Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Cara Mengatasi Download Di Blokir Google Chrome pada PC / Laptop

2 min read

Hai Para anggota militer atau juga pencinta TNI dimanapun kalian berada, kita tingkatkan lagi kemampuan literasi kita yuk !! Kali ini kita akan ulas tentang teknologi internet yaitu Bagaimana Cara Mengatasi Download Di Blokir Google Chrome !!!

Kalian tentu pernah mengalami kejadian bahwa ketika akan mengunduh file penting ternyata gagal karena di blokir oleh Google Chrome sebagai browser paling populer saat ini. Dan menerima pesan singkat di layar PC / laptop anda “Failed – Blocked” atau “Gagal – Diblokir”

Baca Juga : Cara Bobol Wifi

Ternyata ada beberapa hal yang menjadi penyebab hal itu bisa terjadi, Yang pertama adalah File yang akan di download dianggap virus atau file berbahaya bagi PC/laptop anda.

Alasan yang kedua adalah karena kesalahan dalam pengaturan keamanan di PC / Laptop anda sehingga google chrome otomatis memblokir unduhan anda sehingga anda tidak bisa menyimpan file tersebut.

Baca Juga:

Cara Mengatasi Download Di Blokir Google Chrome

Sebelum saya teruskan pembahasan kali ini tentang bagaimana Cara Mengatasi Download Di Blokir Google Chrome, saya harus kembali mengingatkan bahwa saat ini google sudah sangat pintar bahkan bisa membedakan mana file berbahaya dan mana file yang aman.

Jadi sekali lagi kemungkinan besar ketika anda gagal mendownload sebuah file hal ini dikarenakan berbahaya bagi software laptop anda, namun  bila kalian memang merasa hal itu tidak membahayakan silahkan lanjutkan dengan langkah – langkah berikut ini :

Cara Mengatasi Download Failed – Virus Detected

Untuk Mengatasi Gagal download karena file dianggap Virus / File berbahaya berikut langkah – langkah yang harus kalian lakukan :

1. Matikan Anti Virus Yang Terinstall di laptop / PC

Langkah pertama adalah matikan anti virus yang laptop / PC kalian miliki, Hal ini karena anti virus akan menolak dan menghapus secara langsung semua unduhan yang diprediksi akan membahayakan perangkat lunak PC anda.

Sekali lagi sebelum anda melakukan hal ini pastikan bahwa file yang akan anda unduh merupakan file yang aman dan tidak membahayakan laptop atau PC anda.

2. Pilih Menu ‘Keep dangerous file’ Saat Mendonload

Ketika anda gagal mendownload file dikarenakan file dianggap virus maka akan ada peringatan dari google dengan tulisan kurang lebih seperti berikut  ” This file is dangerous, so Chrome has blocked it ” dan ada pilihan discard, Nah saat ini kalian jangan Klik dulu menu “Discard”.

Lalu bagaimana ? Kalian masuk dulu ke menu download di google chrome dengan cara ketik CTRL + J , Nah pada menu download ini kalian akan melihat kembali peringatan dengan tulisan ” Keep dangerous file “, Nah bila kalian yakin untuk tetap mengunduh file tersebut silahkan Klik tulisan peringatan tersebut.

Sampai disini kalian akan dapat melanjutkan untuk mengunduh file yang kalian inginkan.

Cara Mengatasi Gagal Download Karena kesalahan Pengaturan Keamanan PC / Laptop Anda.

Nah bila kalian gagal mendownload dikarenakan kesalahan pengaturan keamanan, biasanya tidak hanya akan dialami saat mendownload di Google Chrome saja namun juga akan gagal mengunduh di browser lain seperti Mozilla, Opera ataupun Microsoft Edge.

Baca Juga : Aplikasi TikTok Cash : Benarkah Menghasilkan Uang ?

Hal ini dimungkinkan terjadi karena adanya pengubahan pengaturan keamanan saat menginstall windows di versi yang lebih baru, Maka yang perlu Anda lakukan adalah mengubah pengaturan kemanan seperti sediakala . begini langkah langkahnya.

Ubah Pengaturan Internet Properties

1.  Tekan tombol Windows + R bersama-sama pada keyboard Anda untuk membuka kotak  Jalankan. Sekarang, ketik  inetcpl.cpl  di kotak pencarian dan tekan  Enter  untuk membuka jendela Internet Properties.

2. Di jendela  Internet Properties,  pilih tab Keamanan / security,  pilih  Internet  (ikon bola dunia biru), dan klik custom level.

3. Berikutnya, di  jendela Pengaturan  Keamanan / Security Settings , gulir cursor ke bawah dan masuk ke bagian Miscellaneous.

4. Gulir Cursor ke bawah lagi, dan temukan bagian section Launching applications and unsafe files. Ini harus dalam keadaan unsafe files. Sekarang, klik tombol radio di samping Prompt (recommended).  lalu  Klik  OK untuk menyimpan perubahan dan keluar.

Selesai, nah seharusnya setelah melakukan perubahan setelan ini kalian telah dapat mendownload file tersebut dengan lancar.

 Atasi Gunakan Registry Editor

  1. Tekan tombol Windows + R bersama-sama untuk membuka jalankan.
  2. Tulis regedit di dalamnya dan klik OK.
  3. Setelah Registry Editor terbuka, Klik File > Ekspor dan ambil back up.

Sekarang, Buka Registry Editor berikut :

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Attachments

  1. Di sisi kanan, cukup klik kanan di ScanWith AntiVirus and pilih modify.
  2. Ubah data nilai menjadi 1.
  3. Klik OK.
  4.  Restart PC atau laptop anda

Akhir Kata

Nah sekarang sudah tahu kan Cara Mengatasi Download Di Blokir Google Chrome pada PC / Laptop namun sekali lagi pastikan file yang akan anda download merupakan file yang aman ya, semoga bermanfaat.

 

 

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!