Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

3 min read

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Siang kemaren saya benar – benar kaget , karena ketika membuka laptop dan menekan tombol layar ternyata hanya ada warna hitam dilayar tanpa ada gambar atau istilahnya setalah saya cari di google adalah blacksreen. Setelah saya cek tombol on / off telah menyala, adap apa ini ? Namun alhamdulillah setelah mencari beberapa tutorial dan tips di blog dan youtube akhirnya laptop kembali Normal. Untuk itu dalam artikel ini saya akan membagikan bagaimana cara mengatasi laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup . Simak pengalaman saya hingga selesai ya !!!

Baca Juga:

Laptop bagi saya memang sudah menjadi kebutuhan karena selain untuk mengerjakan tugas dari kantor juga digunakan untuk nge blog, maka ketika laptop rusak saya panik dan segera mencari tahu bagaimana cara mengatasinya bermodal HP dan kuota internet gratis dengan cara membobol wifi ( hihihi becanda gaes, kuota internet menggunakan Wifi kantor kok ).

Laptop Tidak Bisa Nyala

Di pasaran saat ini banyak merek laptop yang digunakan untuk bekerja, belajar atau sekedar untuk main game, seperti Asus, Acer, HP, lenovo, Zyrex dan masih banyak lainnya.

Baca Juga:

Dimana ketika mengalami masalah perlu ada perbaikan khusus sesuai dengan penyebabnya. Berikut akan kami sampaikan beberapa penyebab utama Laptop Tidak Nyala Tapi Lampu Power Hidup.

Penyebab Laptop tidak bisa menyala

Sebelum kita masuk pembahasan tentang bagaimana cara mengatasi laptop tidak nyala tapi lampu power hidup, kita harus tahu dulu beberapa penyebab yang biasa terjadi dan menyebabkan hal tersebut. dibawah ini beberapa penyebabnya :

1. Kerusakan Baterai

Penyebab yang paling umum dan sering terjadi saat laptop tidak bisa menyala adalah karena ada kerusakan baterai. tingkat kerusakan baterai juga bermacam – macam.

Ada yang rusak ringan karena laptop terlalu sering digunakan hingga baterai benar – benar habis atau rusak sedang dan berat karena memang telah mengalami masa pakai yang cukup lama.

Istilah kasarnya wes wayahe leren ( Sudah waktunya berhenti dan dipensiunkan )

2. Kerusakan HDD ( Hardisk )

Penyebab kedua yang juga sering mengakibatkan laptop tidak mau menyala adalah kerusakan pada Hardisk atau HDD.

Kok bisa mengakibatkan laptop tidak menyala ? Hal itu karena hardisk mempunyai fungsi yang sangat penting bagi operasional laptop yaitu untuk menyimpan data. Baik itu data berupa dokumen, video, musik, film atau data lainnya.

Sebuah PC atau Laptop akan mengalami mal fungsi seperti tidak mau menyala apabila HDD rusak, hal ini karena program sistem operasi juga tersimpan dalam hardisk.

3.  Kerusakan RAM

Kerusakan RAM juga menjadi salah satu penyebab yang palin sering terjadi saat laptop tidak bisa nyala namun lampu indikator / power telah hidup.

RAM adalah kependekan dari Random Acces Memory yaitu hardware Laptop atau PC yang berfungsi sebagai penyimpanan data namun hanya bersifat sementara.

Kerusakan RAM akan dapar sangat menggangu aktifitas bekerja dan belajar apabila hal ini terjadi pada laptop kita.

4. Kerusakan Procesor

Nah penyebab terakhir yang menyebabkan laptop tidak mau nyala biasanya adalah karena ada kerusakan procesor,

Processor merupakan Komponen terpenting dan komponen utama sebuah laptop atau komputer, hal ini karena processor adalah otak dari dari sebuah komputer baik dekstop atao laptop.

Kerusakan sekecil apapun akan menyebabkan sebuah masalah pada komputer baik itu blackscreen, hang, atau bahkan mati total.

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Nah sekarang masuk pada pembahasan inti tentang cara mengatasi laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup. Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa kita harus mengatasi permasalah sesuai dengan penyebabnya.

Untuk itu dibawah ini kami sampaikan beberapa cara mengatasi laptop tidak bisa nyala sesuai dengan penyebabnya :

1. Cek  Dan perbaiki Baterai 

Nah sesuai dengan penyebab paling sering yang bikin laptop tidak bisa nyala maka kalian harus cek kondisi baterai laptop yang kalian punya.

Bila ternyata beterai kosong maka segera cas , setelah penuh coba untuk hidupkan kembali laptop. Dan kemungkinan untuk menghidupkannya butuh waktu lebih lama dari biasanya.

Baca Juga : Cara Mendapatkan dan Menukar Koin Di Snack Vidio

Apabila ternyata telah di cas namun laptop juga belum bisa nyala maca coba untuk lepaskan dulu baterai dengan adaptor listrikmu tetap terhubung dengan listri ( tetap dicolokkan). Nah ketika baterai dicopot namun laptop masihmenyala berarti baterai laptop perlu untuk di lem Biru ( lempar beli baru ) karena berarti bateraimu rusak dan kemungkinan bisa diperbaiki dengan biaya hampir sama dengan beli baru.

Namun jika ternyata baterai tidak bermasalah maka kamu harus lanjutkan dengan cara kedua.

2. Bersihkaan Hardisk atau HDD

Nah bila ternyata tidak terjadi kerusakan pada baterai maka kalian coba bongkar laptopmu dengan tetap hati hati, lalu bersihkan bagian hardisk / HDD, setelah bersih pasang kembali semua perangkat sesuai dengan urutan lalu coba hidupkan kembali laptopnya.

Bila yang menjadi masalah laptop tidak nyala dikarenakan hardisk / HDD kotor maka seharusnya setelah dibersihkan laptop telah bisa dinyalakan dan normal kembali untuk dibuat belajar dan bekerja.

Namun jika laptop tetap tidak bisa nyala ada kemungkinan hardisk mengalami keruskan berat dan harus ganti yang baru, dimana salah satu tanda HDD mengalami keruskan berat adalah adanya notifikasi atau pesan pada layar saat dihidupakn.

namun bila tidak ada notifikasi kalian harus mencoba lanjutkan ke cara ke 3.

3. Bersihkan RAM

Hampir sama dengan membersihkan Hardisk, maka untuk membersihkan RAM kalian harus membuka laptop anda, dan bersihkan RAM dari debu dan pin.

Jangan sembarangan ya ! Untuk membersihkan RAM kalian perlu menggunakan alat khususu atau denga lap yang mempunyai bahan sangat lembut.

Setelah Ram dirasa telah bersih maka pasang kembali perangkat yang tadi kalian lepas sesuai dengan tempatnya masing – masing, kemudian coba nyalakan kembali laptopmu.

Nah Bila laptop tidak bisa menyala karena RAM kotor makan setelah dibersihkan seharusnya laptop telah bisa dinyalakan kembali.

4. Perbaiki Procesor

Debu yang menumpuk juga dapat mengganggu kinerja processor laptop. dan berakibat laptop tidak bisa menyala walu lampu power hidup.

Untuk mengatasinya bongkar laptopmu kemudian bersihkan procesor dengan kain halus dan lembut. perhatikan juga bagian pasta processor atau iso thermal Kalau terlihat kurang baik atau rusak bersihkan dan ganti dengan yang baru.

Akhir Kata

Nah demikianlah ulasan kita kali ini tentang bagaimana Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup, Namun bila semua cara diatas belum berhasil maka segera bawa laptop kalian ke service center untuk menjaga agar laptop tidak makin rusak dan siap digunakan kembali. terima kasih telah mampir di blog literacy militer. Semoga bermanfaat.

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!