Aplikasi Untuk Cek Bansos

1 min read

Aplikasi Untuk Cek Bansos

Bansos merupakan bantuan sosial yang diselenggarakan oleh pemerintah. Jika kalian ingin memeriksa apakah ada nama kalian di dalam daftar penerima bantuan sosial maka bisa menggunakan aplikasi untuk cek bansos.

Selama masa pademi covid yang sedang menyerang hampir seluruh belahan negara di dunia ini, memberikan dampak yang signifikan dalam kehidupan di segalaa bidang terutama dalam pekerjaan.

Hampir seluruh rakyat Indonesia terkena dampak dari pandemic ini, mulai dari masalah ekonomi yang menyebabkan menurunnya pemasukan.

Pemerintah sudah mengerahkan berbagai macam cara untuk membantu perekonomian rakyat yang terkena dampak pandemic ini. Seperti masyarakat yang kesusahan dalam mencari pekerjaan dan mendapatkan uang.

Salah satu program yang disediakan oleh pemerintah adalah program bansos dibawah naungan Kementrian Sosial RI sebagai salah satu cara untuk membantu masyarakat yang kesusahan.

Baca Juga:

Untuk itu, kalian bisa menggunakan aplikasi untuk bisa mengecek apakah nama kalian terdaftar sebagai penerima bansos.

Aplikasi cek bansos ini merupakan aplikasi resmi yang dibuat oleh Kementrian Sosial Republik Indonesia untuk mempermudah segala bantuan sosial.

Dalam aplikasi ini, disediakan berbagai macam fitur yang bisa digunakan untuk meningkatkan efektivitas dari program bansos.

Kalian bisa cek daftar penerima  apakah kalian menjadi orang yang menerima bantuan sosial yang disediakan oleh pemerintah.

Selain itu kalian juga bisa mengusulkan keluarga atau tetangga yang sekiranya memang harus menjadi penerima bansos.

Ada juga fitur sanggah yang berfungsi untuk membuat pemerintah lebih adil dalam mendistribusikan bansos. Bisa juga digunakan agar bansos yang diberikan bisa tepat sasaran dan lebih transparan.

Kemudian juga bisa digunakan untuk mendeteksi permasalahan yang sering terjadi.

Selanjutnya ada fitur usul yang bisa digunakan untuk memberikan usulan yang bisa membantu atau mempermudah pengguna aplikasi ini.

Berikut adalah cara untuk mendaftarkan diri ke aplikasi cek bansos

Pertama, pastikan sudah mendownload aplikasi cek bansos di Google Playstore
Kedua, lakukan registrasi seperti membuat ID dan memasukan nomor KK, NIK, KTP terbaru.
Ketiga, isi semua data yang diperlukan. Setelah itu tunggu data di verifikasi.
Keempat, kalian bisa pilih fitur Daftar Usulan lalu klik Tambahkan Usulan untuk menambhakan keluarga dan tetangga.

Kemudian untuk cek apakah kalian masuk sebagai daftar penerima bansos bisa dilakukan dengan cara berikut.

Saat sudah selesai melakukan pendaftaran dan lain-lain. Masuk ke aplikasi Cek Bansos dan pilih fitur Cek Bansos. Kemudian masukan data dan alamat secara lengkap kemudian pilih Cari Data.

Jika kalian sudah terdaftar maka akan muncul hasil pencarian dengan keterangan status penerima ya.

Itulah cara menggunakan aplikasi Cek Bansos yang disediakan oleh pemerintah untuk membantu masyarakat yang sedang mengalami kesulitan.

error: Alert: Content is protected !!