Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Cara Membuat VPS di Google Cloud Form

3 min read

Cara Membuat VPS di Google Cloud Form

Cara Membuat VPS di Google Cloud Form – Kalian seorang Blogger dengan traffik web super ramai seperti blog militer ini, hihihihi. Becanda ya gan karena blog ini masih unyu – unyu kayak pana penulisnya.

Nah kembali ke permasalahan ya, bahwa dengan web yang sangat ramai maka kalian memerlukan tempat penyimpanan data serta keamanan yang lebih jika dibandingkan dengan web sebelum traffick membuldak.

Cara Membuat VPS di Google Cloud Form

Sebelum kita masuk ke tutorial bagaimana cara membuat VPS di google cloud form, maka kita harus mengenal lebih dahulu apa itu VPS dan bagaimana fungsinya.

 VPS  ( Virtual Private Server )

Virtual Private Server (VPS) adalah server pribadi yang keseluruhan sumbernya hanya digunakan oleh satu pengguna dan tidak dipengaruhi oleh pengguna lain. Pengguna dapat sepenuhnya mengelola semua konfigurasi dan sumber yang tersedia di VPS dan melakukan apa pun yang mereka inginkan.

Teknologi yang digunakan VPS adalah virtualisasi perangkat keras server fisik yang kemudian dibagi menjadi beberapa sumber yang berbeda.

Baca Juga:

virtual karena pembagian ini dilakukan dengan menggunakan software sehingga dalam satu server fisik bisa ada beberapa VPS yang berjalan.

Baca Juga : Cara Membuat Google Form di HP Dengan Mudah

Masih Bingung ? Sama dong hiihihi. Begini ilustrasinya,  jika diibaratkan perumahan, maka server fisik adalah sebuah kompleks dan VPS adalah rumah yang Anda tinggali.

Ruang-ruang di dalam rumah, seperti tempat parkir, ruang tamu, kamar tidur, dapur, taman, dan sebagainya, digambarkan sebagai Random Access Memory (RAM), Central Processing Unit (CPU), ruang disk, dan bandwidth. Rumah dan kamarnya tidak terpengaruh oleh rumah lain. Segala bentuk aktivitas hanya bisa dilakukan di rumah.

Fungsi Virtual Private Server

Ada berbagai fungsi VPS yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan kinerja web atau bisnis yang Anda kelola. Layanan VPS dapat digunakan untuk berbagai hal.

Berikut adalah tujuh fungsi VPS :

  • Mengakomodasi Lalu Lintas Super Tinggi
  • Sebagai Situs Hosting Skala Kecil
  • Penyimpanan File Hosting
  • Desktop Jarak Jauh
  • Sebagai VPN
  • Server Percobaan ? Trial Server ?
  • Cadangan Pribadi

Ada beberapa kegunaan VPS secara umum, yaitu menghindari potensi ketegangan domain saat lalu lintas situs sangat sibuk.

VPS sangat membantu Anda penyedia layanan pembuatan situs atau developer. Mengelola VPS memungkinkan Anda mengontrol situs klien Anda secara maksimal.

Sementara itu, penggunaan VPS menjadi semakin penting karena banyak perusahaan menerapkan sistem kerja dari rumah akibat pandemi COVID-19. Anda dapat menggunakan VPS sebagai desktop jarak jauh. Anda dapat menggunakan komputer atau server Anda dari jarak jauh dengan kontrol yang sama seperti saat Anda bekerja di kantor.

Baca Juga :

Selanjutnya, VPS dapat bertindak sebagai Virtual Private Network atau VPN. VPN ini memberikan akses kepada orang-orang tertentu untuk dokumen rahasia di dalamnya. Jadi, perusahaan dapat tetap terhubung untuk mengerjakan proyek-proyek penting meskipun staf berada di lokasi kerja yang berbeda.

Langkah demi Langkah Membuat VPS di Google Cloud

1. Registrasi . Ini kali kita akan ulas langkah membuat VPS di GCP (Google Gloud Basis). Pada GCP VPS disebutkan dengan Google Compute Engine. Pertama kita harus registrasi dahulu ke GCP dan memasukkan sistem pembayaran. Sesudah sukses lakukan proses register kita akan diberi free $300 kredit yang dapat kita pakai untuk beragam service yang dijajakan GCP.

2. Create Compute Engine. Seterusnya , pada Home Screen GCP, navigate pada menu COMPUTE > COMPUTE ENGINE > VM Instances, Kemudian pada halaman VM Instances, click CREATE VM INSTANCE, saran nama instance yang diharapkan, Region , Machine Tipe dan sudah pasti OS yang hendak dipakai. Untuk Region saya tentukan yang paling dekat (Singapore),

3.  Machine Configuration memakai General Purpose > Seri N1 > Tipe n1-standard-1OS yang saya pakai ialah Debian GNU/Linux 10 (Buster). Janganlah lupa VPS ini akan memakai free trial creadit yang kita peroleh di atas. Bila dilihat pada daftar pricing GCP untuk region Singapore(asia-southeaast1), Machine tipe n1-standard-1 dengan 1 CPU, 3.7GB memori, dengan harga $24.94/bulan-nya, hingga untuk penggunaan sepanjang 12 bulan (satu tahun) sekitaran $299.28 ~ $300 . Maka telah cocok sekali kalau keperluanya cuman untuk VPS.

4.  Sesudah VPS sukses di-create, kita akan menyaksikan instance yang kita bikin pada halaman VPS Instances,                             kemudianAkses remote instance Compute Engine memakai gcloud.

Nach ditahap ini kita telah sukses membuat instance Compute Engine pada GCP, saat ini kita akan coba akses SH di               dalam instance yang kita bikin dengan memakai gcloud (part of Google Cloud SDK). Untuk cara install gcloud, bisa                 disaksikan di sini :

  • Install Google Cloud SDK di Windows 10
  • Membuka gcloud , lakukan perintah berikut,

gcloud compute ssh example-instance,tukar example-instance dengan instance name yang kita bikin awalnya.
Akses remote instance Compute Engine memakai SSH Klien, Saat ini kita akan generate privat key untuk terhubung instance yang sudah kita bikin. Membuka puttygen, dan click generate, nantikan sampai process usai.Seterusnya, saran (bebas terserah opsi masing-masing)
username,
sandi

5.  click save privat key, kemudian tujukan pada folder di mana kita ingin simpan privat key itu.
6.  Copy privat key untuk seterusnya kita tambah di dalam Metadata Compute Engine GCP.
Seterusnya masuk ke Compute Engine Metadata di sini, dan click ubah, paste SSH key yang awalnya dicopy dan click save.

Seterusnya pada program SSH Klien seperti moba xterm atau putty kita bisa memakai priate key yang ada dalam komputer kita (tahap no 4 di atas). Berikut misalnya pada moba xterm,

Akhir Kata

Nach dengan menyelesaikan pembahasan diatas (Cara Membuat VPS di Google Cloud Form) maka kalian telah Intance Compute Engine lewat SSH Klien. Demikian dan terima kasih. denagn

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!