Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Aplikasi Menulis Cerita Yang Menghasilkan Uang

4 min read

Aplikasi Menulis Cerita Yang Menghasilkan Uang

Hai Sahabat Literasi, Bagaimana keadaanmu ? Masih Suka Membaca dan Menulis, Harus. Namun Lebih nikmat kiranya bila bisa menulis sambil dapat penghasilan tambahan. Nah kali ini kami akan berbagi Beberapa Aplikasi Menulis Cerita Yang Menghasilkan Uang. Mau Simak terus Ya !!!

Sebenarnya ada banyak cara untuk menapatkan uang dari menulis mulai dari membuat Novel, Membuat Blog ( kayak Mimin, Promosi .. hihihi ) atau mengirimkan tulisan ke media elektronik.

Namun Kali ini Kami Khususkan pembahasan pada beberapa aplikasi menulis cerita yang dapat menghasilkan uang.

Aplikasi Menulis Cerita Yang Menghasilkan Uang

Berikut 5 Aplikasi dari puluhan aplikasi menulis penghasil uang yang dapat kami rekomendasikan, antara lain adalah :

1. Wattpad ( www.wattpad.com)

Aplikasi Menulis yang menghasilkan uang pertama dan tentunya palin populer adalah Wattpad, Aplikasi wattpad memang telah mendunia dan menjadi tempat berkumpulnya para penulis dan penerbit di seantero bumi.

Baca Juga:

Cara mendapatkan uang dari wattpad memang Unik, hal ini karena ketika kalian berhasil menulis dengan baik dan menarik pembaca serta penerbit maka bisa merubah nasib kalian dari sekedar hobby menjadi penulis berpenghasilan luar biasa.

Bagi generasi millineal aplikasi wattpad memang menjadi tempat menulis paling Favorit, disini kalian dapat dengan bebas meluapak isi hati dalam bentuk Novel dan cerita pendek romantis.

Aplikasi dengan lambang berwarna orange ini bahkan sering menjadi tempat para remaja menulis cerita – cerita fiksi seperti Boyband Barat, Artis Kpop dan tokoh – tokoh populer lainnya.

Salah satu kelebihan aplikasi ini adalah kalian dapat menikmati membaca dan menulis baik melalui Aplikasi HP maupun dekstop kalian, ini berarti bagi kalian pemilik HP jadul dengan memori terbatas masih mampu menggunakan wattpad di Komputer atau laptop.

Kelebihan lain dari aplikasi wattpad adalah thumbnail foto yang menarik pembaca ketika kita membagikan hasil karya kita di media sosial, bahkan tak jarang para penulis wattpadd telah menjadi penulis besar yang hasil karyanya menjadi naskah dalam Sinetron atau Bioskop layar lebar.

2. Storial

Aplikasi kedua sebagai rekomendasi dari penulis agar hobby menulis bisa menjadi uang adalah storial.co, Walau tak setenar aplikasi wattpad namun storial mempunyai beberapa kelebihan sehingga banyak yang memilih aplikasi ini dalam meyalurkan hobby menulis dan membacanya.

Salah satu kelebihan aplikasi ini adalah kita dapat menulis berbarengan dengan sahabat, dalam istilah lain adalah berkolaborasi untuk sama – sama mebuat satu tulisan sehingga tulisan bisa jadi lebih baik dan lengkap.

Hal ini sangat membantu bagi yang baru memasuki dunia menulis, kok bisa ? Ya bisa karena di storial id ini kamu kan dapat mengajak para seniormu dalam menulis untuk membuat cerita bersama. sehingga kamu dapat belajar bagaimana teknik menulis yang dapat menarik pembaca.

Baca Juga : Cara Verifikasi Email Kartu Prakerja Tidak Masuk

Hal menarik lainnya adalah Storial telah bekerjasama dalam penerbitan buku dengan web nulisbuku.com, bahkan sudah banyak tulisan yang diterbitkan menjadi buku oleh aplikasi ini baik secara online maupun offline.

Aplikasi menulis ini juga makin menarik bagi para generasi mua karena ada kesempatan untuk langsung mendapatkan royalti dari pihak developer aplikasi storuial.co.
Memang secara nilai tidak besar namun hal itu dapat menjadi langkah awal bagi para penulis pemula untuk menjadi penulis profesional. serta menumbuhkan kebanggan bagi para penulis.
Namun bila dibandingkan dengan wattpad ada sedikit kekurangan aplikasi story.co ini yaitu tiak adanya thumbnail gambar  saat kita menguload tulisan kita di media sosial seperti FB dan Instagram.

3. Gramedia Writing Project (www.gwp.co.id)

Siapa Tak Kenal Gramedia ? Yup perusahaan an toko buku ini telah tersebar di seluruh pelosok nusantara, Apk ini juga dapat dijaian altenatif sebagai aplikasi menulis yang dapat menghasilkan uang.

Pada awalnya program gramedia adalah sebuah perlombaan menulis dengan reward dapat masuk ke Penerbit besar serta diterbitkan oleh gramedia sendiri, Program ini viral dan menapatkan attensi dari penulis tanah air, bahkan mungkin diluar perkiraan pihak gramedia sendiri.

Ya iyalah, siapa yang tidak mau tulisannya di bukukan atau diterbitkan oleh gramedia yang store atau tokonya telah berada di seluruh Indonesia khususnya kota kota besar.

Nah dengan bergulirnya waktu gramedia membuat aplikasi dan web untuk menampung para penulis – penulis hebat tanah air dengan berdirinya GWP yang merupakan singkatan Gramedia Writing Project.

Walau tak sepopuler aplikasi wattpad aplikasi menulis GWP ini mulai dilirik sebagai aplikasi yang menarik buat menghasilkan uang dari menulis cerita.

Namun sayang aplikasi ini memang di khususkan bagi para penulis sehingga bagi kalian yang hobby membaca kiranya kurang cocok karena aplikasi tidak menyediakan fitur membaca kecuali dengan langsung berinteraksi dengan penulis.

Keluhan lain dari beberrapa penulis tentang aplikasi ini adalah seringnya aplikasi down dan sulit untuk diakses ( Mungkin mereka lebih prioritaskan di store atau toko bukunya ya … hihhi ) sehingga terkesan kurang dirawat aplikasi ini.

Baca Juga : Cara Uninstall Aplikasi di Mac

Keluhan lainnya adalah di aplikasi ini sekarang kita tidak bisa mengharapkan respon lebih terhadap tulisan kita, karena ada beberapa penulis yang telah aktif berbulan bulan bahkan bertahun menulis di aplikasi ini naun belum mendapat kepastian bagaimana nasib tulisannya.

Bila kita berbaik sangka tentunya kita akan berpikiran bahwa ada penulis lain yang lebih berbakat dan tulisannya lebih bagus yang telah diterbitkan oleh Gramedia

4. Cabaca (cabaca.id)

Memasuki aplikasi menulis cerita yang menghasilkan uang selanjutnya adalah cabaca.id aplikasi ini kalian akan dijanjikan menadapatkan reward atau royalti apabila tulisan atau buku yang kalian kirim menjadi viral dan dibaca banyak orang.

Namun jangan berharap untuk menggunakan aplikasi ini di HP ya, untuk sampai saat ini aplikasi atau software cabaca bisa langsung kalian nikmati dan gunakan dengan mengunjungi cabaca.id.

Menariknya di aplikasi ini para pembaca akan mendapat kesempatan untuk membaca secara gratis beberapa Bab, sebagai pendahuluan atau sinopsis dari keseluruhan buku.

Kalian dapat meneruskan membaca dengan membayar sedikit uang sebagai reward bagi penulis atau tinggalkan bila ternya alur cerita tidak menarik atau tidak sesuai yang kalian cari.

Namun bagi kalian penulis harus siap tulisannya ditolak ya, karena sebelum proses penerbita ada review dari pihak penulis apakan tulisan layak diterbitkan atau tidak.

Untuk itu bagi kalian yang berminat menulis di platform ini kalian harus belajar struktur tulisan yang benar serta pelajari juga EBI, PUEBI dan SPAI sehingga tidak ada tanda baca yang tidak sesuai tempatnya.

5. Novelme ( www.novelme.id )

Nah Aplikasi menulis terakhir yang dapat menghasilkan uang yang akan kita bahas dalam artikel ini adalah Novelme.com, Walau termasuk baru dalam penerbitan platform menulis namun telah banyak penulis yang bergabung dengan aplikasi ini.
Sama seperti cabaca.id aplikasi Novelmi juga hanya bisa digunakan di PC atau laptop melalui web resmi https://novelme.id/ , Selain itu kalian juga tidak bisa membagikan tulisan kalian ke media sosial dengan menyertakan thumbnail ( sayang ya ,padahal pembaca akan lebih tertarik jika ada thumbnail )
Beberapa penulis juga mengeluhkan cara penulisan yang sedikit rumit dan tidak bisa menulis dengan menjorok ke dalam setiap pergantian paragraf dan juga tidak bisa mebuat tulisan cetak tebal ( Control + b ) atau Bold.
Namun namnya aplikasi setiap ada kelebihan pasti ada kekurangan begitu juga dengan Novelme, aplikasi ini menyediakan reward yang cukup besar bagi penulis terutama bagi tulisan atau novel yang viral dan dibaca banyak orang, ditambah lagi dengan adanya fitur like bagi pembaca yang menyukai tulisan kita sehingga setiapa ada yang memberikan like ada perasaan bangga bahwa ada orang yang suka akan novel kita.
Akhir Kata
Nah itu tadi 5 aplikasi rekomendasi penulis untuk dapat menulis cerita dan menghasilkan uang, Namun bagi penulis sendiri saat ini lebih suka untuk mempunyai blog sendiri seperti saat ini.
Mengapa ? Kita mempunyai kebebasan dengan apa yang akan kita tulis, apalagi dengan tambahan adanya Google adsense yang terkait di blog maka bila kita rajin dan dapat menulis yang menarik maka pundi pundi rupiah akan mengalir. ( hihihi sedikit iklan ya, siapa tahu mau sekedar sedekah dengan mengklik iklan cukup sekali aja … hihihihi )
Baiklah teman teman, saya kira cukup sampai disini pembahasan kita tentang Aplikasi Menulis Cerita Yang Menghasilkan Uang, jangan bosan untuk terus menulis dan membaca ya, karena itu akan terus dapat mengasah otak kita plus dapat uang saku tambahan … hihihi.  Salam Literasi.
Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!