Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Cara Mengatasi Memori Penuh Tanpa Menghapus Aplikasi Di HP Android, Dengan Mudah !

2 min read

Cara Mengatasi Memori Penuh Tanpa Menghapus Aplikasi Di HP Android

Cara Mengatasi Memori Penuh Tanpa Menghapus Aplikasi Di HP Android – Ketika memakai ponsel pasti akan mengunduh beberapa aplikasi yang dibutuhkan untuk aktivitas sehari-hari. Semakin lama masa ponsel kita maka semakin banyak pula data-data yang disimpan pada ponsel, baik itu berupa aplikasi ataupun data yang lainnya seperti foto dan juga video.

Baca Juga:

Karena hal itulah yang menyebabkan seringkali memori ponsel yang dipakai untuk menyimpan aplikasi dan data tersebut semakin berkurang jumlah space kosongnya di memori ponsel.

Faktanya apabila semakin memori di ponsel tersisa sedikit, maka suatu saat nanti kita akan menghadapi suatu masalah yaitu tidak bisanya mengunduh aplikasi baru. Sebagai solusi dari persoalan ini, cara yang paling tepat untuk digunakan yaitu dengan menghapus beberapa aplikasi terinstal yang sudah jarang terpakai lagi tujuannya agar untuk mengosogkan memori ponsel.

Baca Juga : Cara Mengatasi Download Di Blokir Google Chrome pada PC

Namun bagaimana jika semua aplikasi yang ada di ponsel kita ternya penting dan masih sering kita gunakan? Jangan khawatir, kami akan memberikan beberapa cara mengatasi memori penuh tanpa menghapus aplikasi di hp Android. Berikut caranya:

Cara Mengatasi Memori Penus Tanpa Menghapus Aplikasi di HP Android

Ok , beginilah cara mengatasi memori penuh tanpa menghapus aplikasi di HP android, silahkan pilih salah satu cara yang terbaik :

1. Melakukan Backup Data Pribadi

Jika ponsel Anda tidak dilengkapi dengan kemampuan menambah memori eksternal lewat micro SD, maka jangan panik. Tersedia banyak cara yang dapat dilakukan untuk melakukan backup data pribadi Anda.

Salah satunya yaitu melalui memakan komputer ataupun laptop yang Anda miliki untuk dijadikan sebagai tempat penyimpanan data-data di ponsel Anda. Saran kami, Anda secara rutin untuk melakukan backup data, tujuannya agar mengantisipasi apabila suatu saat nanti ada masalah yang terjadi di ponsel Anda.

2. Membersihkan History Chat pada Aplikasi Sosmed

Sudah tahukah Anda bahwa history chat pada aplikasi sosial media akan memakan banyak memori? History chat ini bisa saja ternyata menjadi hal utama yang akan memakan banyak memori di HP Anda.

Apalagi jika Anda bergabung dengan banyak grup aktif yang sering membagikan foto dan video, atau mungkin chat dari teman, saudara, pacar, suami, istri dan sebagainya yang berjumlah hingga ribuan tidak pernah kamu hapus ini juga akan memakan banyak memori.

Namun, jika Anda memang tidak memiliki keinginan untuk menghapus chat tersebut, maka bisa dilakukan backup lewat berbagai macam cara. Salah satu caranya yaitu dengan mengunggahnya ke google drive.

3. Memindahkan Aplikasi ke Memori Eksternal

Umumnya jika memori HP Anda penuh maka akan muncul notifikasi berupa pemberitahuan bahwa memori HP Anda hampir penuh. Bagi HP Android yang memiliki kemampuan untuk menambahkan memori eksternal melalaui micro SD, maka cara ini dapat digunakan.

Anda hanya perlu melakukan pemindahan terhadap beberapa atau bahkan semua data pribadi Anda ke Micro SD, misalnya seperti memindahkan foto, video,  hingga dokumen-dokumen penting lainnya. Cara memindahkan ke memori eksternal yaitu dengan memakai fitur aplikasi bawaan file manager yang terdapat pada HP.

4. Membersihkan Cache Aplikasi

Cara yang keempat yang dapat dipakai untuk membersihkan memori HP yaitu melalui menghapus semua cache dari aplikasi yang memang sudah  tidak dibutuhkan lagi. Cache merupakan file sementara yang disimpan oleh sebuah aplikasi pada memori ponsel dan tentunya akan mengakibatkan ukuran asli dari aplikasi tersebut menjadi bertambah.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Uang Dari Wattpad

Anda dapat menjumpai pilihan untuk menghapus cache ini melalui fitur setelan. Namun, harus diperhatikan bahwa sebelum menghapus cache aplikasi, Anda harus berhati-hati terlebih dahulu karena pada beberapa aplikasi tersebut akan menyimpan data pada cache. Untuk aplikasi yang memang harus dihapus cachenya yakni aplikasi peramban salah satunya.

5. Menggunakan Aplikasi Lite

Menggunakan aplikasi yang menggunakan kata-kata “lite” ini akan sangat membantu untuk menjaga memori agar tidak termakan terlalu banyak. Saat ini ada banyak developer yang sudah membuat aplikasi menjadi versi lite untuk memenuhi yang dibutuhkan target pasarnya.

Contoh dari aplikasi “lite” ini antara lain Youtube Lite, Line Lite, PUBG Lite, Facebook Lite, Twitter Lite, dan tentunya masih ada banyak lagi. Aplikasi lite ini memiliki beberapa kelebihan ataupun keuntungan, yaitu apabila Anda menggunakan aplikasi lite maka memori yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Selain itu, aplikasi lite lebih menghemat data yang kita gunakan.

Penutup

Memiliki banyak aplikasi pada ponsel sebenarnya bukan hal yang salah. Akan tetapi lebih baik jika Anda memilah aplikasi yang masih sering dipakai dan sudah jarang dipakai lagi. Untuk aplikasi yang sudah jarang dipakai bisa Anda uninstall agar tidak memakan banyak memori di HP.

Sekian informasi mengenai cara mengatasi memori penuh tanpa menghapus aplikasi di HP Android. Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat mencoba!

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!