Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Cara Mengatasi Laptop Gagal Booting

2 min read

cara mengatasi laptop gagal booting

Pasti Anda akan merasa bingung pada saat menyalakan laptop, namun tiba-tiba laptop mengalami gagal booting. Lalu bagaimana cara mengatasi laptop booting ? Yuk langsung kita simak penjelasannya di bawah ini.

Apa itu Booting?

Booting merupakan sebuah proses dimana laptop akan masuk ke dalam sistem operasi. Laptop yang mengalami tidak bisa masuk ke sistem operasi Windows ini merupakan sebuah tanda bahwa terdapat kerusakan di laptop Anda.

Baca Juga:

Tanda dari laptop Anda gagal booting yakni mulai dari layar laptop blank atau berwarna hitam saja. Lalu, pada beberapa laptop layar akan berwarna biru atau bisa juga disebut bluescreen. Atau bahkan  hingga yang lebih parah lagi laptop hanya nyala lalu mati sendiri.

Penyebab Gagal Booting

Berikut ini merupakan beberapa penyebab laptop mengalami gagal masuk ke sistem operasi Windows, antara lain:

  1. Rusaknya Hard Disk

Hard Disk yang rusak bisa menyebabkan laptop mengalami gagal booting. Ketika Hard Disk di laptop Anda rusak, maka pada layar laptop akan menampilkan tulisan “Disk Boot Failure”.

  1. Terdapat Error di BIOS

Basic Input Output System atau yang biasa di singkat dengan BIOS memiliki fungsi sebagai perantara antara perangkat dengan sistem laptop. Jika BIOS ini mengalami masalah, maka tentunya laptop Anda juga akan mengalami gagal booting.

  1. RAM Mengalami Masalah

RAM yang mengalami masalah ini juga bisa membuat laptop mengalami gagal masuk ke sistem operasi Windows. Hal tersebut karena processor perlu membaca dan kemudian memuat sistem operasi. Dan apabila hal tersebut terjadi, maka sudah pasti akan gagal booting.

  1. Sistem Operasi Terkena Virus

Virus dapat membuat sistem operasi menjadi corrupt. Dengan terdapat virus akan membuat sulit membaca file yang ada pada sistem operasi. Akan tetapi, penyebab yang keempat ini, sangat jarang terjadi.

Cara Mengatasi Laptop Gagal Booting

Gagal booting pada laptop bisa kamu atasi menggunakan beberapa cara berikut ini, antara lain:

  1. Mengganti Hard Disk

Apabila penyebabnya karena hard disk rusak, maka satu-satunya cari yakni dengan mengganti hard disk lama dengan hard disk yang baru. Akan tetapi, jika masih bisa, lakukan back up data-data yang penting pada laptop Anda.

  1. Memeriksa RAM

Cara mengatasi laptop booting yang kedua anda dapat memeriksakan RAM yang terdapat pada bagian belakang laptop Anda. RAM yang kotor juga dapat menyebabkan laptop gagal melakukan booting.

Caranya yakni melepas RAM, kemudian membersihkan kuningannya secara hati-hati hingga dirasa bersih. Lalu pasangkan kembali RAM tersebut ke tempat semula dan cobalah untuk menyalakan laptop Anda. Jika penyebabnya karena RAM kotor, maka seharusnya laptop tersebut bisa melakukan booting lagi.

  1. Masuk ke Safe Mode

Safe Mode merupakan mode yang tersedia pada Windows berisikan data serta aplikasi dengan versi basic. Safe Mode ini tentu sangat berguna karena kita masih bisa mengaksesnya meskipun ketika laptop gagal booting.

Baca Juga : Cara Mempercepat Kinerja Laptop

Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengakses Safe Mode:

  • Pertama, Anda perlu menghidupkan laptop terlebih dahulu.
  • Kemudian, tekan tombol F8 pada keyboard secara berulang kali.
  • Lalu pada saat opsi Boot muncul, Anda pilih Safe Mode.
  • Selanjutnya, tekanlah tombol Windows + R. Tombol Windows tertelah antara tombol Fn dan Alt.
  • Berikutnya ketik CMD
  • Jika sudah, ketikkan %systemroot%system32restorerstrui.exe
  • Tekan tombol Enter. Tunggulah beberapa saat hingga muncul aplikasi Windows System Restore.
  • Apabila telah muncul, tekanlah Restore My Computer to an Earlier Time.
  • Terakhir, tekan Next. Maka akan kalender akan muncul saat sistem berada di keadaan yang normal.
  1. Melakukan Instal Ulang

Apabila Anda telah mengikuti ketiga cara di atas namun laptop tetap tidak dapat melakukan booting seperti semula, lakukan install ulang. Install ulang merupakan solusi terakhir yang dapat Anda coba. Dengan melakukan install ulang pada laptop, maka semua virus yang terdapat pada sistem operasi akan terhapus.

Baca Juga : Cara Download Highlight Instagram Secara Online

Namun, yang perlu Anda ingat bahwa dengan menginstall ulang Windows ini, semua data yang ada pada hard disk akan ter-reset. Oleh karena itu, sebaiknya Anda melakukan back up semua data penting terlebih dahulu sebelum melakukan install ulang

Penutup

Itu tadi informasi yang bisa kami berikan mengenai cara mengatasi laptop gagal booting yang dapat Anda coba. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu. Selamat mencoba!

 

 

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!