Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Cara Membuat WA / WhatsApp

3 min read

bagaimana cara membuat wa / whatsapp

Kemajuan teknologi yang sangat cepat khususnya di bidang Informasi dan Komunikasi memang telah merubah kebiasaan hidup manusia. dan salah satu contok kemajuan tersebut adalah hadirya aplikasi – aplikasi yang memudahkan kita untuk terhubung dengan orang lain salah satunya adalah WA /WhatsApp. Lalu Bagaimana sih cara Membuat WA/ WhatsApp ? ini dia langkah – langkahnya.

Baca Juga:

Cara Membuat WA / WhatsApp

Cara membuat WA dapat dilakukan dengan menggunakan nomor telepon dan tanpa menggunakan nomor telepon. Aplikasi ini sudah sangat populer di kalangan masyarakat mulai dari anak sekolah hingga orang dewasa.

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan mengenai aplikasi WA dan bagaimana cara membuat WA baik menggunakan nomor telepon maupun tanpa nomor telepon. Berikut ini penjelasannya.

Baca Juga:

Apa itu Aplikasi WhatsApp (WA) ?

Aplikasi WhatsApp atau yang biasa disingkat dengan WhatsApp  ini adalah aplikasi untuk mengirim pesan secara online. WA saat ini banyak digunakan oleh masyarakat untuk berkomunikasi dengan pengguna lainnya.

Baca Juga : Cara sadap wa

Aplikasi WA memiliki fungsi yang hampir sama dengan SMS. Yang menjadi perbedaanya adalah jika SMS menggunakan pulsa, sedangkan WA menggunakan data internet.

Fitur Yang Ada Di Aplikasi WA

Banyak orang yang sudah beralih dari SMS ke aplikasi WhatsApp untuk berkomunikasi dengan orang lain. Tentunya dikarenakan banyak fitur yang dapat digunakan pada aplikasi ini.

Berikut fitur-fiturnya:

  1. Melalui aplikasi ini, Anda bisa bertukar pesan dengan mengirim pesan teks maupun pesan suara atau biasa disebut dengan voice note,
  2. Mengirim gambar atau foto yang diambil dari galeri maupun langsung menggunakan kamera yang ada pada aplikasi WA
  3. Mengirim video dari galeri ataupun dari kamera WA langsung
  4. Melakukan panggilan telepon
  5. Video call
  6. Mengirim dokumen-dokumen kantor, sekolah, dan lainnya.
  7. Berbagi lokasi melalui GPS
  8. Berbagi kontak telepon
  9. Aplikasi ini juga menyediakan beberapa emoji dan stiker

Manfaat Aplikasi WhatsApp

Berikut beberapa manfaatnya:

  1. Sebagai alat komunikasi

Dengan adanya aplikasi WhatsApp ini menjadikan kita lebih mudah untuk berkomunikasi dengan orang lain di berbagai tempat. Tidak hanya berkomunikasi dengan mendengarkan suara saja, tetapi melalui aplikasi WA ini kita juga bisa melihat wajah orang yang sedang kita hubungi. Sehingga komunikasi pun menjadi lebih baik.

  1. Dapat digunakan untuk berbagi lokasi

Kita dapat berbagi lokasi dengan pengguna lainnya, misal untuk mengetahui lokasi pengguna tersebut sedang berada dimana.

  1. Sebagai media bertukar informasi

Melalui WA kita bisa dapat saling berbagi informasi-informasi yang menarik. Biasanya informasi ini akan dibagikan oleh pengguna WA di fitur status.

  1. Aplikasi Whatsapp bisa digunakan untuk berbisnis

Salah satu manfaat WA yang sangat baik adalah bisa digunakan sebagai sarana melakukan bisnis. Untuk Anda yang sedang menjalankan bisnis, Anda bisa mencoba untuk mengembangkan bisnis Anda melalui aplikasi ini. Anda bisa mempromosikan bisnis Anda melalui fitur status yang tersedia pada aplikasi ini.

Kelebihan Aplikasi WA

1. Tersedia fitur backup chat

Anda bisa menyimpan pesan dalam kurun waktu tertentu. Sehingga sewaktu-waktu Anda dapat melihat kembali pesan yang sudah dikirimkan beberapa waktu yang lalu.

2. Tidak memakan banyak baterai

Aplikasi ini tidak memakan baterai yang banyak, dapat dikatakan bahwa aplikasi ini lebih irit baterai ketika digunakan.

3. Terdapat fitur “batalkan pengiriman pesan”

Jika suatu ketika Anda mengirimkan pesan kepada orang yang salah, maka Anda dapat memanfaatkan fitur “batalkan pengiriman pesan”. Sehingga pesan yang Anda kirim akan dihapus. Namun, fitur ini hanya tersedia hingga 30 menit setelah Anda mengirimkan pesan. Setelah itu, pesan tidak dapat dibatalkan.4. Terjaminnya keamanan data pribadi

Aplikasi ini menjamin keamanan data pribadi penggunanya. Sehingga, Anda tidak perlu mengkhawatirkannya.

Baca Juga : Bagaimana Cara Melihat Status WA Tanpa Diketahui Pemiliknya ?

Kekurangan Aplikasi WA

1. Boros kuota

WhatsApp belum menjamin kuota yang hemat ketika kita menggunakan aplikasi ini.Harus memiliki koneksi internet

Jika Anda tidak memiliki koneksi internet maka aplikasi ini tidak dapat digunakan untuk bertukar pesan.

2. Tidak bisa melakukan video call (VC) pada WA Web

Untuk saat ini, aplikasi ini belum bisa menyediakan fitur video call menggunakan aplikasi yang tepasang di web atau di komputer/laptop.

Bagi Anda yang belum mengetahui cara membuat WhatsApp, berikut saya akan menjelaskan caranya. Ada dua cara yang bisa digunakan, yaitu dengan menggunakan nomor telepon, dan tanpa menggunakan nomor telepon. Yuk langsung saja disimak di bawah ini.

Cara membuat WhatsApp menggunakan nomor telepon

  1. Pastikan Anda memiliki nomor telepon yang masih aktif. Karena nomor telepon ini akan digunakan untuk menerima SMS kode verifikasi WA. Jika nomor Anda sudah tidak aktif atau, maka tentu saja Anda tidak dapat menerima kode ini.
  2. Jika Anda belum memiliki aplikasi WhatsApp (WA) pada smartphone Anda, cara berikutnya yang perlu dilakukan adalah menginstall aplikasi WA terlebih dahulu. Anda dapat menginstallnya melalui Google Play Store (bagi pengguna Android) atau App Store (bagi pengguna Iphone).
  3. Jika sudah berhasil diinstal, buka aplikasi WA tersebut. Ketika aplikasi dibuka, Anda akan menjumpai halaman pertama bertuliskan “Selamat datang di WhatsApp”. Klik tombol “Setuju dan Lanjutkan”.
  4. Setelah itu Anda akan dibawa masuk ke halaman verifikasi nomor telepon. Masukkan nomor telepon Anda yang masih aktif ke kolom nomor telepon. Kemudian klik “Lanjut” di bagian paling bawah.
  5. Tunggu beberapa saat hingga Anda mendapat 6 digit kode verifikasi yang akan dikirimkan melalui SMS.
  6. Jika sudah mendapatkan, kalian bisa langsung menuliskan kode tersebut pada kolom kode verifikasi.
  7. Akun WA sudah siap digunakan.

Setelah selesai membuat akun WhatsApp,  langkah selanjutnya Anda bisa mengubah username dan foto profil menggunakan foto pribadi Anda atau menggunakan gambar yang Anda inginkan. Selain itu, Anda juga bisa membuat status. Status ini bisa berupa foto, video, dan tulisan. Kemudian yang terkahir Anda bisa mengubah pengaturan privasi sesuai dengan yang Anda inginkan.

Mungkin beberapa orang juga pernah bertanya, bagaimana jika tidak memiliki nomor telepon yang masih aktif atau sudah hangus? Lalu apakah bisa membuat WA tanpa menggunakan nomor telepon?

Berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara membuat Whats App  tanpa menggunakan nomor telepon.

Cara membuat WhatsApp tanpa menggunakan nomor telepon

Pada umumnya membuat WhatsApll memang menggunakan nomor telepon yang masih aktif. Namun, bagi Anda yang tidak memiliki nomor telepon aktif, Anda juga bisa mendaftar WA menggunakan nomor telepon palsu yang sudah dibuat oleh beberapa aplikasi.

Untuk mendapatkan nomor telepon palsu ini, Anda perlu mendownload aplikasi penyedia nomor palsu melalui Play Store (bagi pengguna Android) atau App Store (bagi pengguna iphone)

Berikut ini langkah-langkahnya.

  1. Download aplikasi nomor hp palsu gratis yang tersedia di Play Store atau App Store. Misalnya aplikas yang saya download bernama 2ndLine.
  2. Setelah selesai proses download, buka aplikasi tersebut. Kemudian Anda perlu mendaftarkan alamat e-mail yang masih aktif.
  3. Jika sudah, kalian ikuti semua langkahnya untuk mendapatkan nomor telepon palsu ini.
  4. Anda bisa memilih nomor telepon yang diinginkan
  5. Nomor telepon dapat digunakan untuk membuat WA.

Namun, bagi Anda yang ingin mendapatkan kode verifikasi yang dikirimkan oleh aplikasi WA, sebaiknya Anda menggunakan nomor telepon biasa. Ini dikarenakan nomor palsu sulit untuk menerima SMS.

Itulah cara membuat WhatsApp menggunakan nomor telpon dan tidak menggunakan nomor telepon. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu. Selain WA, ada juga beberapa aplikasi lain yang digunakan oleh masyarakat untuk berkomunikasi, misalnya seperti Telegram dan Line. Selamat mencoba!

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!