Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Cara Mengatasi IC Bios Rusak Dengan Mudah

3 min read

Cara Mengatasi IC Bios Rusak Dengan Mudah

Hai kawan pada artikel sebelumnya kalian tentunya telah membaca bahwa laptop mimin gagal booting, nah setelah ditelusuri salah satu kemungkinannya adalah dikarenakan kerusakan pada IC Bios Laptop / Komputer, sambil belajar maka mimin putuskan untuk mengulas tentang bagaimana cara mengatasi IC Bios Rusak beserta Penyebab dan ciri – ciri nya.

Cara Mengatasi IC Bios Rusak

Sebelum masuk pada pembahasan utama tentang bagaimana cara mengatasi IC Bios Laptop / Komputer Rusak, kita harus tahu dulu apa itu IC Bios.

Jadi IC Bios adalah Hardware atau perangkat keras yang merupakan bagian penting dari motherboard dimana tugasnya adalah untuk mengenali perangkat – perangkat yang terhubung dengan laptop atau Komputer kita.

Bahkan saking pentingnya beberapa teknisi dan ahli komputer mengatakan bahwa IC Bios merupakan bagian pokok dari Motherboard dimana ketika ada kerusakan atau salah pemasangan akan menyebabkan perangkat anda tidak dapat dioperasionalkan hingga diperbaiki oleh ahlinya.

Sehingga kerusakan pada IC bios akan menyebabkan komputer tidak dapat mengenali perangkat yang kan terhubung dengan komputer dan laptop anda dimana itu berarti laptop ada Matiiii.

Baca Juga:

Penyebab IC Bios Rusak

Rusaknya IC bios dapat disebabkan oleh beberapa hal, bahkan hal tersebut sering kita lecehkan ketika sedang menggunakan Komputer dekstop ataupun laptop seperti :

  1. Fraimeware Bios yang digunakan tidak cocok dengan komputer atau laptop.
  2. Gagal Update ” mematikan laptop atau pc ketika proses update belum selesai “
  3. Salah memasang IC Bios
  4. Gagal Flash dan beberapa penyebab lainnya.

Ciri – Ciri Bios Rusak

Ada beberapa ciri ciri yang menandakan bahwa IC bios Laptop / Komputer anda rusak yaitu antara lain :

1. Gagal Booting

Nah ciri pertama yang menandakan bahwa IC Bios rusak adalah gagal booting ( seperti laptop admin kemaren ) hal ini dikarenakan bios tidak dapat mengenali dan menjalankan tugas yang seharusnya.

Booting sendiri merupakan proses penting dalam langkah awal mengoperasionalkan Laptop atau Komputer dimana  saat semua register prosesor diatur kosong dan status mikroprosesor/prosesor diatur ulang.

Nah booting merupakan suatu proses mengoperasionalkan laptop / komputer yang penting, Hal ini karena padaproses inilah laptop akan mengenali hardware yang akan tersambung. Dan seharusnya proses boating sendiri hanya memakan waktu sedikit dan cepat ( tergantung spesifikasi laptop )

2. Layar Laptop Blackscreen atau Blank

Ciri selanjutnya yang menjadi tanda pengenal bahwa IC Bios rusak adalah terjadinya blacksreesn atau blank pada layar laptop / komputer anda saat akan dihidupkan.

Namun untuk memastikan layar blank/hitam karena IC Bios rusak kalian harus memastikan dahulu bahwa kabel yang ke layar sudah terpasang baik dan dalam keadaan baik. Hal ini karena Bisa jadi blacksreen dikarenakan ada kabel rusak atau tidak tersambung dengan benar.

3. Bluesreen atau layar biru

Nah Ciri lainnya yang bisa menandakan bahwa ada kerusakan dalam IC Bios adalah sering terjadinya bluescreen pada saat kita akan menyalakan komputer dekstop atau laptop kita.

Dan bila itu kejadian terus menerus dan sering terjadi maka kalian harus wasapada akan terjadinya kerusakan pada iC bios komputer anda.

4. Speaker Tidak berfungsi

Kejanggalan lain yang dapat merupakan ciri khas IC Bios rusak adalah speaker laptop tidak dapat mengeluarkan suara atau tidak berfungsi dengan baik seperti biasanya.

Baca Juga : Cara Mengatasi Memori Penuh Tanpa Menghapus Aplikasi Di HP Android

Untuk memastikannya kalian dapat mencoba menggunakan earphone atau speaker eksternal atau alat bantu pendengaran lainnya untuk memastikan bahwa speaker benar benar tidak berfungsi,

5. Mati Total

Nah ciri terakhir dan hampir dipastikan sebagai salah satu ciri IC Bios rusak adalah saat laptop atau komputer dekstop kita mati total ( tak ada tanda – tanda kehidupan seperti mesin nyala, bluescreen dll)

Bahkan bukan hanya menandakan Ic bios rusak ringan, Namun ketika laptop mati total itu menandakan bahwa kerusakan yang terjadi sudah pada level akut atau parah ya gaess.

Cara Memperbaiki IC Bios Laptop / Komputer

Nah masuk pada pembahasan utama tentang cara memperbaiki IC Bios laptop Asus, Acer, HP atau berbagai merek lainnya, sebelumnya kita siapkan perlengkapan yang harus ada saat proses perbaikan ya gaes.

Peralatan yang harus disiapkan itu adalah EEPROM CH4A lengkap dengan software programernya ya, Program Bios ( Pastikan sesuai dengan merk laptop/komputer ), Laptop Pendamping , Penjepit atau Chip Soic 8 serta seperangkat alat solder.

Langkah – Langkahnya

  1. Siapkan alat – alat yang telah saya sampaikan diatas pada satu tempat sehingga mudah digunakan
  2. Lepas Casing Komputer atau laptop
  3. Keluarkan chip bios yang tidak berfungsi dari motherboardnya dan sisihkan agar tetap aman.
  4. Keluarkan chip bios yang berfungsi dari motherboard yang berfungsi dan masukkan ke motherboard lain, tetapi jangan menekannya sepenuhnya ke soketnya. Tempatkan chip hanya dengan konektornya menyentuh kontak soket dengan kuat.
  5. Coba boot motherboard dengan chip bios yang dipasang sementara. Anda harus mem-boot sistem ke floppy disk yang berisi bios dan penginstal yang benar untuk motherboard yang rusak. Jangan flash chip bios yang berfungsi.
  6. Dengan hati-hati gunakan penarik chip atau sepasang obeng kecil untuk melepaskan chip bios yang berfungsi dari soketnya. Berhati-hatilah untuk tidak menyentuh logam apa pun dengan alat ini, karena Anda harus membiarkan sistem berjalan untuk ini. Sisihkan chip bios yang berfungsi.
  7. Masukkan chip bios yang rusak dengan kuat ke dalam slot di motherboard yang sedang berjalan. Sekali lagi, berhati-hatilah untuk tidak menyentuh logam apa pun.
  8. Lakukan flash pada bios yang rusak dengan mengikuti petunjuk di Cara Memperbarui BIOS Komputer Anda.
  9. Lakukan Reboot
  10. Jika berhasil, pasang kembali chip bios yang berfungsi di motherboardnya.

Akhir Kata

Nah demikianlah kawan cara memperbaiki IC Bios laptop Yang Rusak yang dikutip mimin dari wikihow. lakukan langkah – langkah diatas dengan hati hati dan cermat ya, karena kesalahan langkah akan dapat membuat laptop atau komputer anda rusak makin parah, semoga membantu.

Namun bila cara diatas belum berhasil kami menyarankan segera bawa ke tempat servive langganan anda, hal ini tentunya guna mencegah kerusakan lain terjadi pada perangkat anda.

 

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!