Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Cara Mendaftar Dan Persyaratan Masuk TNI 2021

3 min read

persyaratan masuk tni

Hai adek – adek Calon Prajurit TNI, Selamat datang kembali di Blog Militer Indonesia, Kali ini kita akan mengulas tentang Cara Mendaftar dan Persyaratan Masuk TNI.

Baca Juga:

Tak terasa kita telah berada di penghujung tahun 2020, dimana sebentar lagi kita akan memasuki tahun yang baru yaitu 2021.

Apa yang terjadi di 2020 harus kita evaluasi dan menjadikan pengalaman sekaligus pelajaran agar di tahu depan menjadi lebih baik.

Tak terkecuali bagi adek – adek yang berminat dan tertarik untuk menjadi seorang Prajurit TNI. Kalian harus benar – benar persiapkan diri mulai bagaimana cara mendaftar dan persyaratan apa saja yang harus dilengkapi untuk masuk TNI.

Artikel Terkait : Cara Gambar Orang Psikotes

Pendaftaran TNI atau biasa disebut rekrutmen TNI, merupakan program dari Mabes TNI Baik dari Mabes TNI Angkatan Darat, Laut maupun Udara dalam rangka memenuhi kebutuhan personel Prajurit.

Tahun 2021, Tentara Nasional Indonesia kembali membuka peluang bagi para pemuda dan pemudi yang merupakan warga negara Indonesia untuk berbakti dan mengabdi pada negara dengan bergabung sebagai prajurit TNI.

Dimana Jumlah Prajurit yang akan diterima akan disesuaikan dengan Alokasi atau kebutuhan masing – masing Angkatan.

cara-mendaftar-tni

Cara Mendaftar TNI

Dengan kemajuan teknologi saat ini cara mendaftar TNI menjadi lebih mudah, dimana kita dapat mendaftar tanpa harus datang ke kantor – Kantor TNI, kita cukup mendaftar secara online di website resmi rekrutmen sesuai Matra masing – masing. Berikut Langkah – langkahnya:

1. Calon Prajurit mendaftar secara On-line ( Mengisi Formulir pendaftaran ) melalui Internet Resmi Penerimaan masing – masing Angkatan, dengan batas waktu sesuai yang telah ditentukan. Berikut alamat Web site Resmi Rekrutmen TNI ( Silahkan Klik ):

MABES TNI ( WEB INDUK PENDAFTARAN 3 ANGKATAN DAN PENDAFTARAN SEPA PK TNI )

REKRUTMEN TNI AD ( PENDATARAN TARUNA AKMIL, BINTARA DAN TAMTAMA TNI AD )

REKRUTMEN TNI AL ( PENDATARAN TARUNA AAL, BINTARA DAN TAMTAMA TNI AL )

REKRUTMEN TNI AU ( PENDATARAN TARUNA AAU, BINTARA DAN TAMTAMA TNI AU)

Namun bagi kalian yang masih mengalami kesulitan dalam mendaftar TNI secara online dapat menghubungi kantor dan markas TNI yang terdekat.

seleksi TNI

2.   Setelah selesai mengisi seluruh formulir dengan lengkap maka cetak/printout formulir pendaftaran sebagai bukti dalam validasi atau mendaftar ulang.

3.    Melaksanakan Validasi / Daftar Ulang  di satuan sesuai angkatan masing – masing ( AJENREM/AJENDAM, LANAL atau LANUD ) sesuai dengan waktu yang telah ditentukan dengan membawa persyaratan yang telah ditentukan saat pendataran on-line.

Persyaratan Masuk TNI

Untuk mendaftar TNI kalian harus memenuhi beberapa persyaratan yang telah ditentukan baik persyaratan Umum, persyaratan Khusus, persyaratan lainnya dan persyaratan tambahan, Berikut penjelasannya :

Persyaratan Umum

1.   Warga Negara Indonesia.

2.   Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

3    Setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara RI tahun 1945.

4.    Berusia paling rendah 17 tahun 9 bulan dan paling tinggi 22 tahun pada saat pembukaan pendidikan pertama.

5. Tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia.

6.  Sehat jasmani dan rohani.

7.  Tidak sedang kehilangan hak menjadi prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.

8.   Lulus pendidikan pertama untuk membentuk prajurit siswa menjadi prajurit.

Persyaratan Lainnya

1. Pria serta/ ataupun wanita, bukan anggota/ mantan prajurit Tentara Nasional Indonesia(TNI)/ Polri ataupun PNS Tentara Nasional Indonesia(TNI).

2. Berijazah minimal SMA/MA/SMK baik negeri atau swasta yang terakreditasi sesuai kebutuhan, dengan persyaratan nilai rata-rata sebagai berikut:

a) lulusan SMA/MA/SMK tahun 2015, nilai ujian nasional rata-rata minimal 55;

b) lulusan SMA/MA/SMK tahun 2016, nilai ujian nasional rata-rata minimal 50;

c)lulusan SMA/MA/SMK tahun 2017, nilai ujian nasional rata-rata minimal 40 (untuk wilayah di Pulau Jawa, Pulau Sumatera dan provinsi Bali) dan minimal 38 untuk wilayah lainnya;

d)lulusan SMA/MA/SMK tahun 2018, nilai ujian nasional rata-rata minimal 39 (untuk wilayah di Pulau Jawa, Pulau Sumatera dan provinsi Bali) dan minimal 37 untuk wilayah lainnya; dan

e)lulusan SMA/MA/SMK tahun 2019, nilai ujian nasional rata-rata minimal 40.5 (untuk wilayah di Pulau Jawa, Pulau Sumatera dan provinsi Bali) dan minimal 38.5 untuk wilayah lainnya.

3. Belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama dalam mengikuti pendidikan pertama sampai dengan 2 (dua) tahun setelah selesai pendidikan pertama;

4. Bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama 10 (sepuluh) tahun dihitung mulai saat dilantik menjadi prajurit TNI AD;

5. Berumur sekurang-kurangnya 17 tahun 9 bulan dan setinggi-tingginya 22 tahun pada saat pembukaan pendidikan pertama tanggal 28 September 2021.

6. Memiliki tinggi badan sekurang-kurangnya 163 cm untuk laki-laki dan 157 cm untuk perempuan serta memiliki berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku.

7. Bersedia ditempatkan dan ditugaskan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia; dan

8.  Harus mengikuti pemeriksaan/pengujian yang diselenggarakan oleh panitia penerimaan yang meliputi:

        a)    administrasi;
        b)    kesehatan;
        c)    jasmani;
        d)    mental ideologi; dan    
        e)    psikologi.    

9.  Memiliki kartu BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) aktif. 

Persyaratan Tambahan

1. harus ada surat persetujuan orang tua/wali dan selama proses penerimaan prajurit TNI AD tidak melakukan intervensi terhadap panitia penerimaan maupun penyelenggara pendidikan pertama dalam bentuk apapun, kapanpun dan dimanapun;

2. Orang yang ditunjuk sebagai wali dari yang bersangkutan berdasarkan surat keterangan dari Kecamatan;

Baca Juga : Cara Mengerjakan Tes Koran

3. Bagi yang memperoleh ijazah dari negara lain atau lembaga pendidikan di luar naungan Kemendikbud, harus mendapat pengesahan dari Kemendikbud;

4. Tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik, kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama/adat;dan

5. Bersedia mematuhi peraturan bebas KKN baik langsung maupun tidak langsung, apabila terbukti secara hukum melanggar sebagaimana yang dimaksud, maka harus bersedia dinyatakan tidak lulus dan atau dikeluarkan dari Dikma, jika pelanggaran tersebut ditemukan di kemudian hari pada saat mengikuti pendidikan pertama. 

Materi Tes Masuk TNI

Materi tes secara umum baik Darat Laut maupun Udara hampir sama, antara lain :

1.  Seleksi / Persyaratan Administrasi;

2.  Seleksi Kesehatan;

3.  Seleksi Jasmani;

4.  Seleksi Psychological dan Idiologi;

5.  Seleksi Psikologi;dan

6.  Seleksi Akademik ( Materi tambahan khusus Taruna AKMIL,AAL dan AAU ).

Catatan yang perlu digaris bawahi bahwa Selama Proses pendaftaran dan seleksi masuk TNI dilaksanakan tanpa biaya alias Gratis.

Jangan ada yang percaya akan janji Oknum yang dapat meloloskan menjadi Prajurit dengan imbalan tertentu karena Saat ini Proses seleksi telah berjalan transparan dan Profesional.

Saat Ini TNI sudah menjadi Institusi yang Handal dan Profesional, sehingga pelaksanaan Rekrutmen / Seleksi TNI berjalan dengan jujur dan trasparan

Akhir Kata

Demikian ulasan kita kali ini tentang Cara Mendaftar dan Persyaratan masuk TNI, Jangan lupa share / bagikan agar semakin banyak orang yangtahu. Semoga Bermanfaat dan sukses. Aamiin

Baca Juga:
Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!