Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Cara Cek Spek Laptop Atau PC Dengan Mudah

3 min read

Cara Cek Spek Laptop Atau PC Dengan Mudah

Mengetahui cara cek spek laptop sangatlah penting, terlebih lagi ketika Anda berencana untuk membeli laptop second atau bekas. Dengan mengetahui spesifikasi laptop yang akan Anda beli, Anda bisa terhindar dari penipuan dengan tidak membayar harga yang terlalu mahal untuk laptop spek rendah.

Jangan khawatir soal ini karena Anda akan menemukan berbagai cara yang bisa dicoba dan digunakan untuk mengetahui spesifikasi lengkap yang dimiliki oleh laptop tertentu. Meskipun memeriksa spesifikasi laptop tidaklah wajib untuk dilakukan, hal ini bisa menyelamatkan Anda dari kekecewaan yang dalam.

Cara Cek Spek Laptop

Dari antara berbagai cara di bawah ini, ada cara yang paling mudah untuk dilakukan dan ada cara tertentu yang akan menunjukkan spesifikasi laptop terlengkap untuk Anda periksa secara rinci sebelum melakukan pembelian. Pastikan Anda memahami setiap cara dan mencobanya secara langsung.

Baca Juga : Cara Uninstall Aplikasi di Mac

1. Mengecek spesifikasi laptop dari aplikasi Pengaturan atau Settings

Untuk memperoleh gambaran umum sistem konfigurasi sebuah laptop, gunakan aplikasi Pengaturan yang memang menyediakan banyak informasi mengenai perangkat lunak dan perangkat keras laptop. Periksa spesifikasi dasar laptop menggunakan cara di bawah ini:

Baca Juga:
  • Tekan tombol Windows di keyboard atau klik logo Start pada bagian kiri taskbar.
  • Pilih menu Settings atau Pengaturan. Setelah jendela Settings terbuka, klik pada menu System.
  • Akan muncul beberapa pilihan menu di panel sebelah kiri, pilih menu About dan bagian kanan jendela akan menampilkan berbagai informasi tentang sistem operasi Windows yang terpasang pada laptop, prosesor yang ada di laptop, kapasitas ram serta ukuran hard drive laptop tersebut.

Informasi dasar ini juga bisa Anda akses dengan membuka fitur Control Panel pada laptop dengan sistem operasi Windows. Setelah membuka jendela Control Panel Anda tinggal membuka bagian System untuk menemukan informasi dasar atau spesifikasi laptop yang Anda butuhkan.

2. Cara cek spek laptop melalui Informasi Sistem atau System Information

Sebagai salah satu alat yang sudah lama berada di sistem operasi Windows, System Information merupakan salah satu cara paling baik dan mudah digunakan untuk melakukan pengecekan spesifikas sistem laptop secara lengkap. Berikut langkah-langkah yang harus Anda ikuti:

  • Buka menu Start pada laptop dengan sistem operasi Windows.
  • Langsung saja ketikkan System Information pada kolom pencarian. Anda juga bisa mengetikkan msinfo32 jika tidak ingin mengetik terlalu panjang.
  • Tekan Enter untuk membuka jendela System Information. Seketika jendela System Information akan muncul dan menampikan deretan informasi yang jauh lebih lengkap.

Jendela ini juga menyediakan 3 menu dropdown yang masing-masing menunya menyimpan lebih banyak informasi yang jauh lebih rinci. Jika Anda memerlukan informasi yang lebih lengkap, cara kedua ini lebih efektif dibandingkan dengan cara pertama di atas. Apa cara lain untuk melihat spek?

3. Melakukan pengecekan spesifikasi laptop melalui Command Prompt

Command Prompt yang biasa disebut CMD bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan data lengkap mengenai spesifikasi laptop. Selain menampilkan informasi yang lebih lengkap, CMD juga bia menyediakan detail waktu terpasangnya sistem OS di laptop tersebut. Canggih kan?

  • Buka menu Start pada laptop Windows lalu ketik Command Prompt atau CMD pada kolom pencarian.
  • Pastikan Anda membuka fitur ini sebagai administrator dan tunggu hingga jendela Command Prompt terbuka.
  • Setelah jendela Command Prompt terbuka, ketik perintah systeminfo lalu tekan Enter. Tunggu sampai konfiguransi yang terperinci muncul di jendela Command Prompt.

Infomasi yang akan tampil antara lain adalah perangkat keras laptop, sistem operasi, spesifikasi, versi BIOS, informasi pembaruan Windows, memori, network adapor, serta berbagai macam informasi lain yang lebih terperinci untuk Anda pelajari.

4. Memanfaatkan software CPU-Z untuk mengecek spek laptop

Ada banyak software pihak ketiga yang berguna untuk mengecek spesifikasi dari sebuah laptop dan menyediakan tampilan informasi yang lengkap. Salah satunya adalah CPU-Z yang hadir dengan proses pemasangan yang mudah. Berikut cara cek spek laptop menggunakan aplikasi CPU-Z.

  • Unduh software CPU-Z dari situs web yang terpercaya misalnya dari CPUID.com. Setelah unduhan selesai, lakukan pemasangan di laptop yang ingin Anda cek spesifikasinya.
  • Setelah proses pemasangan selesai, jalankan aplikasi CPU-Z untuk mengamati spesifikasi lengkap laptop yang sedang Anda gunakan.
  • Aplikasi ini akan menampilkan informasi CPU yang mendetail seperti nama prosesor yang digunakan, core speed pada laptop, dan lain sebagainya. Dapatkan informasi tersebubt dari kolom CPU.
  • Terdapat pula informasi tentang mainboard laptop Anda yang bisa Anda lihat dari kolom mainboard.
  • Jika Anda ingin melihat tipe memory yang terinstall di laptop tersebut, buka kolom yang berjudul type memory.
  • Buka kolom SPD jika Anda ingin mengetahui informasi RAM dalam laptop yang lebih lengkap dan spesifik.

CPU-Z merupakan software yang paling banyak digunakan di seluruh dunia karena kemampuannya untuk menyediakan berbagai informasi yang mendetail mengenai komputer dan laptop. Selain CPU-Z ada pula beberapa aplikasi lain yang bisa membantu Anda mengetahui spesifikasi laptop.

5. Mengetahui spesifikasi laptop dengan bantuan aplikasi Speccy

Software yang satu ini tidak jauh berbeda dari software sebelumnya. Cara penggunaannya pun sama saja dengan software lain yang sejenis. Ikuti langkah di bawah ini untuk bisa melakukan pengecekan spek pada laptop:

  • Unduh software Speccy langsung dari situs web resminya atau dari sumber lain yang benar-benar aman. Install aplikasi tersebut pada laptop yang ingin Anda periksa speknya.
  • Setelah selesai menginstal, jalankan program dan aplikasi akan langsung menunjukkan informasi rinci tentang spesifikasi laptop tersebut.
  • Terdapat tab berjudul summary yang menampilkan spesifikasi rinci laptop mulai dari sistem operasi hingga ram.

Anda tentu bisa menggunakan berbagai software lain untuk mengetahui spek laptop dengan lebih rinci. Tetapi pastikan Anda mendapatkan aplikasi tersebut dari sumber yang aman dan terpercaya. Cara ini mungkin lebih ribet dibandingkan cara lain tetapi spek yang ditampilkan akan lebih lengkap.

6. Melihat spek laptop menggunakan aplikasi bawaan DXdiag

Pilihan paling mudah dan murah adalah menggunakan fitur bawaan Windows yaitu DXdiag. Berikut cara untuk mengetahui spek laptop melalui DXdiag:

  • Langsung saja ketik dxdiag di kolom pencarian atau pada jendela Run yang bisa diakses dengan menekan Windows bersamaan dengan R. Tekan Enter agar jendela DXdiag terbuka.
  • Jendela DXdiag akan segera terbuka dn memunculkan berbagai informasi spek yang akurat. Tab system akan menampilkan data yang lengkap mencakup informasi ram, sistem operasi, dan prosesor.
  • Tab display akan menunjukkan informasi terperinci tentang kartu grafis serta semua hal yang berkaitan dengan layar laptop.

Baca juga :  Cara Mengatasi IC Bios Rusak Dengan Mudah

Cobalah cara cek spek laptop yang paling mudah bagi Anda. Jika Anda berencana untuk mengecek spek laptop yang akan Anda beli, Anda bisa memilih cara yang lebih mudah tanpa tambahan aplikasi apapun. Cara-cara tersebut tampak lebih sederhana tapi mampu menunjukkan informasi yang spesifik.

 

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!