Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Ini Dia Cara Mengatasi Memori Internal HP/Ponsel yang Mudah Penuh

3 min read

Ini Dia Cara Mengatasi Memori Internal HP/Ponsel yang Mudah Penuh

Ini Dia Cara Mengatasi Memori Internal HP/Ponsel yang Mudah Penuh – Ponsel merupakan salah satu perangkat yang yang sangat banyak digunakan yang dibutuhkan di tengah masyarakat. Berbagai data bisa disimpan melalui perangkat ini sehingga saat membutuhkannya kamu bisa membuka perangkat tersebut untuk melihat atau membaca data tersebut.

Salah satu masalah yang sering terjadi yang berkaitan dengan penyimpanan data tersebut ialah memori ponsel yang mudah penuh. Biasanya bagian internal atau memori bawaan ponsel menjadi bagian yang lebih mudah penuh karena terisi oleh beberapa data. Banyak sekali keperluan yang bisa ditangani dengan cara menyimpan data pada perangkat ponsel.

Namun lama-kelamaan memorinya bisa penuh dan pada akhirnya Anda tidak bisa menginput dan menambahkan data baru. Untuk mengatasi memori internal ponsel yang mudah penuh umumnya kamu akan menghapus beberapa file yang sudah tidak digunakan. Namun cara ini saja tidak cukup karena biasanya notifikasi bahwa memori penuh tetap saja muncul.

Cara Mengatasi Memori Internal HP/Ponsel yang Mudah Penuh

Perlu cara tambahan lainnya agar bisa lebih maksimal membuat memori tersebut tidak mudah penuh. Sebab beberapa fungsi dari ponsel dan kinerjanya akan terganggu jika kondisi memori terlalu penuh. Kinerjanya bisa terhambat atau hang bahkan beberapa aplikasi bisa saja tiba-tiba tidak bisa digunakan sama sekali.

Untuk bisa mengatasi masalah ini kamu bisa melakukan beberapa cara berikut ini.

Baca Juga:

Membersihkan Cache

Cache merupakan bagian penyimpanan data yang bersifat sementara yang memiliki fungsi utama dalam mempercepat kinerja sistem Android yang berasal dari penggunaan aplikasi sehari-hari. Pada saat aplikasi pada ponsel kamu buka maka nantinya akan secara otomatis tersimpan beberapa data tertentu.

Baca Juga : Cara Menyadap HP Suami dari Jarak Jauh Tanpa Diketahui

Data itulah yang biasa disebut dengan cache yang kurang lebih bisa diartikan sebagai sampah. Jika jumlahnya semakin banyak maka akan memakan memori yang cukup banyak hingga mencapai ratusan MB. Jika terus dibiarkan maka memori internal bisa cepat penuh dan membuat kinerjanya terganggu.

Memori internal ponsel yang mudah penuh tidak semuanya berisi data-data atau file yang Anda masukkan. Salah satu yang membuatnya penuh ialah adanya cache tersebut sehingga kamu harus membersihkannya secara rutin. Masuklah ke menu pengaturan dan pilih manajemen aplikasi atau sejenisnya.

Nantinya daftar aplikasi yang terpasang pada ponsel akan muncul. Klik salah satu aplikasi yang menurutmu paling sering digunakan. Nantinya akan muncul beberapa keterangan mengenai aplikasi tersebut termasuk jumlah cache yang ada dalam aplikasi tersebut. Pilih menu clear cache untuk menghapus cache atau sampah tersebut.

Install Aplikasi Seperlunya

Cara lain untuk mengatasi memori internal ponsel yang mudah penuh ialah dengan mengi-nstall atau memasang aplikasi seperlunya saja. Aplikasi memiliki ukuran memori yang cukup besar sehingga bisa memakan kapasitas memori internal yang cukup besar. Pada saat digunakan juga otomatis akan mengurangi sisa kapasitas memori yang berasal dari data-data di dalamnya.

Untuk bisa membuat ponsel tidak terlalu penuh maka kamu bisa mengatasinya dengan hanya mengunduh dan memasang aplikasi yang benar-benar diperlukan saja. Beberapa orang seringkali memasang berbagai aplikasi yang dianggap perlu padahal dalam sehari-hari tidak begitu digunakan.

Aplikasi inilah yang tidak boleh kamu pasang secara sembarangan karena hanya akan membuat memori internal menjadi mudah penuh. Pilihlah aplikasi yang benar-benar sedang kamu butuhkan terutama jika sedang urgent. Bila perlu hapuslah aplikasi lain yang sudah tidak begitu digunakan agar sisa ruang memori menjadi lebih besar.

Pindahkan Data Ke Memori Eksternal

Memori eksternal biasanya berupa kartu SD yang bisa dipasang melalui ruang khusus yang sudah tersedia pada perangkat ponsel. Fungsinya tetap sama seperti memori internal yaitu untuk menyimpan berbagai data yang ada pada ponsel. Hal ini bisa kamu manfaatkan untuk megatasi memori internal ponsel yang mudah penuh.

Kamu bisa memindahkan berbagai data bahkan aplikasi ke memori eksternal tersebut. Buka pengaturan pada ponsel dan pilih pengaturan penyimpanan. Ubah pengaturannya menjadi penyimpanan ke kartu memori atau SD card. Nantinya otomatis saat kamu memasang atau menyimpan data-data maupun aplikasi baru maka akan tersimpan ke memori eksternal.

Hal ini tentunya akan membuat kapasitas memori internal menjadi lebih luas dan tersisa cukup banyak. Jika memori eksternal penuh maka tidak akan terlalu menghambat kinerja ponsel yang kamu gunakan. Akan tetapi jika memori internal yang terlalu penuh maka kinerja ponsel akan otomatis terhambat dan mengganggu aktivitasmu bersama perangkat tersebut.

Untuk mengatasi memori internal ponsel yang mudah penuh kamu bisa memilih jenis SD card yang memiliki kapasitas memori yang cukup besar. Pilih SD card yang memiliki kapasitas di atas 2 GB agar mampu menyimpan berbagai data serta aplikasi yang akan kamu pasang. Jika kamu ingin memindahkan aplikasi ke penyimpanan eksternal maka pemilihan SD card berkapasitas besar akan sangat membantu.

Uninstall Aplikasi yang Tidak Digunakan

Selanjutnya kamu juga bisa menghentikan atau meng-uninstall aplikasi yang sudah tidak digunakan. Hampir setiap perangkat ponsel smartphone sering memiliki aplikasi bawaan yang tidak semuanya begitu efektif digunakan dan membantu para penggunanya. Aplikasi bawaan seperti ini juga bisa kamu hapus melalui pengaturan aplikasi.

Atau jika aplikasi tersebut terpasang pada layar maka kamu bisa menekan ikon aplikasi tersebut dalam waktu yang cukup lama hingga muncul tanda cakra pada bagian atas aplikasi. Menghapus aplikasi melalui manager aplikasi juga sangat disarankan karena kamu bisa menghapus beserta cache dan data-datanya.

Kamu bisa mengatasi memori internal ponsel yang mudah penuh dengan cara ini sehingga membuat sisa kapasitas memori internal menjadi lebih banyak. Biasanya aplikasi inilah yang menyebabkan memori internal termakan sangat banyak. Pilihlah berbagai aplikasi yang sama sekali tidak kamu gunakan.

Matikan Auto-Download Media dari WhatsApp

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi yang paling sering digunakan setiap hari oleh hampir seluruh pengguna ponsel. Di dalamnya terdapat aktivitas berkirim gambar hingga video. Kamu bisa mengunduh atau menyimpan kedua data tersebut secara otomatis sehingga sudah tersimpan di galeri atau penyimpanan.

Karena hal inilah maka otomatis memori internal ponsel menjadi terpakai sesuai dengan jumlah memori dari masing-masing media. Untuk mengatasi memori internal ponsel yang mudah penuh kamu bisa mematikan pengaturan auto download yang membuat gambar ataupun video tersimpan secara otomatis pada memori internal.

Baca Juga : Download Aplikasi Aero Whatsapp 8.11 Apk Terbaru 2021

Nantinya jika pengaturan tersebut dimatikan maka setiap ada gambar atau video baru pada WhatsApp tidak akan tersimpan otomatis pada ponsel. Dengan begitu kamu bisa memilih terlebih dahulu gambar atau video mana yang akan kamu simpan ataupun tidak. Hal ini cukup bijak untuk tidak memakan kapasitas memori yang terlalu besar untuk gambar atau video yang tidak diperlukan.

Demikianlah beberapa hal yang bisa kamu lakukan dalam cara mengatasi memori internal HP/ponsel yang mudah penuh. Memori pada ponsel memang sangat penting untuk terutama yang sehari-hari bekerja dan beraktivitas melalui ponsel. Dengan begitu tidak ada pekerjaan atau aktivitas yang akan terhambat akibat memori yang terlalu penuh.

 

 

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!