munculnya bentuk dan dinamika baik dalam hubungan kerjasama maupun konflik antarnegara yang semakin kompleks dan sangat cepat berubah, serta sulit diprediksi.

Perebutan kepentingan yang lebih banyak diprakarsai dan didominasi oleh negara maju dan kuat berpengaruh secara langsung dan tidak langsung terhadap eksistensi negara-negara miskin dan negara berkembang seperti beberapa negara di Asia dan Afrika.

Baca Juga : Manfaat Pemenuhan Hak Sebagai Warga Negara

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di segala bidang telah menggeser bentuk ancaman terhadap kedaulatan dan keselamatan negara yang semula spektrum konflik bersifat konvensional berkembang menjadi bersifat multidimensional, yang meliputi permasalahan konflik ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya baik yang datang dari dalam maupun luar negeri.

Baca Juga:

Nah hal inilah yang memunculkan beberapa Ancaman Non Militer, namun mempunyai daya rusak yang tak kalah dengan ancaman non Militer.

Ancaman Non Militer Adalah

Nah jadi Ancaman Non Militer adalah segala UPKT ( Usaha, Pekerjaan, Tindakan dan Tindakan ) yang mengancam kedaulatan dan keutuhan negara dengan Dimensi Idiologi, Politik, Ekonomi dan Sosial Budaya.

Macam – Macam / Jenis – Jenis Ancaman Non Militer

Nah ada beberapa macam dan jenis – jenis ancaman non militer yang dapat mengancam kedaulatan dan keutuhan negara sesuai dengan Bidangnya, antara lain :

1. Ancaman Di Bidang Idiologi

Jenis ancaman Non militer yang pertama adalah ancaman dari bidang Idiologi.

Kita semua telah sepakat bahwa Indonesia merupakan negara yang beridiologi Pancasila.

Namun kita juga harus akui bahwa ada segelintir kelompok yang ingin merubah Idiologi pancasila dengan idiologi yang mereka Miliki atau yakini.

Contoh Ancaman Nir Militer di Bidang Idiologi

a. Pemberontakan G 30 S / PKI dan Pemberontakan Madiun tahun 1948, dimana PKI ingin merubah idiologi Pancasila menjadi idiologi Komunis.

b. Pemberontakan DI/TII, Kahar Muzakkar dan beberapa sejarah pemberontakan lainnya diman ingin merubah Idiologi pancasila menjadi Khilafah atau Negara Islam.

2. Ancaman Di Bidang Politik

Selain Idiologi, Dinamika Politik juga menjadi suatu ancaman bagi kedaulatan dan keutuhan Negara apabila tidak dikelola dengan baik.

Berbagai dinamika dan perubahan politik yang berkembang pada era Reformasi banyak mengalami perubahan dan cenderung mengarah kepada kondisi ketidakpastian yang semakin tinggi.

Demokrasi yang berkembang seluas-luasnya belum diikuti dengan pengetahuan, kesiapan, dan kedewasaan masyarakat dalam menerapkan nilai-nilai demokrasi tersebut.

Nuansa kebebasan yang ditandai dengan keran politik yang semakin terbuka lebar cenderung berkembang ke arah kebebasan tanpa batas. Disadari bahwa sistem pemerintahan demokrasi merupakan sistem yang terbaik.

Baca Juga : Contoh Pengingkaran Kewajiban Sebagai Warga Negara

Namun, demokrasi tidak senantiasa identik dengan efektif dan efisien. Karena itu sistem demokrasi yang dipilih rakyat Indonesia harus diisi dengan pemerintahan yang baik berdasarkan sejumlah prinsip, di antaranya transparansi, akuntabilitas, dan keadilan.

Dengan belajar dari berbagai negara yang berhasil pada era globalisasi, itu merupakan keniscayaan bagi Indonesia untuk tetap memegang teguh penegakan hak asasi manusia, lingkungan hidup, kesetaraan gender, kebijakan nondiskriminatif, kebebasan beragama dan penguasaan teknologi berdasarkan ilmu pengetahuan.

Penggunaan prinsip-prinsip di atas diharapkan dapat digunakan untuk mengelola dinamika politik secara baik, termasuk isu-isu yang berdimensi pertahanan negara.

Contoh Ancaman Nir Militer di Bidang Politik

a. Salah satu ancaman non Militer di bidang politik adalah adanya penyelenggaraan pemerintahan yang tidak bersih atau adanya KKN ( Korupsi, Kolusi dan Nepotisme ).

Mengapa ? karena tindakan ini selain merugikan negara juga mengancam kedaulatan negara dan kepercayaan mayarakat terhadap Pemerintahan.

b. Contoh lain ancaman non militer di bidang politik adalah pelanggaran HAM ( Hak Asasi Manusia ), dimana adanya kekuatan pemerintah baik militer maupun sipil yang mengancam Hak Orang atau kelopok lain.

3. Ancaman Di Bidang Ekonomi

Contoh Ancaman non militer  di bidang ekonomi, Di era saat ini perkembangan ekonomi suatu negara dapat mengancam kedaulatan Negara.

Bahkan Sebuah Negara dapat hancur lebur bila ancaman ekonomi di negaranya tak dapat dikelola dengan baik.

Contoh Ancaman Nir Militer di Bidang Ekonomi

a. Hutang Negara Yang Tinggi.

b. Tingkat Pengangguran Yang Tinggi.

c. Tingkat Inflasi Yang Tinggi.

d. Korupsi.

e. Ketergantungan Import Bahan dari Luar Negeri.

4. Ancaman Di Bidang Sosial Budaya

Ancaman Disintegrasi bangsa lainnya diluar ancaman Militer adalah dari bidang Sosial Budaya.

Ancaman ini dapat memicu timbulnya Konflik Vertikal antara masyarakat dan Pemerintah.

Selain Konflik Vertikal Ancaman di Bidang Sosial Budaya juga dapat menyebabkan Konflik Horisonta, yaitu konflik antar sesama warga.

Contoh Ancaman Nir Militer di Bidang Sosial Budaya

a. Gaya Hidup Ke Barat – Baratan ( Hedonisme ). Hedonisme adalah gaya hidup yang memandang bahwa suatu kebahagian dan kesuksesan Hidup dilihat dari sudut pandang materi / Kekayaan.

Hal ini Menyebabkan seseorang untuk memaksakan diri dalam mencapai kesuksesan duniawi.

b. Masuknya Idiologi dari Luar. Indonesia merupakan negara yang beridiologi Pancasila.

Salah satu ancaman non Militer dari bidang Sosial budaya adalah idiologi dari luar baik itu Komunisme maupun Radikalisme atau extremisme.

Kesimpulan

Dari pembahasan diatas kita dapat simpulkan bahwa ancaman kedaulatan negara dari bidang nir Militer mempunyai dampak yang tak kalah besar dibandingkan dengan ancaman tradisional atau ancaman militer.

Demikianlah pembahasan kita kali ini tentang Pengertian dan macam – macam ancaman non militer yang harus kita waspadai demi menjaga dan menegakkan keutuhan negara. Dimana didalamnya juga ada ancaman di bidang kesehatan seperti pandemi virus Corona / covid 19 dan virus lain seperti Virus Nipah (NiV), Ancaman baru setelah Covid – 19 , Semoga Bermanfaat !!!  

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!