Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Cara Mengaktifkan WiFi Di Laptop / Komputer

3 min read

cara mengaktifkan wifi di laptop / komputer

Hai sahabat blog militer Indonesia , kali ini kita akan kembali meningkatkan kemampuan literasi kita di bidang teknologi sebagai suatu imbas kemajuan zaman yang tak dapat dihindari. setelah kemaren kita membahas bagaimana cara menyadap wifi tetangga dan bagaimana Cara Mengatasi https //internetbaik.telkomsel.com/block maka kali ini kita akan ulas tentang cara mengaktifkan wifi di laptop / Komputer.

Cara Mengaktifkan WiFi Di Laptop / Komputer

Saat ini sebenarnya semua laptop sudah terpasang (Built-in) Wifi Card atau Wifi Adapter yang memungkinkan laptop untuk menerima sinyal Wifi. Namun ternyata masih banyak pengguna yang bingung cara mengaktifkan fitur ini.

Padahal ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengaktifkannya. Berikut in adalah kumpulan cara mengaktifkan wifi di laptop. Tapi sebelumnya, kita cari tahu dulu apa itu wifi?

Wifi atau wireless fidelity merupakan teknologi terbaru yang memungkinkan pengguna untuk bertukar data tanpa melalui kabel atau bahasa lainnya Wireless. Pertukaran data (upload dan download) tanpa kabel in memanfaatkan media gelombang elektromagnetik yang dipancarkan oleh sebuah alat bernama router atau modem.

Wifi sendiri sebenarnya adalah merek dagang Wi-Fi Alliance yang berpusat di Texas, Amerika. Hanya produk-produk yang lolos uji coba sertifikasi yang diperbolehkan menggunakan label “Wi-Fi Certified”. Seluruh produk yang mengikuti standar IEEE 802.11 termasuk dalam aliansi wifi ini. Yakni produk dengan spesifikasi Wireless berfrekuensi 2.4Ghz, 3.6Ghz, 5Ghz, dan 6Ghz. Sedangkan sistemnya adalah Wireless Local Area Network (WLAN).

Baca Juga:

1.  Cara Mengaktifkan Wifi di Laptop dengan Tombol

Ada beberapa merek atau tipe laptop yang menyediakan tombol khusus untuk menyalakan perangkat penerima sinyal wifi yang sudah tertanam. Untuk letak dari tombol ini biasanya berada di sisi atas keyboard laptop dengan logo sinyal atau wifi.

Pada tipe tertentu, tombol ini juga ditambahkan lampu indikator. Sehingga kita juga tahu dan paham apakah wifi kita sudah menyala atau belum.

2.  Cara Mengaktifkan Wifi dengan Tombol Function

Cara ini juga hampir sama dengan cara pertama. Namun, menggunakan kombinasi tombol function atau tombol antara F1 sampai F12. Biasanya diantara tombol tersebut juga disisipkan icon sinyal atau wifi.

Jika ditemukan, maka ketika kita tekan tombol tersebut tidak akan bereaksi. Atau justru akan memiliki reaksi lain yang bukan kita harapkan. Untuk menyalakan fungsi ini, harus dibarengi dengan menekan tombol Fn pada sisi bawah keyboard.

Dengan demikian, wifi akan menyala dan bisa menangkap sinyal yang dipancarkan.

3.  Cara Mengaktifkan Wifi pada Windows 7

Untuk menyalakan fungsi wifi pada sistem operasi Windows 7 sangatlah cukup mudah. Yang perlu dilakukan adalah dengan klik icon Wifi pada pojok navigation bar (navbar) lalu klik aktifkan.

Jika wifi sudah aktif maka akan terlihat daftar SSID dari Wifi yang terjangkau. Selanjutnya bisa langsung disambungkan ke wifi dengan klik nama SSID yang dipilih. Jika wifi terproteksi dengan password, maka akan muncul kolom untuk memasukkan passwordnya dan klik enter.

4.  Cara Mengaktifkan Wifi di Windows Di laptop 8

Cara pada poin-poin sebelumnya dapat dilakukan di windows 8 ini. Namun jika merasa masih tidak berhasil, bisa dicoba untuk menyalakan wifinya melalui setelan. Adapun cara mengaktifkan wifi pada windows 8 ini adalah sebagai berikut :

  • Arahkan kursor mouse ke START,
  • Carilah menu Setting atau Setelan,
  • Pada menu setelan silahkan pilih Change PC Setting dan pilih bagian Network,
  • Silahkan pilih menu Wifi dan klik nyalakan pada toogle yang tersedia.
  • Maka akan terpampang SSID wifi yang tersedia dan bisa langsung dihubungkan.

5.  Cara Menyalakan Wifi pada Windows 10

Untuk menyalakan wifi di windows 10 ini bisa dilakukan dengan cara yang sama seperti windows 7. Yakni dengan cara memilih icon network (biasanya icon komputer) di kolom taskbar.

Lalu silahkan klik kotak Wifi hingga warnanya berubah menjadi biru terang. Ini tandanya wifi sudah diaktifkan dan akan terpampang nama-nama wifi yang terdeteksi oleh wifi adapter. Selanjutnya bisa langsung klik SSID dan sambungkan seperti cara sebelumnya.

Cara Mengaktifkan Wifi di Laptop Yang Tidak Connect / Terdeteksi

1. Install Ulang WiFi Driver.

Salah satu Cara mengaktifkan wifi di laptop yang tidak connect adalah  dengan Install Ulang WiFi Driver.

Hal ini berlaku Jika cara pada poin-poin sebelumnya dirasa kurang membantu, maka bisa jadi driver wifi yang terdapat pada laptop ada yang rusak atau crash. Solusinya adalah dengan melakukan penginstalan kembali driver wifi ini.

Caranya ialah dengan masuk ke device manager, atau bisa juga melakukan Runs Commad. Klik Windows+R pada keyboard (bisa juga dengan mencari kata “run” pada menu pencarian di pojok taskbar. Masukkan perintah devmgmt.msc dan klik enter.

Pilih toggle Network Adapter dan klik kanan pada driver wireless (biasanya ada 2, yakni adapter untuk wifi dan untuk ethernet). Pilih properties, maka akan muncul jendela properti dari adapter tersebut. Pilih tab Driver, dan klik Uninstall.

Selanjutnya sambungkan laptop ke router internet menggunakan kabel LAN. Jika sudah terkoneksi internet dengan kabel LAN, maka selanjutnya silahkan Restart.

JIka langkah dilakukan dengan tepat, harusnya wifi sudah bisa dijalankan setelah proses booting selesai. Karena setelah restart, laptop akan mendownload driver dan menginstall secara otomatis. Sebab laptop sudah tersambung dengan wifi menggunakan Ethernet.

2.  Pastikan Wifi Adapter Menyala.

Jika masih belum menyala, bisa jadi adapter wifi pada laptop belum menyala. Maka untuk mengaktifkan wifi adapter di laptop bisa dilakukan dengan cara berikut ini.

Masuk ke Control Panel. Lalu pilih Network and Internet. Selanjutnya pilihlah menu Network and Sharing Center. Silahkan pilih Change Adapter Setting dan klik kanan pada nama wifi yang akan digunakan  lalu pilih enable.

Seharusnya wifi sudah normal dan bisa digunakan. Namun masih ada satu solusi lagi untuk cara mengaktifkan wifi di laptop. Dan merupakan cara final apabila semua cara yang disebut sebelumnya tidak membantu.

8.  Melakukan System Restore pada Laptop

Ini merupakan cara terakhir apabila semua cara sebelumnya tidak bekerja sesuai yang diharapkan. Seperti namanya, cara ini akan merestore atau memulihkan sistem komputer ke pengaturan sebelumnya.

Jadi pastikan bahwa ini adalah opsi terakhir. Karena semua pengaturan, file, dan histori akan dikembalikan seperti sebelumnya sesuai tanggal yang dipilih. Jika dirasa ada file yang penting, ada baiknya dilakukan pencadangan dengan memindahkannya ke USB DRive atau harddisk eksternal.

JIka sudah yakin, silahkan ikuti beberapa langkah di bawah ini.

  • Arahkan kursor ke START dan cari System Restore (untuk Windows 7) atau Recovery (untuk sistem operasi Windows 8 dan 10),
  • Buka aplikasi atau menu tersebut,
  • Akan tampil daftar waktu sistem yang tersimpan. Silahkan pilih sesuai keinginan. Akan terlihat apa saja program atau setelan yang akan dirubah.
  • Selanjutnya klik tombol Scan for Affected Programs,
  • Jika sudah yakin, maka silahkan klik Next,
  • Pilih tombol Finish apabila proses telah selesai.

Setelah dilakukan proses restore, maka sistem akan melakukan reboot atau restart. Tunggulah beberapa saat. Dan cobalah untuk menghubungkan ke wifi.

Cara ini cukup efektif dilakukan dan memiliki persentase keberhasilan yang cukup tinggi. Namun, apabila tidak terjadi perubahan besar pada wifi, sebaiknya bawalah laptop ke tukang service. Ditakutkan sebab tidak bisa tersambungnya wifi karena kerusakan hardware dari Wifi adapter atau receiver. Sehingga perlu penggantian sparepart.

Akhir Kata

Demikianlah kawan pembahasan kita kali ini tentang bagaimana cara mengaktifkan Wifi di Laptop / Komputer di Windows dan tidak terdeteksi. semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!