Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Cara Download Aplikasi Elsimil BKKBN

2 min read

Aplikasi Elsimil BKKBN

Aplikasi Elsimil BKKBN  – Pemerintah melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Bencana (BKKBN) terus berupaya untuk mengurasi resiko Stunting.

Stunting adalah suatu kondisi dimana badan anak lebih pendek dari anak seusianya, hal ini bisa diakibatkan beberapa hal khususnya adalah kurangnya asupan Gizi.

Stunting masih menjadi salah satu masalah di Indonesia karena kurangnya pemahaman para orang tua muda. Untuk mencegah hal tersebut maka BKKBN meluncurkan aplikasi elsimil.

BKKBN meluncurkan aplikasi ini hampir secara serentak di seluruh kota dan kabupaten di seluruh Indonesia, apa itu elsimil apk dan bagaimana cara installnya ? ikuti ulasan selengkapnya dibawah ini

Aplikasi Elsimil BKKBN

Aplikasi Elsimil adalah singkatan aplikasi Elektronik Siap Nikah dan Hamil (Elsimil) yang versi uji cobanya secara serentak diluncurkan awal oktober 2021 oleh BKKBN di 12 daerah yang telah ditunjuk.

Baca Juga:

Aplikasi ini diharapkan mempunyai fungsi sebagai alat skrining untuk mendeteksi faktor risiko pada calon pengantin dalam rangka penanganan stunting.

Pada saat ini Aplikasi ini memang masih merupakan pada fase Uji coba kepada 12 daerah yang dipilih BKKBN pusat.

Kegiatan uji coba ini merupakan strategi pencegahan stunting dari hulu dengan screening edukasi kesehatan reproduksi dan gizi serta pendampingan bagi calon pengantin.

Salah satu upaya yang dilakukan dalam rangka percepatan penurunan stunting adalah memastikan setiap calon pengantin (catin) berada dalam kondisi ideal untuk menikah dan hamil.

Upaya tersebut dilakukan dengan melakukan screening yang ditindaklanjuti dengan pendampingan kesiapan menikah dan hamil pada calon pengantin.

Baca Juga : Download Alight Motion Pro 3.1.4 Apk4all Tanpa Watermark

Sesuai Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting. BKKBN ditunjuk sebagai koordinator guna menawarkan konsep keluarga berencana menuju keluarga berkualitas dengan berorientasi pada penurunan angka stunting.

Untuk itu, butuh intervensi di seluruh siklus hidup mulai dari kehamilan hingga pasca kelahiran atau masa interval. dimana Pemerintah RI menargetkan penurunan prevalensi stunting 14 persen di tahun 2024 dan target pembangunan berkelanjutan di tahun 2030 berdasarkan capaian di tahun 2024.

Aplikasi ini akan menghubungkan calon pengantin dengan petugas pendamping, media edukasi tentang kesiapan menikah dan hamil terutama yang terkait resiko stunting, serta sebagai alat pantau kepatuhan catin dalam melakukan pelatihan peningkatan status gizi untuk mempersiapkan kehamilan yang sehat.

selain memiliki fungsi sebagai pendampingan aplikasi ini juga diharpkan mampu memberikan edukasi dan pengawasan terhadap calon pengantin sehingga secara bersama mencegah peningkatan angka stunting di seluruh Indonesia.

Sebagai salah satu program prioritas pemerintah pusat, Aplikasi Elsimil diharapkan juga menjadi terobosan BKKBN dalam penangaan stunting.

Pemerintah Pusat rupanya sadar betul bahwa keberhasilan program pemerintah akan sangat bergantung pada kualitas sumber daya manusia terutama pada penduduk usia muda.

Sumber daya alam yang melimpah tidak akan memberikan manfaat yang optimal apabila tidak dikelola oleh sumber daya manusia yang berkualitas dan berkarakter, dimana salah satu masalahnya adalah belum terpenuhinya kebutuhan asupan gizi keluarga dengan baik, sehingga masih terdapat kekurangan gizi kronis pada bayi

Dalam mewujudkan generasi yang berkualitas adalah kewajiban semua warga masyarakat khususnya para pasangan muda dan produktif.

Untuk menciptakan generasi masa depan yang berkualitas bukanlah pekerjaan mudah. Dibutuhkan strategi yang tepat dengan program-program yang memiliki daya ungkit tinggi dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Kualitas sumber daya manusia yang dimaksud diukur dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang indikator utamanya adalah tingkat kesehatan, pendidikan dan ekonomi.

Dengan aplikasi Elsimil para calon pengantin sudah diintervensi sejak 3 bulan sebelum rencana kehamilan.

Dari program elsimil BKKBN akan membreakdown menjadi 3 strategi, yaitu pada pre konsepsi, hamil, dan pasca persalinan

Menurutnya, stunting memiliki korelasi dengan angka kemiskinan. Karena itu calon pengantin harus merencanakan keluarganya dengan baik sesuai kemampuan ekonomi keluarga. Selain siap secara fisik para calon pengantin juga didorong untuk siap secara ekonomi.

Cara Download Aplikasi Elsimil

Nah bagaimana cara Download dan install aplikasi elsimil ? Ikuti langkah langkah berikut ini :

  1. Kunjungi Playstore dan cari elsimil
  2. Klik Install
  3. Kunjungi Website Resmi Elsimil atau Link Berikut untuk pendaftaran https://elsimil.bkkbn.go.id/register ( Bisa juga melalui aplikasi android yang telah diinstall )
  4. Kemudian isi data yang dibutuhkan setelah selesai klik simpan
  5. Lakukan aktivasi melalui email yang telah didaftarkan.
  6. Klik Link Aktivasi yang telah dikirim.
  7. Selesai. ( Setelah aktivasi anda bisa langsung menggunakan aplikasi elsimil dengan memasukkan username dan password yang telah didaftarkan )

Di aplikasi ini akan ada beberapa pertanyaan yang harus di isi serta beberapa Informasi tentang cara pencegahan stunting bagi pasangan produktif.

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan kali ini tentang aplikasi elsimil bkkbn dan bagaimana cara download/install serta aktivasinya. semoga bermanfaat.

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!