Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

BIAK, Mutiara di ujung timur

1 min read

literacyMILITER.com – BIAK, Mutiara di ujung timur – Berbicara tentang keindahan Papua tak akan ada habisnya, Dari ujung timur merauke sampai ujun barat di Sorong semua ibarat keindahan surga yang turun ke Bumi. Hal ini juga menunjukkan Keberagaman Masyarakat Indonesia yang sangat Kaya baik suku, bahasa dan agama.

Di Daerah Papua bagian tengah terdapat satu kabupaten yang sangat indah dan sangat strategis kedudukannya. Kabupaten itu adalah BIAK, Mutiara di ujung timur.

Biak adalah sebuah kabupaten yang menjadi Penopang Papua, Imdonesia bahkan juga sebagai Penopang Pasifik. Kabupaten ini juga merupakan daerah yang unik dan merupakan salah satu Kabupaten yang memiliki nilai historis yang tinggi serta mempengaruhi arah peradaban perang Pasifik atau perang dunia 2 ( Wold War II ).

Baca Juga : Sejarah Lahirnya Pancasila

Pada perang Pasifik di era 30 – 40 an Biak menjadi daerah persinggahan Tentara Sekutu Amerika Serikat dan Tentara Jepang, dan menjadi zona perang pasifik yang paling terkenal serta heroik dalam sejarah perang dunia ke – II.

Keunikan lain dari Kabupaten BIAK, Mutiara di ujung timur ini selain memiliki sektor Pariwisata dan perikanan yang sangat baik, Biak juga memiliki Bandara udara terpanjang ke – 4 di Indonesia bahkan juga masih salah satu yang terpanjang di pasifik dan dunia.

Baca Juga:

Bandara tersebut adalah bandara Frans Kaisepo, bandara ini juga pernah di darati oleh pesawat asing dari Rusia dan pernah juga ingin digunakan untuk landasan pendaratan pasawat antariksa atau ulang – alik, jadi menurut saya Biak sangat pantas untuk menjadi salah satu tulang punggung negara – negara di wilayah pasifik.

Sungguh bangga Papua dan Indonesia memiliki Biak, apa lagi beberapa hari lalu yaitu pada tanggal 17 Januari 2020 , Biak kedatangan salah satu Kapal Pesiar yaitu Kapal Pesiar Mewah THE WORLD milik ROW Management Ltd yang berkantor di Amerika Serikat , saya rasa memang pantas dan sangat membanggakan sebab hal itu merupakan pilihan yang tepat untuk Management THE WORLD memilih Biak , sebab apa…?, sebab Biak memiliki hubungan emosional dan Historis dengan negara – negara di kawasan Pasifik dan salah satunya adalah Amerika Serikat.)

Ada rasa bangga melihat Kapal Pesiar THE WORLD sandar dan singgah di Pelabuhan Biak, suatu kebanggan juga untuk saudara – saudara di Biak karena dapat langsung melihat Kapal Pesiar THE WORLD, hal ini menunjukan bahwa suatu saat Biak akan menjadi salah satu daerah yang akan maju dan berkembang di kawasan Indonesia dan Pasifik. BIAK, Mutiara di ujung timur.

Untuk yang tersayang dan tercinta Mansar, Insar, Binsar, Awin, Kamam, insos dan napi tetap semangat, Manseren Bless your ❤

Penulis : Ali Wanggay Kabiay

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!