Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Cara Mengatasi Lupa Sandi HP

4 min read

Cara Mengatasi Lupa Sandi HP

Cara Mengatasi Lupa Sandi HP – Bagi anda yang pernah lupa sandi maupun pola membuka HP yang anda miliki tentunya tahu bagaimana menyebalkannya situasi ini.

Sebagai salah satu cara pengamanan terhadap HP yang kita gunakan, pemakaian Sandi dan Pola dalam membuka HP memang sangat disarankan untuk digunakan.

Namun pada kenyataannya bahwa masih banyak pula para pengguna smartphone khususnya dengan OS Android yang merasa frustasi karena lupa akan kata sandi dan pola yang telah dibuat sendiri.

Lalu bagaimana cara mengatasi lupa sandi HP yang dapat digunakan dengan mudah dan cepat ? berikut ini pembahasannya.

Cara Mengatasi Lupa Sandi HP

Berikut ini akan kami bagikan tips bagaimana cara mengatasi lupa sandi atau pola HP, sebenarnya di dunia maya khususnya di google telah tersebar banyak cara yang dapat kita ikuti ketika lupa akan pola atau sandi yang Anda pasang di Hp Anda.

Baca Juga:

Namun sayangnya sebagian besar tips tersebut berujung pada keharusan untuk melakukan reset Hp, sedangan didalamnya ada banyak data penting yang bersifat pribadi.

Namun kalian tetap harus optimis karena kami akan bagikan beberapa cara yang mungkin bisa sebagai alternatif menyelesaikan masalah yang kalian hadapi. sebagai berikut :

Menggunakan Menu Forgotten Password

Nah, cara pertama yang bisa Anda lakukan ketika lupa sandi tau pola dalam membuka HP adalah dengan menggunakan fitur forgotten password.

Fitur atau menu ini memungkinkan Anda untuk melakukan penggantian password atau pola yang Anda gunakan sebelumnya dengan pola atau password baru tanpa harus mereset smartphone yang kalian miliki.

Fitur dan menu forgotten pasword akan muncul secara otomatis bila kalian telah minimal 3 kali melakukan kesalahan memasukkan kata sandi atau pola HP yang telah diatur sebelumnya.

Baca Juga : Download Aplikasi Alight Motion Pro Apk Mod Apk 1.2.83 Terbaru Full Unlock

Kabar baiknya adalah dengan menggunakan fitur ini, kita tidak perlu mereset reset HP yang berisi file pribadi dan penting.

Apa yang harus disiapkan ? mudah, kita hanya perlu kuota yang cukup dan koneksi internet yang stabil. Berikut langkah-langkah menggunakan fitur forgotten password :

  1. Ketika notifikasi pola salah muncul, pilih opsi “Forgotten Password”.
  2. Setelah itu, kita masukkan atau isi kolom yang meminta akun Gmail dan kata sandi aktif dan masih kita gunakan. ( email dan kata sandi wajib ingat ya )
  3. Setelah berhasil memasukan akun Gmail beserta sandinya, akan ada menu baru yang memuat pilihan untuk mengubah pola, sandi atau PIN.
  4. Setelah itu, Anda akan dibawa ke halaman utama ponsel.
  5. Anda bisa melakukan penggantian pola, sandi atau PIN yang lebih mudah ataupun menghapusnya.

Menggunakan Menu Android Device Manager

Cara kedua mengatasi lupa sandi HP adalah dengan mengunakan Android Device Manager. tips kali ini terbilang mudah dan cepat.

Hampir sama dengan cara pertama anda perlu menyiapak koneksi internet yang stabil dan sebuah komputer atau laptop.

Menggunakan Android Device Manager tidak mengharuskan Anda mereset ponsel Anda jadi data penting tetap aman terjaga.

Berikut cara menggunakan Android Device Manager :

  1. Di laptop atau komputer, silahkan anda kunjungi dan masuk ke situs Android Device Manager dengan menggunakan email dan kata sandi sama seperti yang anda atur di HP.
  2. Setelah Log kalian akan menemukan cara berupa sebuah maps yang memuat lokasi ponsel Anda saat ini. Di halaman tersebut juga memuat tiga opsi yang bisa Anda pilih, yaitu Ring, Erase dan Lock.
  3. Untuk mengatasi lupa pola atau sandi, Anda bisa memilih opsi Lock.
    cara mengatasi lupa sandi dan pola hp android, Anda akan dibawa ke jendela baru. Di jendela baru tersebut, Anda bisa mengubah pola atau sandi yang ada di ponsel Anda. Buatlah sandi baru untuk ponsel Anda.
  4. Setelah selesai, gunakan pola atau sandi yang baru saja Anda buat untuk membuka ponsel Anda yang terkunci.
  5. selesai.

Menggunakan HP Orang lain

Cara mengatasi lupa sandi atau pola berikutnya adalah dengan menggunakan bantuan Hp orang lain.

Tak kalah mudah dan cepat dari cara pertama dan kedua, Cara ini tidak perlu menggunakan laptop atau komputer untuk membukanya.

Berikut langkah-langkahnya :

  1. Pertama, cari dan Pinjam HP saudara, tetangga, teman atau lain sebagainya.
  2. Lalu anda lakukan panggilan ke HP yang anda miliki dan sedang terkunci.
  3. Ketika HP anda yang terkunci berdering, angkat panggilan tersebut.P
  4. Ketika proses panggilan sudah berhasil, Anda bisa menekan tombol home sehingga ponsel Anda akan masuk ke menu utama.
  5. Selanjutnya, masuklah ke pengaturan dan ubahlah pola atau sandi yang lebih mudah diingat.
  6. Selesai.

Melalui Reboot Safe Mode Android

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan Safe Mode pada ponsel Android. Cara ini biasanya dilakukan dalam kondisi khusus.

Biasanya, ada kasus di mana sebuah ponsel Android tidak bisa dibuka pola atau sandinya disebabkan karena aplikasi pihak ketiga.

Meskipun Anda memasukan akun Gmail Anda, tetap saja ponsel Anda tidak bisa dibuka jika terdapat masalah penguncian oleh aplikasi pihak ketiga.

Untuk mengatasinya, safe mode merupakan cara paling aman dibandingkan melakukan reset.

Berikut langkah-langkahnya :

  1. Pertama, tekan tombol power off di ponsel Anda. Biasanya, akan muncul opsi “power off” atau “restart”.
  2. Setelah dua opsi di atas muncul, tekan lagi tombol power di ponsel Anda hingga opsi untuk melakukan Reboot Safe Mode muncul. Tekan tombol OK atau Yes.
  3. Ponsel Anda akan loading hingga restart kembali. Setelah itu, ponsel akan masuk ke menu safe mode.
  4. Melalui safe mode, lakukan proses uninstal aplikasi penguncian pihak ketiga yang membuat ponsel Anda terkunci.
  5. Setelah aplikasi di-uninstall, lakukan tombol restart dengan menekan tombol power beberapa saat atau pilih opsi restart.
  6. Selesai

Menggunakan ADB

Cara membuka HP lupa pola dan sandi berikutnya adalah dengan menggunakan ADB. Menggunakan cara ini tidak akan mereset ponsel Anda sehingga semua data Anda yang belum di-back up tidak akan hilang. Untuk menggunakan fitur ADB.

Ikuti langkah-langkah berikut :

  1. Sambungkan smartphone Anda yang terkunci dengan sebuah laptop atau komputer.
  2. Selanjutnya, Anda dapat memasukan perintah untuk masuk ke dalam direktori instalasi ADB.
  3. Kemudian masukan perintah adb shell rm/data/system/gesture.key. Setelah itu, tekan tombol Enter pada keyboard laptop atau komputer Anda.
  4. Cabut ponsel Anda, kemudian lakukan reboot pada smartphone Anda. Tunggu hingga ponsel aktif kembali.
  5. Layar terkunci akan hilang di dalam smartphone Anda. Namun, hanya sementara. Anda dapat masuk ke menu Pengaturan atau Setting untuk mengubah pola atau sandi yang baru atau menghapusnya.
  6. Selesai

Menggunakan Recovery Mode

Cara terakhir yang bisa Anda tempuh jika semua cara di atas tidak berhasil Anda lakukan adalah dengan menggunakan Recovery Mode.

Resiko dari menggunakan Recovery Mode adalah semua data yang ada di dalam ponsel Anda akan terhapus secara permanen jika tidak di-backup di dalam sistem akun Google Anda.

Langkah ini juga membuat semua sistem dan pengaturan yang ada di dalam ponsel Anda akan hilang karena ponsel Anda di-reset secara permanen.

Berikut langkah-langkahnya :

  1. Matikan ponsel Anda. Setelah itu, masuk ke mode Recovery Mode. Untuk dapat masuk ke dalam Recovery Mode, setiap pabrikan ponsel memiliki cara yang berbeda-beda. Jika Anda pengguna ponsel Samsung, Anda dapat masuk ke dalam Recovery Mode dengan cara menekan Power dan Volume Down pada saat ponsel Anda dalam kondisi mati. Kemudian ponsel Anda akan nyala kembali dan masuk ke dalam Recovery Mode.
  2. Setelah berhasil masuk ke Recovery Mode, pilih opsi Wipe Data/Factory Reset. Gunakan tombol volume atas dan bawah untuk navigasi di dalam Recovery Mode.
  3. Setelah memilih opsi Wipe Data/Factory Reset, tekan tombol OK atau Yes menggunakan tombol Power.
  4. Ponsel Anda akan direset selama proses loading. Tunggulah hingga proses selesai.
  5. Setelah proses loading selesai, tekan opsi Reboot System Now.
  6. Selesai

Akhir Kata 

Nah demikianlah kawan, beberapa cara mengatasi lupa sandi HP atau Pola smartphone yang kita miliki. tak ada jaminan berhasil, namun setidaknya dari keenam langkah tersebut kami yakin akan ada salah satu yang dapat membantu anda.

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!