Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Cara Bikin SIM Online, Pendaftaran Hingga pembayaran !

4 min read

cara membuat sim online

Hai Sahabat Blog Militer, tahukah kamu bahwa saat ini untuk membikin SIM tidak harus datang ke kantor satlantas Polres masing – masing. Ini tentunya gambar gembira karena dengan online kalian nggak perlu lagi capek – capek menganti. Nah untuk itu pada artikel ini , akan kita bagikan Bagaimana Cara Membuat Bikin SIM Online. Mulai dari metode pendaftaran, metode membuat SIM baru, hingga bayaran perpanjangan SIM. Seluruh list itu dapat disimak di bawah ini!

Baca Juga:

Cara Membuat SIM Online

SIM atau surat ijin mengemudi merupakan salah satu dokumen yang sangat penting, Hal ini karena SIm bukan hanya dibuat sebagai tanda bahwa kalian bisa mengemudi, namun juga dapat digunakan untuk tanda pengenal selain KTP DAN PASSPORT.

cara bikin sim online

Baca Juga:

Dengan adanya teknologi yang memungkinkan untuk kita bisa membuat secara online tentunya akan menjadi sebuah keuntungan bagi kita, karena selama ini pembuatan SIM memang dikenal sedikit melelahkan.

Berikut beberapa hal tentang bagaimana cara Membuat SIM Online Yang harus kalian ketahui dimulai dari Persyaratan, proses pendaftaran hingga proses pembayaran`

Ketentuan Pendaftaran SIM Baru

Seperti halnya membuat SIM biasanya, pembuatan SIM online pula mesti penuhi beberapa ketentuan. Syarat- syaratnya sendiri sama semacam membuat SIM pada biasanya, ialah:

1. Penuhi Ketentuan Administratif

Tiap pembuat SIM mesti penuhi beberapa ketentuan administratif. Beberapa diantaranya yaitu dengan bawa KTP, menyertakan sebuah surat keterangan sehat jasmani dan rohani. Mengisi sebuah formulir permohonan dari berbagai pihak kepolisian.

2. Penuhi Umur Minimal

Pembuat SIM pula mesti penuhi ketentuan umur minimun. Buat yang mau mempunyai SIM A, C, serta D, mereka mesti berumur minimun 17 tahun. Sedangkan itu, mereka yang ingin SIM A Umum mesti berumur minimun 22 tahun. Ada pula buat mereka yang ingin buat SIM B1 serta B2 umum mereka mesti berada di umur minimun 22 serta 23 tahun.

3. Menjajaki Ujian

Sehabis penuhi 2 ketentuan tadinya, pembuat SIM akan dikenakan kewajiban buat menjajaki tes. Terdapat 2 tipe tes yang ada, ialah tes teori serta praktek.

Baca Juga : Fakecez Modz Apk

Pembuat SIM akan menjajaki tes teori terlebih dulu. Baru setelahnya menjajaki tes praktek. Untuk yang lulus, mereka dapat masuk ke sesi berikutnya. Untuk yang belum, wajib menjajaki tes lagi hingga lulus.

4. Mempunyai SIM Tertentu, dan Memiliki Pesan Khusus

Ketentuan ini berlaku buat mereka yang ingin buat SIM B1, B2, dan SIM Umum. Untuk mereka yang ingin buat SIM B1, harus mempunyai SIM A minimun 12 bulan. Sebaliknya mereka yang ingin buat SIM B2, harus memiliki SIM B1 minimun 12 bulan. Ada pula untuk mereka yang ingin buat SIM Umum, harus memiliki surat khusus berbentuk Surat Penjelasan Uji Klinik Pengemudi( SKUKP).

Cara Bikin SIM Online

Untuk membuat SIM secara online, kamu wajib menempuh beberapa metode. Jangan takut, disini akan diberitahu seluruh metode tersebut. Ada pula cara- cara yang diartikan merupakan:

1. Kunjungi Web ataupun Aplikasi Resmi

Metode pertama yang mesti dicoba merupakan mendatangi web ataupun aplikasi formal buat SIM scara online. Untuk web, kamu dapat mendatangi http:// sim. korlantas. polri. go. id. Untuk aplikasi, kamu dapat download e- SIM yang ada di Play Store.

2. Isi Formulir

Sehabis melaksanakan metode awal, kamu bakal disuguhkan suatu formulir. Isi formulir tersebut, beserta file KTP serta pesan penjelasan jasmani serta rohani. Jika selesai, kamu bakal langsung memperoleh bukti pendaftaran lewat email.

3. Jalani Pembayaran

Apabila telah menemukan bukti pendaftaran, kamu mesti melaksanakan pembayaran dengan kode yang sudah diberi oleh web Korlantas maupun aplikasi. Kamu nantinya wajib tiba ke Korlantas buat menjajaki tes, sehabis pembayaran berakhir.

Dikala nanti ke Korlantas, jangan lupa buat bawa beberapa ketentuan yang diperlukan. Mulai dari dokumen persyaratan, bukti pendaftaran, sampai bukti pembayaran. Beberapa ketentuan itu nantinya haru kamu kasih ke bagian registrasi khusu SIM online.

4. Menjajaki Beberapa Prosedur

Dikala seluruh ketentuan diberikan ke bagian registrasi, kamu harus menjajaki beberapa prosedur yang berlaku. Mulai dari melakuan gambar serta sidik jari, sampai menjajaki tes teori serta praktek. Jika lulus tes teori serta praktek, kamu mesti bawa berkas SIM ke bagian pencetakan SIM.

Biaya Pembuatan SIM Baru

Butuh Biaya khusus buat membuat SIM baru. Bayaran membuat SIM baru sendiri lumayan bervariatif. Kemudian, berapa sajakah bayaran pembuatan SIM baru?

1. Biaya Pembuatan SIM Baru

Bersumber pada Peraturan Pemerintah Nomor. 60 Tahun 2016 tentang PNBP, tiap tipe SIM memiliki bayaran pembuatannya sendiri. Ada pula buat detailnya yaitu:

  • SIM A, SIM B1, serta SIM B2: Rp 120 ribu.
  • SIM C: Rp 100 ribu.
  • SIM D: Rp 50 ribu.
  • SIM Internasional: Rp 250 ribu.

2. Biaya Tambahan serta Bayaran Lainnya

Tidak hanya membayar biaya pembuatan SIM baru, kamu pula mesti membayar bayaran tambahan yang lain. Bayaran tambahan tersebut meliputi bayaran tambahan asuransi, pemeriksaaan kesehatan jasmani serta rohani, dan pengajuan SKUKP. Ada pula perinci biayanya yaitu :

  • Bayaran asuransi: Rp 30 ribu.
  • Pengecekan kesehatan jasmani: Rp 25 ribu.
  • Pengecekan kesehatan rohani: Rp 40 ribu.
  • permohonan SKUKP: Rp 50 ribu.

Bayaran asuransi merupakan bayaran tambahan yang bersifat wajib. Masing- masing pembuat SIM (apa pun jenisnya), harus membayar biaya tersebut.

Sedangkan itu, bayaran pengecekan kesehatan jasmani serta rohani bersifat opsional. Apabila kamu melaksanakan pengecekan di luar Korlantas, kamu tidak harus membayar biaya pengecekan kesehatan jasmani serta rohani. Ada pula permohonan SKUKP cuma berlaku untuk mereka yang ingin buat SIM Umum, SIM B1, serta SIM B2.

Cara Memperpanjang SIM Online

Tidak hanya pembuatan SIM, perpanjangan SIM juga pula dapat dicoba secara online. Buat melaksanakan perpanjangan SIM secara online, kamu mesti melakukan beberapa metode, ialah:

1. Melaksanakan Pendaftaran di Web Formal Korlantas

Metode pertama yang mesti dicoba yaitu melaksanakan pendaftaran. Pendaftaran sendiri mesti dicoba melalui web formal Korlantas, ialah: http:// sim. korlantas. polri. go. id. Pilih opsi perpanjang SIM, kemudian simak langkah yang terdapat. Apabila telah, cetak bukti pendaftaran, dan melaksanakan pembayaran.

2. Datang ke Satpas ataupun Tempat SIM Keliling

Usai melaksanakan pendaftaran serta pembayaran, kamu harus tiba ke Satpas ataupun tempat SIM keliling. Jangan lupa buat bawa bukti pembayaran, beserta persyaratan lain. Misalnya fotokopi KTP, SIM lama, surat keterangan kesehatan jasmani serta rohani, dan pesan penjelasan lulus tes simulator. Nantinya, kamu akan dibawa kebagian pencetkan SIM buat memperoleh SIM baru.

Biaya Perpanjangan SIM

Sebagaimana pembuatan SIM, perpanjangan SIM juga pula memiliki tarif tertentu. Biaya perpanjangan SIM sendiri sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor. 60 Tahun 2016. Buat detailnya, dapat disimak pada list berikut!

1. Biaya Perpanjangan SIM

Dalam peraturan yang sudah disebutkan, masing- masing tipe SIM memiliki biaya perpanjangannya sendiri. Buat SIM A, perpanjangan SIM dikenakan bayaran sebesar Rp 80 ribu. Sebaliknya buat SIM C, dikenakan bayaran Rp 80 ribu.

2. Biaya Tambahan

Semacam halnya pembuatan SIM, perpanjangan SIM juga pula butuh bayaran bonus. Bayaran tambahannya sendiri bukanlah banyak. Cuma bayaran pendaftaran, spesialnya untuk mereka yang perpanjang SIM secara online. Ada pula bayaran tersebut sangatlah murah, ialah Rp 5 ribu saja.

Manfaat Mengurus SIM Online

Terdapat banyak manfaat yang dapat diperoleh dikala mengurus SIM secara online. Entah itu buat pembuatan ataupun perpanjangan. Untuk pemohon, kamu tidak butuh repot- repot mengantre ke Korlantas.

Baca Juga : Vidnow Apk, Aplikasi Penghasil Uang

Karena, kamu dapat melaksanakan registrasi pembuatan ataupun perpanjang SIM melalui web ataupun aplikasi. Sebaliknya untuk petugas SIM, mereka jadi tidak butuh repot- repot buat menginput informasi pemohon.

Akhir Kata

Nah demikianlah sobat cara membuat / bikin SIM Online, Mudah bukan. Kalian hanya perlu menyiapkan persyaratan yang diminta. selamat mencoba.

 

 

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!