Tes Kesehatan Mata Dan Buta Warna TNI AD/AL/AU – POLRI

2 min read

tes kesehatan mata

Hi Sahabat Blog Militer Indonesia Literacy Militer, kali ini kita akan membahas Tips Lolos Tes Kesehatan Mata dan Tes Buta Warna TNI – POLRI, Terutama adek- adek yang akan dan sedang berusaha mendaftar TNI, Semangat pagi dan semoga seluruhnya dalam keadaan sehat wal afiat.

Baca Juga:

Seperti sudah kita ketahui bersama, bahwa tes kesehatan merupakan salah satu momok yang menakutkan bagi para calon prajurit TNI, Hal ini dikarenakan banyak sekali yang harus gagal dalam pelaksanaan tes ini.

Baca Juga : Macam dan Jenis Tes Psikologi

Baca Juga:

Untuk itu kesempatan kali ini, kakak akan sedikit mengulas tentang Tips Tes kesehatan mata sebagai salah satu materi dalam pelaksanaan tes kesehatan, sebagai persyaratan yang harus dilalui bila ingin lolos dan menjadi prajurit TNI.

Tes Kesehatan Mata TNI

1. Tes Ketajaman Penglihatan ( Tes Rabun jauh/dekat )

Tes ini merupakan yang paling umum dilaksanakan, tes Ini dilaksanakan dialksanakan menggunakan papan ( chart ) snallen yaitu papan yang isinya merupakan deretan kombinasi kombinasi angka dan huruf dengan berbagai jenis ukuran.

Kita akan diminta membaca dan menyebutkan angka atau huruf yang ditunjuk oleh testor mulai dari yang paling atas ( besar ) hingga yang paling kecil ( bawah ).

Tes ini untuk mengetahui tingkat ketajaman penglihatan mata dan mendeteksi ada tidaknya gangguan mata seperti miopi ( rabun Jauh) , hipermetropi ( rabun dekat ) dll.

2. Pemeriksaan Retina / Pupil mata

Tes ini dilaksanakan untuk memeriksa kemampuan pupil beradaptasi dalam kondisi cahaya, biasanya dilaksanakan dengan menembakkan cahaya senter ke mata oleh Dokter atau testor yang memeriksa.

Tes ini juga dilaksanakan guna memeriksa kesehatan bagian belakang dan dalam mata. Termasuk diantaranya Retina, Cakram optik dan pembuluh darah

Tes Buta Warna TNI – POLRI

Tes Buta Warna merupakan syarat mutlak dalam tes seleksi TNI ( AD/AL/AU) – POLRI, dimana bagi para peserta yang mengidap kelainan ini tentunya tidak memenuhi syarat untk lolos jadi seorang prajurit.

Tes Buta warna merupakan suatu bagian Tes Kesehatan mata untuk mengetahui kemampuan mata dalam membedakan warna dasar, yaitu merah, hijau, biru, atau campuran.

Ada beberapa macam Metode tes Buta Warna seperti Anomaloscope, Ishihara, Fanworth – Munsel dan Cambrige. Namun secara umum biasanya Tes Kesehatan Mata TNI – POLRI menggunakan Metode Ishihara.

Tes Buta Warna Dengan Metode Ishihara ini dilaksanakan dengan melihat sebuah lingkaran yang memiliki banyak bintik-bintik beraneka warna dimana bintik bintik tersebut membentuk suatu huruf atau angka.

Peserta Tes aka diperintahkan membaca dan menyebutkan huruf atau angka yang disajikan, Bagi yang mempunyai kelainan, huruf atau angka yang tertera tidak akan bisa terbaca.

tes Buta Warna
contoh tes kesehatan mata buta warna ( sumber : nextren )

Cara Menjaga Kesehatan Mata

1. Hindari melihat atau bermain HP/Laptop terlalu lama.

Saat Ini HP merupakan alat yang selalu melekat pada kita dimanapun berada, tidak hanya untuk berkomunikasi HP juga lebih sering digunakan untuk bermain Game. Fokus melihat HP dalam jangka waktu lama akan dapat merusak mata kalian, untuk itu mulai sekarang kurangi waktu bermain HP.

tes kesehatan mata
Ilustrasi bahaya bermain laptop terlalu dekat dan lama ( sumber : alodokter )

2. Menulis / Membaca buku dengan jarak yang Normal ( ­+  30 Cm ).

Bagi Kalian kalian yang terbiasa membaca dan menulis dalam jarak dekat mulai saat ini harus segera dirubah bila kalian ingin lolos dalam pelaksaan tes kesehatan mata. Hal ini karena kebiasaan membaca dan menulis terlau dekat akan menyebabkan kerusakan mata.

Baca Juga : Tips Lolos Tes Samapta

3. Banyak memakan buah buahan.

Memakan Buah buahan merupakan hal yang baik bagi kesehatan, khusus bagi kesehatan mata perbanyaklah memakan buah buahan yang mengandung Vitamin A seperti Pepaya, Wortel dll.

Dengan memakan dan mengkonsumsi buah – buahan tang banyak mengandung Vitamin terutama Vitamin A. Hal ini akan membantu anda dalam menjaga kesehatan mata, sehingga mata tetap normal dan mempunyai pengelihatan yang baik.

Akhir Kata

Demikian beberapa Tips dan contoh tes kesehatan mata TNI – POLRI dimana di dalamnya juga ada Tes Buta Warna. Yang akan dilaksanakan dalam pelaksanaan seleksi penerimaan calon TNI baik Darat, Laut maupun udara Serta POLRI. Bahkan mungkin semua seleksi penerimaan karyawan dan pegawai.

Semoga Tips dan contoh tes kesehatan mata dan Tes Buta Warna ini bermanfaat. Bagi kalian yang akan melaksanakan tes, kakak doakan semoga lancar dan LOLOS menjadi seorang Prajurit TNI – POLRI … Aamiin

error: Alert: Content is protected !!