Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Cara Melihat Password Wifi di HP yang Sudah Connect

3 min read

Cara Melihat Password Wifi di HP yang Sudah Connect

Siapa yang tidak kenal dengan teknologi Wifi? Pasti hampir semua mengenal teknologi yang memungkinkan transfer data secara nirkabel ini. Bahkan saat ini, setiap gadget keluaran terbaru selalu kompatibel dengan wifi. Apalagi saat ini wifi telah mencapai generasi ke 6. Dengan segala fitur dan keamanan yang lebih canggih. Namun bagaimana jadinya jika kita lupa password wifi kita? Kita bisa melihatnya loh, bahkan hanya menggunakan HP. Berikut ini cara melihat password wifi di hp yang sudah connect atau cara mengetahui password wifi yang sudah tersambung.

Cara Melihat Password Wifi di HP yang Sudah Connect

Pada saat kita menghubungkan perangkat ke wifi, termasuk smartphone, perangkat kita tersebut menyimpan informasi seperti nama SSID, password, IP, dan sejenisnya. Inilah yang menyebabkan kita bisa terhubung ke wifi secara langsung yang pernah kita sambungkan sebelumnya. Meskipun kita mematikan HP, ataupun merestartnya. Selama informasi wifi tidak diganti dan HP tidak direset, maka informasi akan tetap tersimpan.

Namun tidak banyak yang mengetahui hal itu. Bahkan banyak pemilik wifi yang sering lupa password miliknya. Sehingga ketika ada teman atau tetangga yang bertanya password kepadanya akan kebingungan.

Berikut ini adalah beberapa cara melihat password wifi di HP yang sudah connect. Seperti judulnya, maka syarat yang utama adalah sudah tersambung wifi. Jika sudah tersambung, maka silahkan simak caranya di pembahasan berikut ini.

1.  Cara Mengetahui Password Wifi Yang Sudah Tersambung Melalui Halaman Admin Panel

Ini adalah cara melihat wifi di HP paling mudah. Yakni dengan masuk ke halaman admin panel wifi. Pada cara ini tidak diperlukan aplikasi khusus atau file tambahan lainnya. Yang dibutuhkan adalah sebuah web browser. Bisa menggunakan Chrome atau aplikasi browser bawaan Smartphone.

Baca Juga:

Pada kolom alamat (address bar) silahkan masukkan IP modem yang digunakan. Semisal modem merk ZTE F609 milik Indihome, menggunakan IP 192.168.1.1, atau Huawei 45H5 dengan IP 192.168.100.1, untuk tipe router lainnya biasanya bisa cek IP loginnya di belakang perangkat masing-masing.

Setelah masuk ke login page admin panel, selanjutnya ialah masuk ke panelnya. Beberapa router menggunakan username default admin dan password default admin. Jika tidak mengetahuinya, sebaiknya tanyakan ke teknisi atau customer service ISP wifi yang digunakan.

Silahkan masuk ke bagian yang biasa digunakan mengganti password. Untuk ZTE bisa masuk ke menu Network > WLAN > Security. Sesuaikan dengan modem yang digunakan.

Pada menu tersebut akan akan passwordnya yang disembunyikan dengan titik-titik, atau tanda bintang-bintang. Klik tanda mata atau centang kotak di samping kolom password tersebut. Maka password akan terlihat jelas.

2.  Melihat Password Wifi menggunakan QR Code (untuk Android 10 ke atas)

Cara melihat password wifi selanjutnya ialah dengan menggunakan QR Code. Disini diperlukan setidaknya 2 buah HP. Dimana HP pertama yang sudah tersambung wifi dan yang kedua akan digunakan sebagai QR Scanner. Atau jika tidak ingin menggunakan sua HP, maka perlu mengunduh dan menginstall aplikasi QR Scanner di Playstore.

Pada Android versi 10, tersedia fitur share connection atau berbagai koneksi melalui QR Code. Dimana nantinya siapapun yang melakukan scan pada QR tersebut akan mengetahui password dan bisa terhubung tanpa harus mengetik passwordnya.

Caranya adalah, untuk HP yang sudah terhubung wifi, masuk ke menu setelan wifi atau tahan icon WiFi pada bagian atas bilah notifikasi. Selanjutnya pada nama wifi yang sudah terhubung akan ada tulisan klik untuk berbagi. Silahkan klik nama wifi tersebut.

NAntinya akan muncul QR Code yang berisi nama SSID dan Password Wifi. Untuk melihatnya bisa dilakukan scanning menggunakan aplikasi QR Scanner yang terdapat pada HP Android.

Bisa dengan scanning menggunakan dua buah HP atau bisa 1 hp yang sama dengan cara screenshot QR Code tadi dan upload di aplikasi QR Scanner. Namun pastikan bahwa aplikasi tersebut support untuk upload gambar. Sebab ada beberapa aplikasi yang tidak support upload gambar dan hanya mendukung scan secara langsung dengan kamera alias LIve Scan.

3. Cara Mengetahui Password Wifi Yang Sudah Tersambung dengan Aplikasi FX File Explorer

FX File explorer sendiri merupakan aplikasi yang berguna untuk membuka folder-folder penyimpanan. Lalu apa bedanya dengan aplikasi penyimpanan yang ada secara default pada HP? Bedanya adalah aplikasi FX FIle Explorer ini mampu masuk ke dalam file sistem. Bahkan apabila HP sudah root bisa mengedit isi filenya.

Nah, sebagaimana saya katakan di awal, bahwa semua informasi wifi ini tersimpan di memori smartphone, maka pada cara ini kita bisa melihat informasi tersebut menggunakan bantuan FX Explorer.

Caranya setelah masuk aplikasi FX explorer, silahkan masuk ke folder Android. Maka akan ada beberapa folder yang mungkin sangat ambigu dan tidak dimengerti. Itu adalah folder yang membangun sistem Android. Seandainya hilang salah satu, maka bisa dipastikan terjadi eror pada operasi sistem.

Baca Juga : Cara Reset Router Indihome Dengan Mudah

Lanjut masuk ke folder data, lalu pilih folder misc, dan pilih lagi folder wifi. Silahkan cari file dengan nama wpa_supplicant.conf dan klik buka. Disana akan terpampang nama wifi, password dan beberapa informasi mengenai wifi tersebut.

Cara ini juga dapat dilakukan dengan aplikasi file eksplorer lainnya yang mampu masuk ke dalam file sistem. Semisal ES File Xplorer dan sejenisnya. Namun beberapa aplikasi terkadang meminta akses root, jika HP belum di root terkadang akan terjadi kesalahan dan tidak dapat masuk ke folder sistem.

4.  Cara Mengetahui Password Wifi dengan Aplikasi Password Recovery

Car selanjutnya ialah dengan menggunakan aplikasi Password Recovery yang bisa diunduh di Playstore. Dengan aplikasi ini kita bisa tahu password yang tersimpan di HP kita.

Caranya tinggal unduh dan instal aplikasi Password Recovery di Play Store. Kemudian jalankan aplikasi tersebut. Biasanya akan ada permohonan akses root, klik izinkan saja. Setelah berhasil masuk, maka akan terlihat daftar SSID dan Wifi yang pernah kita sambungkan sebelumnya.

5.  Melihat Password Wifi di HP Menggunakan Wifi Password Viewer

Cara pada poin ini hampir sama dengan poin sebelumnya. Hanya berbeda aplikasi yang digunakan saja. Yakni menggunakan aplikasi bernama Wifi Password Viewer. Yang mana aplikasi ini bisa diunduh dan diinstal melalui Google Play Store.

Caranya ialah dengan membuka aplikasi Wifi Password Viewer yang sudah terinstal. Setelahnya akan terpampang berbagai SSID dan Password dari wifi yang pernah kita sambung sejak awal hingga saat ini.

Dengan menggunakan bantuan aplikasi di atas kita bisa dengan mudah menemukan password wifi milik kita. Namun jangn lupakan bahwa syarat yang paling utama adalah harus tersambung dengan wifi. Bukan cuma pernah tersambung, tapi juga harus tersambung.

Akhir Kata

Demikian pembahasan tentang cara melihat password wifi di HP yang sudah connect atau Cara Mengetahui Password Wifi Yang Sudah Tersambung. ikuti terus artikel menarik lainnya seperti  Cara Membobol WiFi Dengan HP Android Dan Laptop dan Cara Reset Router Indihome Dengan Mudah . terima kasih telah berkunjung ke blog literacy militer. Semoga artikel yang kami sampaikan bermanfaat untuk yang lupa dengan sandi wifinya.

 

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!