Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Cara mengatasi aplikasi keluar sendiri di HP Android

3 min read

cara mengatasi aplikasi keluar sendiri di HP android

Salah satu alasan yang membuat banyak orang betah berlama-lama di depan ponsel adalah keberadaan aplikasi-aplikasi menarik. Apalagi saat ini, berbagai macam aplikasi mulai dikembangkan. Sayangnya, kadang-kadang nih, ada kondisi di mana, aplikas-aplikasi tersebut tiba-tiba keluar. Tentu hal ini sangat menjengkelkan, karena bisa menghambat aktivitas Anda. Nah untuk itu kami akan mengulas bagaimana cara mengatasi aplikasi keluar sendiri di HP android.

Kondisi aplikasi yang tiba-tiba keluar ini biasanya diiringi dengan adanya note ‘error’, seperti unfortunately, App has stoped, alias sayangnya, aplikasi telah berhenti.

Kejadian ini biasanya, menghantui ponsel-ponsel yang cache di ponsel terlalu penuh, ruang penyimpanan limit, aplikasi telah kadaluarsa, atau bahkan karena system ponsel Anda yang sudah tidak lagi mendukung.

Jika Anda saat ini mengalami masalah ini, maka Anda bisa mengikuti cara mengatasi aplikasi keluar sendiri di HP android dengan langkah – langkah berikut :

Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri di HP Android Mudah Banget

Ketika mengalami kondisi ini, ada beberapa orang yang sudah panic sendiri. Takut jika ternyata ponsel mengalami kerusakan yang serius, padahal tidak ya. Jadi, usahakan jangan panic terlebih dahulu. Karena sebenarnya, ponsel Anda tidak kenapa-kenapa.

Baca Juga:

Menghapus Cache Aplikasi

Cara mengatasi aplikasi keluar sendiri di HP android yang pertama ialah menghapus cache aplikasi. Cara ini merupakan jalan pertama yang bisa Anda lakukan, dan sangat umum dipilih oleh banyak orang. Hal ini karena ternyata, adanya penumpukan file cache sangat mempengaruhi kinerja ponsel Anda, sehingga performanya lama kelamaan akan menurun. Dan bisa menyebabkan beberapa software di ponsel Anda tiba-tiba keluar.

Baca Juga : Cara Memulihkan Windows Yang Rusak Dengan Sistem Restore Point

Untuk mengatasinya, maka Anda bisa langsung menghapus cache yang ada. Caranya juga sangat mudah. Hingga kini, sudah ada dua cara menghapus cache aplikasi yang bisa Anda lakukan, yaini dengan cara manual, dan dengan aplikasi. Sudah banyak sekali ya aplikasi penghapus cache di Google Play Store, dan Anda bisa memilih mana yang kiranya memang bagus.

Jika Anda ingin menghapus file cache manual, maka ikuti cara berikut ya. Pertama, Anda bisa membuka pengaturan atau settingan ponsel Anda, kemudian cari kelola aplikasi, klik bagian tersebut. Maka akan muncul aplikasi-aplikasi yang Anda gunakan. Anda bisa langsung memilih saja aplikasi yang akan Anda bersihkan cachenya. Kemudian pilih hapus  cache atau clear.

Update aplikasi

Cara mengatasi aplikasi keluar sendiri di HP android yang berikutnya adalah dengan mengupade aplikasi. Hal ini bisa saja aplikasi yang Anda gunakan merupakan aplikasi versi lama dan sudah tertinggal. Maka, tidak ada salahnya untuk mengupdatenya ya. Agar lebih aman, maka Anda bisa mengupdate aplikasi tersebut langsung dari Play Store.

Hapus data aplikasi

Selama ini, banyak yang mengira, bahwa aplikasi keluar sendiri hanya diakibatkan oleh cache yang sudah penuh. Padahal sebenarnya tidak ya. Karena data aplikasi juga bisa menyebabkan aplikasi di ponsel Anda tidak bekerja maksimal. Untuk mengatasinya, Anda bisa menghapus semua data yang ada di aplikasi. Caranya juga mudah, hampri sama dengan cara menghapus cache tadi. Sayangnya, jika Anda memilih melakukan cara mengatasi aplikasi keluar sendiri yang satu ini, maka semua data di aplikasi tersebut hilang dari ponsel Anda, dan aplikasinya akan kembali baru. Sehingga, pastikan dulu semua data aman ya.

Bagi Anda yang masih belum tahu caranya, yuk ikuti cara berikut. Pertama, Anda bisa pergi ke setting, kemudian klik bagian kelola aplikasi. Di sana, Anda akan menemukan adanya berbagai aplikasi. Nah, silahkan klik atau pilih saja aplikasi yang akan Anda hapus datanya, dan klik hapus data.

Restart Android

Cara mengatasi aplikasi keluar sendiri di hp android berikutnya adalah dengan merestart ponsel Anda. Sejatinya, merestart ponsel sama halnya dengan ketika Anda merestrat laptop. Dimana akan ada beberapa system yang terperbaiki. Maka, nggak ada salahnya untuk mencoba cara satu ini ya. Caranya adalah dengan merestart ponsel Anda dalam waktu sekitar lima hingga sepuluh menit saja. Jika sudah, silahkan dihidupkan. Maka, aplikasi Anda pasti bisa diakses kembali.

Instal ulang aplikasi

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan menginstall ulang aplikasi. Untuk cara installnya tentu Anda sudah tahu ya. Karena hanya tinggal membuka bagian pengaturan ponsel, kemudian cari menu kelola aplikasi, dan cari software yang akan Anda uninstall, klik uninstall. Semudah itu. Apabila proses uninstall selesai, Anda bisa langsung menginstallnya kembali. Usahakan untuk menginstall aplikasi langsung dari Google Play Store ya.

Upgrade OS

Cara mengatasi aplikasi keluar sendiri di hp android selanjutnya adalah upgrade OS. Kini, sudah ada segudang aplikasi yang dapat Anda perbarui dengan menyesuaikan dengan system operasi ponsel Anda. Namun tetap saja, jika ternyata ponsel Anda OS Android KitKat 4.4 atau di bawahnya, maka akan mengakibatkan adanya beberapa aplikasi yang sama sekali tidak kompatibel lagi dengan sistemdi ponsel Anda, sehingga, Anda perlu mengatasinya dengan cara mengupgrade OS ponsel Anda, ataupun mengupgrade kembali system ponsel Anda.

Caranya adalah membuka setting, kemudian cari bagian about phone, dan pilih saja check system update, apabila di sana ada tulisan ‘upgrade’, maka Anda bisa langsung mengklik download. Tinggu prosesnya hingga benar-benar selesai. Jika proses download selesai, maka Anda akan mendapatkan tombol konfirmasi, dan silahkan klik restart.

Factory Reset

Cara terakhir yang dapat Anda lakukan adalah dengan factory reset. Tentu, jika semua cara mengatasi aplikasi keluar sendiri di atas gagal, maka cara satu-satunya adalah degan factory reset. Kalau menggunakan cara ini, sudah dijamin berhasil ya. Akan tetapi, pastikan dulu, bahwa Anda sudah memback-up semua data yang ada.

Baca Juga : Cara Mengatasi https //internetbaik.telkomsel.com/block

Karena cara ini akan membuat ponsel Anda terasa seperti baru, sehingga, semua data akan kosong layaknya ponsel baru beli. Jika Anda sudah hampir putus asa dengan kondisi aplikasi yang suka keluar sendiri, dan cara-cara di atas tidak memberikan dampak yang baik, kami sarankan untuk factory reset. Tapi sekali lagi, Anda harus benar-benar sudah mengamankan semua data di ponsel Anda.

Baik, cara meresetnya mudah kok. Pertama, Anda bisa masuk ke setting atau pengaturan, lalu klik saja tulian back-up and reset. Klik factory data reset, dan juga reset phone, atau all files on the phone. Maka, biarakn ponsel Anda melakukan resetnya. Tunggu saja sampai benar-benar selesai.

Proses reset ini memakan waktu yang cukup lama ya. Maka, silahkan menungu sambil melakukan apapun, ngopi atau ngemil misalnya. Nah, ketika sudah selesai, kini Anda sudah bisa langsung menggunakan ponsel tanpa terkendala apapun, semuanya lancar jaya. Karena ponsel Anda akan terasa baru.

Akhir Kata 

Demikianlah cara mengatasi aplikasi keluar sendiri di hp android. Mulai sekarang, sudah nggak zamannya lagi galau hanya karena aplikasi keluar sendiri ya. Cukup atasi saja dengan senyuman dan mempraktekkan cara-cara di atas dengan baik dan benar. Semoga bermanfaat.

 

 

 

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!