Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Cara Menambah RAM Laptop

3 min read

bagaimana Cara Menambah RAM Laptop

Ketika laptop mulai menjadi lambat atau lemot, emosi penggunanya pun semakin bergejolak, terlebih jika ada deadline yang harus segera dipenuhi. Jika laptop Anda mengalami kendala serupa, Anda mungkin perlu memahami cara menambah ram laptop untuk meningkatkan performa atau kinerja laptop Anda.

Sebenarnya, performa laptop yang menurun bisa diakibatkan oleh software yang terlampau berat, VGA yang kurang memadai, virus, atau permasalahan lainnya. Tetapi seringkali, laptop yang mengalami kelambatan disebabkan oleh masalah pada Random Access Memory. Bagaimana cara mengatasinya?

Cara Menambah RAM Laptop

Salah satu solusi untuk mengatasi performa laptop yang menurun adalah dengan menambahkan RAM. Memberikan RAM tambahan pada komputer memang sangat mudah untuk dilakukan, tetapi bagaimana dengan menambahkan RAM di laptop? Ada beberapa langkah untuk menambahkan RAM pada laptop.

  1. Memastikan terdapat slot khusus pada laptop untuk RAM tambahan

Sebelum membeli RAM untuk laptop, sangat disarankan untuk melakukan pengecekan terhadap laptop terlebih dahulu dan memastikan ada tidaknya slot khusus untuk RAM tambahan. Buka bagian bawah dari laptop Anda untuk mengetahui apakah Anda bisa menambahkan RAM pada laptop.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Iklan di Laptop

Baca Juga:

Jika terdapat satu slot yang tidak berisi RAM, maka laptop tersebut bisa Anda lengkapi dengan RAM tambahan. Tetapi jika slot yang tersedia hanya satu buah dan sudah berisi RAM, Anda hanya bisa mengganti RAM tersebut dengan RAM lain yang kapasitasnya lebih besar, bukannya menambahkan.

  1. Memastikan slot RAM bisa dilepas

Setelah melakukan pengecekan terhadap ada tidaknya ruang untuk RAM baru, Anda perlu memeriksa apakah slot RAM yang ada tidak dipasang secara permanen pada laptop. Jika slot tersebut terpasang permanen pada laptop, Anda tidak bisa menggantinya dengan RAM lebih besar.

Slot RAM permanen merupakan salah satu strategi pemasaran perusahaan laptop tersebut agar Anda tidak bisa mengganti RAM yang sudah terpasang dengan RAM lain yang ukurannya lebih besar sehingga satu-satunya jalan tersisa yang bisa Anda lakukan adalah dengan membeli laptop baru.

  1. Melakukan pengecekan terhadap kompatibilitas laptop Anda

Cara menambah RAM laptop selanjutnya adalah memilih RAM yang benar-benar sesuai dengan laptop Anda. Tidak semua laptop bisa menggunakan sembarang spare part. Selain itu, belum tentu laptop Anda mampu menerima tambahan RAM yang kapasitasnya lebih besar dari RAM yang ada.

Jadi, pastikan Anda mencari tahu jenis spare part apa saja yang bisa Anda gunakan untuk memperbaiki performa laptop Anda. Setelah itu barulah Anda bisa mulai memilih jenis serta ukuran RAM yang cocok untuk laptop tersebut. Anda juga bisa mulai berbelanja spare part untuk laptop.

  1. Menentukan jenis dan ukuran RAM tambahan untuk laptop

RAM hadir dalam berbagai jenis. Pastikan Anda memahami jenis RAM yang terpasang di laptop serta ukurannya. Jika Anda berencana menambahkan RAM, sangat disarankan untuk menggunakan RAM yang ukurannya sama dengan RAM bawaan yang sudah terpasang di dalam laptop Anda.

Sebagai contoh, jika laptop Anda memiliki RAM berkapasitas 4GB, tambahkan RAM dengan ukuran yang sama yaitu 4GB. Jangan lupa untuk membeli RAM yang transfer rate serta merknya sama dengan yang dimiliki oleh RAM yang sudah ditanamkan oleh perusahaan laptop ke laptop Anda.

  1. Menambahkan RAM virtual sebaliknya daripada RAM fisik

Bagi Anda yang benar-benar perlu menambahkan RAM baru pada laptop tetapi dana belum mendukung keputusan ini, menambahkan Ram virtual merupakan pilihan yang tepat. Sayangnya, hal ini berarti mengorbankan kapasitas hard disk yang dimiliki oleh laptop Anda.

Untuk menambahkan RAM virtual pada laptop Anda, pastikan partisi tertentu memiliki kapasitas yang kosong yang bisa dimanfaatkan sebagai RAM virtual. Berikut ini adalah beberapa langkah mudah yang bisa Anda ikuti untuk menciptakan RAM virtual di laptop:

  • Buka File Explorer dengan menekan tombol Windows beserta tombol E secara bersamaan.
  • Masuk ke layar My Computer pada laptop Anda. Jika nama yang ditunjukkan bukan My Computer, pilih partisi yang ditandai dengan (C:).
  • Klik kanan pada partisi (C:) tersebut kemudian pilih menu Properties. Selanjutnya, pilih menu advanced system setting.
  • Berikutnya, masuk ke pilihan setting dan lanjutkan ke tabel performance. Anda kemudian akan masuk ke bagian performance options. Pada bagian tersebut, pilih menu advanced.
  • Pada bagian tabel yang disebut virtual memory, pilih menu change kemudian hapus centang yang terdapat di bagian automatically managing paging size for all drives.
  • Tentukan partisi yang ingin Anda gunakan untuk tambahan virtual memory kemudian tentukan jumlah yang akan digunakan. Sebagai contoh, gunakan 4000 MB untuk bagian initial size kemudian isikan 8000 MB untuk bagian maximum size.
  • Klik OK kemudian lakukan restart pada laptop untuk mempersiapkan performa laptop yang baru.

Cara menambah RAM laptop secara virtual memang jauh lebih rumit dibandingkan dengan menambahkan RAM fisik ke laptop yang performanya menurun. Jika Anda merasa bahwa cara di atas terlalu rumit, Anda bisa menabung untuk membeli RAM fisik tambahan untuk laptop Anda.

  1. Meningkatkan performa RAM menggunakan fitur khusus bernama ReadyBoost

Cara lain untuk menaikkan performa laptop Anda adalah dengan bantuan ReadyBoost. Kalau virtual memory akan menggunakan kapasitas dari hard disk, ReadyBoost akan menggunakan kapasitas yang dipinjam dari SD card, flashdisk, atau memori eksternal yang lain. Berikut langkah lengkapnya:

  • Sambungkan flashdisk atau memori eksternal lain yang Anda miliki ke laptop. Saat AutoPlay muncul, pilih menu Speed up my system.
  • Tapi kalau AutoPlay tidak tampak, klik kanan memori eksternal Anda di Windows Explorer kemudian pilih Properties. Pada jendela Properties yang muncul, buka tab ReadyBoost.
  • Untuk menggunakan seluruh kapasitas memori eksternal tersebut sebagai RAM atau ReadyBoost, pilih menu Dedicate this device to ReadyBoost.
  • Tetapi jika Anda ingin menggunakan hanya sebagian dari memori eksternal tersebut, pilih menu Use this device. Kemudian masukkan kapasitas RAM yang Anda ingin gunakan.
  • Setelah memilih penggunaan RAM dan menentukan kapasitasnya, klik OK.

Sekarang, dengan bantuan ReadyBoost dan memori eksternal, laptop Anda mampu menjalankan kinerja atau performa yang lebih cepat daripada sebelumnya. Pastikan memori eksternal tersebut masih kosong sehingga ReadyBoost bisa memaksimalkan penggunaan memori sebagai RAM ekstra.

Baca Juga : Cara Mengaktifkan Bluetooth Laptop

Menambahkan RAM merupakan satu solusi paling mudah untuk menaikkan kembali kinerja laptop yang menurun. Tetapi memahami cara menambah RAM laptop tidak semudah yang dibayangkan. Meskipun demikian, Anda bisa mencoba mempraktekkan cara tersebut dengan memanfaatkan laptop lain.

Setelah Anda mengetahui cara yang paling tepat untuk mengganti atau menambahkan RAM ke laptop, Anda bisa mulai menerapkan penggantian atau penambahan RAM pada laptop tersebut. Kalau Anda masih kurang yakin untuk mencoba sendiri, cobalah percayakan hal ini pada tangan yang sudah ahli.

Untuk laptop tua yang memang sudah waktunya pensiun, menambahkan RAM atau menggantinya dengan yang baru bukanlah solusi yang efektif. Jauh lebih baik untuk menggantinya dengan laptop yang lebih baru dengan performa yang lebih baik.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan kita kali ini tentang bagaimana cara menambah ram laptop atau PC dengan mudah, semoga berrmanfaat dan selamat mencoba.

 

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!