Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

7 Aplikasi yang Bikin Baterai HP/Ponsel Boros

3 min read

Aplikasi yang Bikin Baterai HP/Ponsel Boros

7 Aplikasi yang Bikin Baterai Ponsel Boros –  Salah satu bentuk kemajuan teknologi yang sudah tidak dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu ponsel memang memberikan banyak kemudahan bagi manusia. Selain memudahkan dalam berkomunikasi, ponsel juga membuat penggunanya bisa mendapatkan informasi yang lebih luas lagi.

Aplikasi yang Bikin Baterai Ponsel Boros

Bahkan ponsel juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana untuk mengoperasikan berbagai macam aplikasi, yang membantu pekerjaan hingga melakukan penyimpanan data.

Bisa dikatakan bahwa peran ponsel saat ini adalah sebagai asisten pribadi, yang bisa digunakan kapan saja untuk mendukung produktivitas harian sehingga bisa berjalan lebih efektif.

Tingginya kebutuhan manusia akan ponsel akhirnya membuat para produsennya berlomba-lomba melahirkan ponsel-ponsel baru dengan berbagai fitur canggih. Bahkan dalam hitungan bulan, ponsel berkualitas tinggi selalu muncul dilengkapi dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Salah satu fitur yang menjadi perhatian para pengguna ponsel adalah baterai. Di mana baterai yang bisa bertahan lama dengan kapasitas yang besar cukup disukai karena bisa memenuhi kebutuhan pengguna terutama ketika beraktivitas penuh di luar ruangan.

Baca Juga:

Kebutuhan ini juga dipenuhi dengan baik oleh para produsen ponsel. Terbukti dari banyaknya ponsel yang saat ini sudah didukung dengan baterai yang berkapasitas tinggi mulai dari 4000 mAh bahkan hingga yang berkapasitas lebih dari 10.000 mAh.

Namun besarnya kapasitas baterai sepertinya akan menjadi masalah baru, terutama ketika kamu memutuskan untuk mengunduh berbagai macam aplikasi guna mendukung kegiatanmu. Tidak saja baterai yang cepat terkuras habis namun juga membuat memori di ponsel banyak berkurang.

Dan berikut ini adalah daftar aplikasi yang banyak membutuhkan memori dan tentunya berpengaruh pada penggunaan baterai yang perlu kamu ketahui.

Skype

Aplikasi pertama yang bisa menjadi penyebab baterai ponsel boros adalah perangkat lunak dengan program komunikasi besutan Microsoft. Skype, memang bisa memudahkan penggunanya untuk  melakukan panggilan suara dan video, hingga berkirim pesan singkat. Bila dibandingkan dengan aplikasi serupa, yaitu Zoom yang hanya menghabiskan 82,1MB, kamu membutuhkan ruang yang lebih besar untuk aplikasi ini, karena setidaknya memori dibutuhkan adalah 111,2MB.

Facebook

Bisa dipastikan setiap hari pengguna ponsel akan mengakses media sosial yang dimilikinya dengan berbagai tujuan. Dan salah satu media sosial yang banyak menguras baterai adalah Facebook. Bahkan peringkatnya berada di posisi paling atas, dalam laporan penggunaan baterai, tidak saja bagi ponsel berbasis Android, namun juga iPhone.

Adapun alasan mengapa media sosial ini menguras baterai paling tinggi adalah karena membutuhkan akses pada banyak data pengguna, sehingga akan terus menerus meminta izin mengakses segala hal, mulai dari kontak hingga ke lokasi kamu berada.

Snapchat

Jika kamu saat ini menggunakan aplikasi pesan foto seperti Snapchat, sepertinya kamu bisa mengetahui apa yang menjadi penyebab baterai ponsel boros. Ya, penggunaan Snapchat yang memiliki banyak filter dan harus memproses video dan foto memang bisa menghisap baterai dalam jumlah cukup banyak. Untuk menghemat baterai karena enggan menghapus aplikasi ini, kamu bisa mengaktifkan fitur Travel Mode untuk menghindari loading foto dan video, juga mematikan data ketika tidak sedang menggunakan aplikasi tersebut.

Menggunakan Snapchat sendiri sebetulnya cenderung mudah, belum lagi tampilan interface-nya yang memang user friendly. Pada saat pertama kali menggunakan aplikasi, kamu akan langsung disodorkan pilihan kamera yang akan digunakan, dari sini saja sudah bisa dipastikan akan mengambil daya pada ponsel. Berikutnya jika menambahkan fitur-fitur lainnya seperti menambahkan caption, snap atau menambah efek dan filter yang akan membutuhkan waktu, juga akan menyedot baterai ponselmu.

Google Maps

Aplikasi peta dari Google yang sangat familiar dengan para pengguna ponsel ini juga diketahui akan sangat menguras baterai ketika diaktifkan. Karena memang untuk menjalankan fungsinya, kamu harus menghidupkan fitur lokasi untuk melacak posisi kita, terutama ketika digunakan sebagai penunjuk jalan. Pengurasan baterai sudah dimulai pada awal proses tracking, di mana Google Maps akan melakukan proses download source untuk memberikan rute terbaik pada penggunanya.

Aplikasi Manajemen RAM

Bermula dari keinginan agar kinerja ponsel bisa terus bekerja dengan baik, maka tidak jarang penggunanya yang memutuskan untuk mengunduh aplikasi manajemen RAM. Meskipun kapasitas aplikasi tersebut ada yang cukup kecil namun ternyata keberadaan aplikasi yang satu ini tetap bisa menyebabkan baterai cepat habis.

Dalam posisi tidak digunakan sekalipun, aplikasi memang bisa menyedot baterai karena memang selalu dalam keadaan standby. Jika ponselmu sudah memiliki RAM yang cukup besar sebenarnya tidak terlalu membutuhkan aplikasi tersebut, terlebih bila ponselmu adalah kelas menengah hingga flagship. Yang sebetulnya keberadaan aplikasi tersebut tidaklah terlalu banyak memberikan pengaruh. Salah satu cara untuk menghemat penggunaan RAM adalah dengan tidak mengaktifkan widget atau live wallpaper. Kemudian menghapus aplikasi yang tidak digunakan, juga lakukan update aplikasi atau sistem Android yang secara berkala akan dikeluarkan oleh masing-masing produsen ponsel.

Aplikasi Berita

Aplikasi penyebab baterai ponsel boros yang keenam adalah aplikasi berita. Aplikasi ini memang banyak digunakan agar kamu bisa mendapatkan berbagai macam informasi dan berita terbaru. Sayangnya, aplikasi semacam ini akan menguras baterai ponsel karena aplikasi akan terus menerus membagikan berita, yang membuat kamu harus me-refresh secara berkala.

Agar bisa terus update berita namun tidak mudah kehabisan baterai, maka cara termudahnya adalah mengaksesnya melalui situs. Selain hemat baterai, memori ponselmu juga tidak akan mudah penuh. Namun jika menurutmu aplikasi berita jauh lebih baik, yang perlu kamu lakukan agar baterai awet adalah mengaktifkan saat membutuhkannya saja.

Aplikasi Streaming

Menggunakan ponsel sebagai pengganti televisi untuk menonton acara-acara kesukaan, sudah banyak dilakukan. Selain lebih terjaga privasinya, menonton di ponsel juga bisa dilakukan di mana dan kapan saja.

Saat ini banyak sekali aplikasi streaming video yang bisa kamu gunakan, salah satunya adalah Netflix. Tidak hanya menawarkan berbagai macam film menarik, namun aplikasi juga memberikan harga paket ponsel yang sangat terjangkau.

Terlepas dari kelebihannya, aplikasi ini juga ternyata sangat mahir menguras baterai ponsel hingga cepat habis. Karena memang menonton di ponsel akan menggunakan banyak energi, di mana layar dan audio terus menyala, hingga koneksi internet yang harus terus terhubung. Selain itu, aplikasi ini juga rajin memberikan notifikasi yang jadi penyebab baterai terkuras.

Selain Netflix, kamu juga pasti suka menonton langsung di YouTube dan aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi favorit pengguna ponsel. Masalahnya, jika kamu selalu menggunakan aplikasi untuk streaming, maka bersiaplah untuk kehabisan lebih banyak baterai.

Selain 7 aplikasi diatas sebenarnya masih banyak lagi aplikasi yang menguras baterai HP seperti menggunakan aplikasi wamod seperti Aplikasi Aero Whatsapp 8.11 Apk Untuk menyiasatinya, kamu bisa menggunakan fitur “ingatkan saya untuk istirahat” agar aktivitas menonton bisa dibatasi.

Akhir Kata

Nah, itu dia 7 Aplikasi yang Bikin Baterai HP/Ponsel Boros yang diketahui sebagai penyebab baterai ponsel boros. Beberapa aplikasi pastinya enggan kamu hilangkan dan sebagai saran terbaik, jika kamu masih membutuhkan aplikasi-aplikasi tersebut, gunakan saja versinya lite-nya yang memang lebih sederhana dan ringan.

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!