Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Cara Mengaktifkan Bluetooth Laptop

3 min read

cara mengaktifkan bluetooth

Meskipun sudah banyak teknologi canggih yang bisa digunakan untuk mengirim file dari dan ke laptop, Bluetooth masih menjadi salah satu teknologi yang disukai pengguna laptop. Jika Anda masih baru dalam penggunaan laptop, Anda perlu mempelajari beberapa cara mengaktifkan Bluetooth laptop.

Bluetooth tidak hanya digunakan sebagai sarana pengiriman file tetapi juga untuk menyambungkan berbagai perlengkapan seperti Bluetooth mouse, keyboard, dan headset. Karena fungsinya yang sangat penting, mengetahui cara menggunakan fitur Bluetooth di laptop menjadi sebuah kebutuhan mendasar.

Cara Mengaktifkan Bluetooth Laptop

Ada banyak cara mengaktifkan Bluetooth laptop Anda. Meskipun tidak semua laptop mendukung fitur ini, Anda tetap bisa menggunakan Bluetooth untuk memindahkan data ke dan dari laptop. Perhatikan berbagai cara mengaktifkan Bluetooth berikut ini yang akan sangat berguna di masa mendatang.

  1. Memanfaatkan perangkat Dongle untuk laptop seri lawas

Perangkat Dongle merupakan perangkat khusus Bluetooth yang dirancang untuk digunakan pada laptop yang belum mendukung fitur Bluetooth. Alat mungil ini berbentuk seperti flashdisk. Cara  penggunaannya pun cukup mudah yaitu tinggal dipasangkan pada laptop Anda.

Baca Juga : Cara Bobol WiFi Di Laptop

Baca Juga:

Dongle akan bekerja sebagai sebuah antenna receiver untuk menerima atau mengirimkan sinyal Bluetooth yang berasal dari perangkat lain seperti smartphone atau laptop lain. Dongle dilengkapi dengan driver dan program khusus yang akan langsung terpasang di laptop saat tersambungkan.

  1. Melakukan pemasangan driver Bluetooth pada laptop seri baru

Jika laptop Anda sudah mendukung fitur Bluetooth tetapi Anda tidak bisa menemukannya di laptop Anda, hal pertama yang perlu dilakukan adalah memasang driver Bluetooth. Driver tersebut bisa Anda temukan di DVD atau CD bawaan yang disertakan bersama laptop Anda.

Kalau laptop yang Anda beli tidak menyertakan driver tersebut, Anda bisa mengunduh driver Bluetooth dari situs web resmi laptop yang Anda miliki. Software DriverPack Solution merupakan sumber driver Bluetooth lain yang bisa Anda unduh untuk memperoleh driver Bluetooth.

  1. Mengaktifkan Bluetooth melalui jendela Device Manager pada laptop Windows

Kemudian cara mengaktifkan Bluetooth laptop bersistem operasi Windows dengan mudah adalah melalui Device Manager. Berikut petunjuk lengkap untuk menyalakan Bluetooth pada laptop dengan memanfaatkan Device Manager:

  • Pada tampilan desktop di laptop Anda, tekan Windows dan X di keyboard laptop secara bersamaan. Pada daftar menu yang muncul, pilih Device Manager.
  • Setelah Device Manager terbuka, klik pada dropdown Bluetooth untuk menampilkan berbagai perangkat Bluetooth.
  • Pilih salah satu perangkat Bluetooth yang Anda gunakan kemudian klik kanan pada perangkat tersebut.
  • Aktifkan perangkat Bluetooth tersebut dengan mengklik pilihan Enable device. Langkah ini akan langsung mengaktifkan aplikasi Bluetooth Anda.
  • Untuk menonaktifkannya setelah selesai menggunakan fitur Bluetooth, Anda tinggal melakukan langkah yang sama kemudian memilih menu Disable device.

Gampang sekali kan mengaktifkan fitur yang sangat berguna ini? Selain cara ini, ada juga beberapa cara lain yang lebih mudah untuk menyalakan atau mengaktifkan fitur Bluetooth yang sudah terpasang di laptop Anda.

  1. Menyalakan Bluetooth laptop dari menu Pengaturan atau Settings

Laptop dengan sistem operasi Windows 7, 8, hingga 10 memiliki menu Settings yang bisa Anda akses untuk mengaktifkan dan menonaktifkan fitur Bluetooth. Langkah pertama untuk mengaktifkan fitur ini adalah menyalakan laptop Anda. Kemudian ikuti instruksi di bawah ini:

  • Buka Start menu yang terdapat di bagian kiri dari taskbar. Buka menu pengaturan atau Settings yang dilambangkan dengan logo gear.
  • Pada jendela pengaturan yang muncul, klik pada menu Devices dimana pengaturan Bluetooth bisa ditemukan.
  • Selanjutnya, Anda tinggal mengganti pengaturan Bluetooth yang tadinya Off menjadi On hanya dengan mengklik tanda aktivasi yang berada tepat dibawah tulisan Bluetooth.

Ya, itu saja. sekarang fitur Bluetooth di laptop Anda sudah siap untuk digunakan, baik sebagai media untuk menyambungkan perangkat Bluetooth maupun sebagai sarana untuk memindahkan data secara nirkabel dengan perangkat lain yang juga dilengkapi dengan fitur Bluetooth.

Setelah memahami cara mengaktifkan Bluetooth laptop, Anda juga perlu memahami berbagai cara untuk menggunakan fitur ini. Misalnya, bagaimana Anda bisa menghubungkan laptop Anda dengan perangkat yang lain? Atau bagaimana cara saling berkirim data menggunakan Bluetooth?

  1. Menggunakan ikon Bluetooth yang ada pada System Tray

System tray menyediakan ikon untuk berbagai aplikasi yang bisa Anda gunakan dengan mudah dan cepat. Salah satunya adalah ikon Bluetooth yang bisa langsung diakses untuk mengirim dan menerima file serta menambah atau menghapus perangkat yang terhubung.

  • Pada system tray yang berada di bagian kanan taskbar, klik ikon panah yang menghadap ke atas untuk menemukan ikon Bluetooth.
  • Setelah menemukan ikon Bluetooth, klik kanan pada ikon Bluetooth untuk melihat pilihan menu Bluetooth yang tersedia.
  • Gunakan Add a Bluetooth Device untuk menghubungkan laptop dengan perangkat lain dan gunakan Show Bluetooth Device jika Anda ingin berkirim data dengan perangkat yang sebelumnya sudah pernah terhubung.
  • Untuk langsung menerima file dari perangkat Bluetooth lain, Anda tinggal memilih menu Receive a File dan untuk mengirim file dari laptop ke perangkat yang terhubung gunakan menu Send a File.

Sekarang Anda bisa mulai mengeksplorasi berbagai kelebihan fitur Bluetooth dan menikmati berbagai macam perangkat wireless yang bisa dihubungkan dengan memanfaatkan sarana Bluetooth ini. Penggunaan perangkat seperti mouse dan headset pun akan semakin nyaman dengan fitur ini.

  1. Menyalakan dan mematikan Bluetooth melalui kombinasi tombol Fn di keyboard

Tahukah Anda bahwa tombol di keyboard bisa dimanfaatkan untuk mengaktifkan dan menonaktifkan fitur Bluetooth? Cara yang unik dan sangat mudah ini bisa diterapkan pada berbagai merk laptop selama laptop tersebut masih bisa berfungsi dengan baik. Tombol mana yang bisa Anda gunakan?

Seperti halnya berbagai kombinasi keyboard lain, ada tombol tertentu yang bisa digunakan untuk menyalakan dan mematikan Bluetooth. Biasanya, fitur Bluetooth di laptop bisa dinyalakan dan dimatikan dengan menekan tombol Function atau Fn dengan salah satu tombol F1 sampai F12.

Setiap merk laptop memiliki ikon Bluetooth yang berbeda. Misalnya, pada merk A ikon Bluetooth terdapat di tombol F12 sedangkan di merk B ikon tersebut ada di tombol F4. Tekan Fn bersamaan dengan tombol yang memiliki ikon Bluetooth di keyboard laptop untuk mengaktifkan fitur Bluetooth.

Baca Juga : Cara Mengunci  Aplikasi Di HP Vivo

Sudahkah Anda menemukan tombol fungsi pada keyboard laptop yang bisa Anda gunakan untuk mengaktifkan Bluetooth di laptop Anda sendiri? Apapun cara mengaktifkan Bluetooth laptop yang Anda pilih, pastikan Anda mengingat cara tersebut sehingga Anda bisa menggunakannya setiap saat.

Bagi pengguna Windows 10, ada satu cara lain untuk mengaktifkan fitur Bluetooth, yaitu melalui bagian Action Center yang biasanya berada dekat dengan ikon panah milik system tray. Buka bagian Action Center kemudian klik pada bagian Bluetooth untuk langsung mengaktifkan atau menonaktifkan fitur ini.

Akhir Kata

Nah Demikianlah sobat pembahasan kita kali ini tentang cara mengaktifkan bluetooth laptop, Jangan lupa ikuti terus artikel menarik seperti cara mendapatkan uang dari wattpad dan artikel lainnya di Blog ini salam literasi.

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!