Cara Mengatasi File System Error (-21472 , Dengan Mudah

3 min read

Cara Mengatasi File System Error (-21472

Hai Sahabat Blog Militer, Apakah Anda pernah mengalami masalah error pada file system 2147219196? Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai Bagaimana Cara Mengatasi File System Error (-21472 di windows 10 dengan mudah. Yuk langsung simak saja untuk tahu lebih lengkapnya.

Peringatan File System Error (-21472 ini berkaitan dengan salah satu aplikasi UWP bawaan dari windows 10. Aplikasi ini merupakan aplikasi paling baru yang di rilis pada windows appstore. Menjadi pengganti dari aplikasi windows photo viewer, yakni Photos App.

Pada aplikasi tersebut terdapat alat editor sederhana. Terdiri dari alat mengubah ukuran foto, memotong, menambah filter efek pada foto dan masih banyak lagi, walaupun tidak selengkap Photoshop.

Baca Juga : Cara Melihat Password Yang Pernah Diketik Di Komputer

Tidak hanya itu, Photos App juga memungkinkan pengguna memberikan efek 3D pada video. Sehingga tanpa Anda sadari efek ini akan meresap ke alur cerita. Hal ini menjadi kelebihan yang utama dari aplikasi tersebut. Walaupun demikian semua aplikasi pasti memiliki kekurangan juga, termasuk Photos App ini.

Baca Juga:

Beberapa orang yang memakai Windows 10 ini melihat adanya bug atau kesalahan setelah mereka mengupdate windowsnya. Seperti pada saat membuka file foto memakai aplikasi Photos App kadang kala muncul notifikasi error dengan tulisan “File System Error (-21472”.

Apa itu File System Error (-21472

Notifikasi error tersebut biasanya muncul saat pengguna membuka file gambar yang memiliki format .JPG .PNG dan lainnya. Terdapat banyak faktor yang dapat menyebabkan masalah ini terjadi.

Penyebab Terjadinya Error File System (-21472

Masalah error hanya terjadi pada pengguna windows 10 saat mereka membuka file foto, aplikasi kalkulator, dan sejumlah aplikasi bawaan lainnya. Error ini muncul penyebabnya karena bug ketika pembaharuan windows.

Pada saat Microsoft memperkenalkan update, beberapa pengguna windows 10 yang melakukan update atau pembaharuan juga mengeluhkan mengenai hal ini.

Cara Mengatasi File System Error (-21472

Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah error yang terjadi:

  1. Install Kembali Semua Daftar Aplikasi UWP di Windows 10

Cara yang pertama Anda dapat menginstall kembali seluruh daftar aplikasi platform universal (UWP) di windows melalui Powershell.

Terlebih dahulu jalankan powershell melalui perintah resmi sebagai administrator, klik tombol winkey+X. Atau bisa juga dengan klik kanan di tombol start, pilih Windows Powershell (administrator). Apabila muncul permintaan kontrol akun pilih yang “YA” untuk menyetujui. Tuliskan perintah: Get-AppXPackage / Foreach {Add-AppxPackage-DisableDevelopmentMode-Register”$($_InstallLocation)AppXManifest.xml”}.

Dan tunggulah hingga beberapa saat. Pastikan koneksi internet tetap lancar dan jangan melakukan pekerjaan berat di komputer sementara. Jika proses selesai, akan muncul notifikasi sukses, reboot komputer. Lalu cek ulang melalui buka file gambar.

  1. Mengupdate Microsoft Photos

Cara berikutnya Cara Mengatasi File System Error (-21472 yakni melakukan update Microsoft Photos lewat Microsoft Store. Dengan membuka jendela Microsoft Store terlebih dahulu. Kemudian di sebelah pojok kanan atas ada simbol panah bawah yang menunjukkan update atau pembaharuan pada aplikasi yang tersedia. Kemudian Anda klik simbol tersebut, lalu update. Jika sudah, lakukan restart komputer atau laptop Anda dan coba untuk membuka foto lewat aplikasi Micosoft Photos.

  1. Memperbaiki Sistem Windows

Anda dapat melakukan pemindaian serta menjalankan perbaikan secara otomatis di Windows. Caranya yaitu dengan membuka CMD melalui perintah run as administrator lalu tuliskan perintah “sfc/scannow”. Tunggulah beberapa saat hingga proses pemindaian dan perbaikan sistem selesai. Lalu, cobalah untuk membuka kembali file foto yang sebelumnya error

.Menggunakan Alternatif Aplikasi Pembuka Gambar

Masalah file system error (-21472 pada Windows 10 memang penyebabnya murni karena bug atau kesalahan pada aplikasi Microsoft Photos. Oleh karena itu, jika membuka gambar atau foto menggunakan aplikasi lain seperti paint untuk melihat gambar akan dapat Anda lakukan.

Caranya cukup dengan klik kanan pada file gambar atau foto tersebut, kemudian pilih open with, dan terakhir pilih paint. Beberapa alternatif aplikasi lain untuk membuka foto pada Windows 10 yakni FastStone Image Viewer, IrfanView, Nexusimage, XnView, MycView, dan lainnya.

  1. Repair Program Microsoft Photos

Sebetulnya terdapat cara untuk melakukan repair program Microsoft Photos pada Windows. Meskipun tidak menjamin masalah tersebut akan selesai, tetapi ada beberapa pengguna yang berhasil menggunakan cara ini.

Bukalah Start, kemudian pilih Setting, lalu carilah menu Apps, dan pilih Microsoft Photos. Setelah itu klik Advanced Options dan scroll ke bawah sampai nampak tombol repair, terakhir klik tombol tersebut.

  1. Melakukan Reset Program Microsoft Photos

Jika dengan melakukan repair belum berhasil juga, maka Anda dapat mencoba cara lain yakni dengan memilih tombol reset. Tombol tersebut terdapat pada bagian bawah tombol repair.

Caranya dengan membuka Start, pilih Setting, lalu pilih menu Apps, dan pilihlah Microsoft Photos. Kemudian pilih Advanced Options dan lakukan scroll ke bawah sampai menemukan tombol repair. Lalu bagian bawahnya terdapat tombol Reset, klik tombol tersebut.

  1. Menunggu Update Microsoft Terbaru

Oleh karena penyebab masalah error ini adalah karena bug pada pembaharuan windows, maka cara permanen untuk mengatasi yakni dengan menunggu adanya perbaikan pada pembaharuan windows berikutnya.

Oleh karena itu, sebelum Anda menjalankan windows update lebih baik untuk mengecek terlebih dahulu forum-forum Microsoft. Dikarenakan tidak semua update windows akan membawa hasil yang baik. Justru terkadang akan menyebabkan error sehingga beberapa fitur tidak dapat bekerja dengan baik. Termasuk juga fitur pratinjau foto, Bluetooth dan lainnya.

  1. Menjalankan Troubleshooting di Windows

Apabila terjadi error maka melalui menjalankan fitur troubleshooting ini dapat mengidentifikasi dan memperbaiki error yang muncul secara otomatis. Mulai dari windows 7,8,10 memang telah terdapat fitur troubleshooting ini.

Cara penggunaannya dengan menekan tombol winkey+l, lalu klik opsi Update & Security. Selanjutnya scroll ke bawah dan klik “Aplikasi Windows Store”, terakhir klik tombol Run The Troubleshooter.

  1. Disabled Boot dari Aplikasi Lain

Cara yang terakhir Anda dapat menonaktifkan beberapa program yang tidak berkaitan dengan Windows. Caranya yakni buka windows+R, kemudian ketikkan msconfig dan Enter.

Baca Juga : Cara Melihat Password Instagram Sendiri

Kemudian akan terbuka jendela system configuration, lalu lakukan navigasi ke tab service, centang pada hide all Microsoft services. Setelah itu tekan tombol disabled all sampai seluruh service dari manufacture Microsoft corporation di sembunyikan. Lalu centang seluruhnya dan simpan pengaturan. Jadi, intinya Anda harus menghilangkan seluruh service centang dari program kecuali manufacture Microsoft.

Berikutnya navigasi ke tab startup, lalu buka task manager, tekan pada tab startup dan disabled seluruh service yang sedang berjalan ketika windows mulai pertama kali.

Penutup

Sekian informasi mengenai Bagimana Cara Mengatasi File System Error (-21472. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu. Selamat mencoba.

error: Alert: Content is protected !!