Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Cara Membersihkan Sampah di Laptop

3 min read

https://translate.google.com/translate?u=https://en.wikipedia.org/wiki/Laptop&hl=id&sl=en&tl=id&client=srp&prev=search

Para pemilik laptop harus selalu siap melakukan pemeliharaan yang baik terhadap laptop yang dimiliki. Salah satu pemeliharaan adalah dengan menghilangkan file sampah yang tersimpan di laptop. Tahukah Anda cara membersihkan sampah di laptop ? Kenapa file sampah perlu dibuang dari laptop?

File sampah yang menumpuk di laptop akan memperlambat kinerja laptop. Membersihkan atau membuang file tersebut secara teratur akan membantu menjaga performa laptop tetap maksimal. File sampah itu sendiri hadir dalam berbagai jenis dan semuanya mampu mempengaruhi kemampuan laptop.

Cara Membersihkan Sampah di Laptop

Temporary file yang berasal dari sisa uninstall aplikasi, file yang menumpuk di recycle bin, serta file cache adalah beberapa jenis dari file sampah yang akan mempengaruhi performa komputer. Bagaimana Anda bisa menghapus atau membuang semua file sampah tersebut? Berikut beberapa pilihan cara:

Baca Juga : Cara Mengunci Dan Menyembunyikan Aplikasi Di HP Vivo

  1. Menggunakan Disk Cleanup untuk membersihkan sampah

Disk Cleanup bukanlah aplikasi pihak ketiga. Dengan memanfaatkan aplikasi bawaan ini, proses penghapusan sampah dari laptop pun menjadi lebih mudah dan praktis untuk dilakukan. Ikuti petunjuk berikut untuk menggunakan Disk Cleanup:

Baca Juga:
  • Jalankan File Explorer dengan membukanya langsung dari taskbar desktop atau dengan memencet tombol Windows dengan tombol E
  • Tentukan local disk atau partisi yang akan Anda bersihkan secara menyeluruh. Misalnya jika Anda ingin membersihkan sampah di local disk C, klik kanan partisi
  • Klik pada pilihan Properties di posisi paling bawah. Akan muncul jendela Properties dengan banyak tab dan pilihan menu. Buka tab General dan temukan pilihan Disk Cleanup.
  • Klik pada Disk Cleanup kemudian tunggu aplikasi ini untuk menghitung file sampah yang bisa Anda buang dari laptop.
  • Setelah semua file yang bisa dihapus terhitung jumlahnya, klik semua file untuk dihapus lalu klik OK. Tunggu sampai seluruh proses pembersihan selesai.

Mudah sekali kan? Anda tidak harus menghabiskan kuota internet untuk mengunduh software pihak ketiga hanya untuk membersihkan semua file tidak berguna yang berada di laptop. Selain itu masih ada berbagai cara membersihkan sampah di laptop lain yang bisa Anda coba.

  1. Memanfaatkan fitur Search untuk membuang file sampah

Kedua cara ini sebenarnya tidak terlalu berbeda satu sama lain. Fungsinya pun juga sama yaitu membuang sampah yang bertumpuk di laptop berdasarkan drive atau local disk. Berikut langkah lengkap menggunakan Search untuk menjaga performa laptop tetap maksimal:

  • Pada kolom pencarian di taskbar atau start menu, ketikkan Disk Cleanup. Klik pada pilihan aplikasi yang muncul lalu tunggu hingga muncul jendela Disk Cleanup:Drive Selection. Pilihan ini tidak akan muncul apabila partisi di laptop Anda hanya ada satu.
  • Pilih salah satu drive yang akan dibersihkan dari berbagai file sampah. Kemudian klik OK.
  • Tunggu hingga seluruh file sampah ditampilkan di jendela tersebut. Centang seluruh file sampah yang akan Anda hapus. Klik OK untuk memberikan konfirmasi penghapusan file.

Jika partisi drive Anda hanya ada satu, local disk C saja misalnya, Disk Cleanup akan langsung menghitung file sampah yang bisa dibuang. Kemudian Anda tinggal menentukan file mana saja yang akan dibuang dari partisi atau local disk tersebut.

  1. Melakukan penghapusan file sampah melalui fitur Run

Fitur Run juga merupakan fitur bawaan yang sudah melekat pada komputer dengan sistem operasi Windows. Menghapus file tidak berguna dari laptop menggunakan fitur ini sangatlah praktis. Anda hanya perlu mengikuti petunjuk berikut ini untuk memanfaatkan fitur Run:

  • Pencet tombol Windows dan R bersamaan agar jendela Run terbuka. Setelah jendela tersebut terbuka, ketik temp pada bagian Open.
  • Perintah ini akan membuka jendela File Explorer dan memperlihatkan semua folder Temp. pilih seluruh folder yang ditampilkan lalu tekan tombol Delete.
  • Setelah semua terhapus, buka lagi jendela Run tapi kali ini ketik %temp% sampai jendela File Explorer terbuka lagi.
  • Hapus kembali semua file yang berada di jendela tersebut. Selanjutnya, buka recycle bin lalu hapus permanen seluruh file yang berada di sana.

Tiga cara membersihkan sampah di laptop ini merupakan yang paling praktis dan gratis. Meskipun demikian, ada berbagai cara lain yang bisa dicoba untuk melenyapkan file sampah yang tidak berguna dari laptop. Misalnya dengan menggunakan aplikasi tambahan dari pihak ketiga.

  1. Membuang file sampah menggunakan CCleaner

Software tambahan untuk menghilangkan sampah ada banyak sekali jenisnya. Salah satunya adalah CCleaner yang sudah digunakan oleh banyak pengguna laptop. Software ini bahkan sanggup menghapus berbagai file duplikat dari laptop Anda. Berikut cara memanfaatkan software khusus ini:

  • Unduh lalu pasang software CCleaner pada laptop Anda.
  • Jalankan software CCleaner yang sudah terinstall.
  • Buka tab Cleaner kemudian klik Run CCleaner, posisi tombol ini ada di bagian pojok kanan bawah jendela aplikasi.
  • Pada jendela konfirmasi, klik Continue untuk melanjutkan penghapusan file yang tidak berguna.
  • Software ini akan memulai proses scanning. Selama proses ini berjalan, Anda perlu memberikan konfirmasi ulang untuk masing-masing program yang ingin Anda bersihkan.
  • Tunggu hingga proses pembersihan laptop dari file sampah benar-benar selesai. Buka tab registry yang berada di sebelah kiri untuk membersihkan file registry.
  • Klik Scan kemudian tunggu lagi hingga proses scanning berhenti lalu klik Fix Selected.

Agak lebih rumit dari cara-cara sebelumnya ya? Software ini dirancang untuk menyapu seluruh file tidak berguna secara menyeluruh. Jadi wajar saja kalau penggunaannya pun sedikit lebih ribet dari cara yang biasa sewaktu membersihkan file sampah menggunakan aplikasi bawaan Windows.

  1. Membersihkan laptop menggunakan AVG Tune Up

Software lain untuk menjaga laptop tetap bersih dari file-file tidak berguna adalah AVG Tune Up. software ini bahkan bisa membantu mengoptimasi kinerja laptop Windows serta menjaga agar daya tahan baterai laptop tetap hemat. Bagaimana cara menggunakannya?

  • Unduh software AVG Tune Up lalu install di laptop. Buka aplikasi.
  • Beberapa pilihan akan muncul di jendela aplikasi ini. pilih menu Free Up Space.
  • Tunggu beberapa saat selama software ini menjalankan proses scanning. Setelah scanning selesai, klik System Cache & Logs. Lalu klik pilihan Show kemudian pilih Clean.

Baca Juga : Cara Mengembalikan File Terhapus

Lebih simpel daripada CCleaner bukan? Aplikasi ini bahkan lebih menarik daripada CCleaner. AVG Tune Up menyediakan fitur penjadwalan untuk pembersihan sampah di laptop Anda. Jadi software ini bisa memindai file sampah sesuai dengan jadwal yang telah Anda tentukan.

Apapun cara membersihkan sampah di laptop yang Anda pilih, pastikan Anda melakukannya secara rutin dan teratur. Menunda pembersihan file tidak berguna yang ada di laptop hanya akan membuatnya semakin menumpuk sehingga mengakibatkan laptop Anda semakin menyebalkan karena lambat.

Gunakan aplikasi bawaan yang lebih sederhana namun efektif jika laptop Anda tidak memiliki cukup ruang untuk software tambahan dari pihak ketiga.

Akhir Kata 

Demikianlah sobat tips dan bagaimana cara membersihkan sampah di laptop, selamat mencona dan semoga bermanfaat.

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!