Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Cara Mengatasi Windows 7 Not Genuine Layar Hitam

4 min read

Cara Mengatasi Windows 7 Not Genuine Layar Hitam

Menghilangkan not genuine windows 7 – Tak ada yang sempurna, mungkin itulah kata yang tepat ketika kita berbicara dan ngerumpi tentang OS Computer ” Windows “.

Mengapa ? Karena walau saat ini menjadi sistem operasi yang paling banyak di gunakan di dunia, namun ada saja permasalahan yang kita temukan sebagai pengguna ( maaf yang bukan pengguna os windows ya ).

Salah satu permasalahan itu adalah This copy file of Windows is not genuine. Nah untuk itu kali ini kita akan membahas dan mencari solusi atas salah satu permasalahan yang sering terjadi tersebut dengan judul cara mengatasi windows 7 not genuine layar hitam.

Cara Mengatasi Windows 7 Not Genuine Layar Hitam

Sistem operasi windows memang bukan gratisan, artinya ketika kalian menggunakan versi trial atau menggunakan versi yang telah kadaluwarsa maka ada beberapa masalah yang akan mengancam. salah satunya adalah latar belakang pada layar laptop atau dekstop menjadi hitam dilengkapi dengan notice “This copy file of Windows is not genuine

Hal tersebut tentunya sangat menganggu kerja kita karena beberapa fitur akan terblock dan tak dapat digunnakan, untuk setelah disaring dari beberapa sumber termasuk diantaranya dari blog dianisa.com maka kita akan bahas tentang bagaimana cara mengatasi windows 7 not genuine layar hitam, berikut ulasan selengkapnya.

Baca Juga:

Penyebab Windows 7 is not genuine

Sebelum masuk pada pembahasan utama tentang bagaimana menghilangkan not genuine windows 7, kita ulas dulu penyebab munculnya permasalahan dengan notice “This copy file of Windows is not genuine”,

Pada laptop saya sendiri hal ini pernah terjadi karena OS windows yang saya gunakan adalah versi Trial dimana masa percobaannya telah habis, namun masih ada penyebab lain yang dapat menyebabkab permasalahan tersenut antara lain :

  • Windows Update aktif. Nah penyebab permasalahan windows 7 is not genuine lainnya yang sering terjadi adalah adalah Windows Update pada komputer atau laptop Anda dalam keadaan aktif. Hal demikian ini menyebabkan komputer secara otomatis mengupdate software saat terhubung internet. Bagi yang resmi hal ini tentunya bukan suatu masalah namun bagi pemakai os windows bajakan akan langsung terjadi permasalahan layar hitam.
  • Firewall aktif. Selain windows update sedang aktif, permasalahan Windows is not genuine juga dapat dikarenakan Firewall yang sedang kondisi aktif. mirip dengan Windows Update, maka ketika kalian menggunakan versi tidak resmi maka firewall akan mem block sistem operasi anda.

Mengatasi “This copy of Windows is not genuine” pada Windows 7                     

Nah masuk pada pembahasan utama yuk kita ulas bagaimana solusi dan cara Mengatasi “This copy of Windows is not genuine” pada Windows 7  , dengan berbagai metode yang dapat kalian ikuti.

1.Memasukkan Perintah SLMGR –REARM Di Command Prompt (CMD)

Kita akan mencoba mengatasi masalah dengan memasukkan di Perintah SLMGR –REARM Command Prompt (CMD), SLMGR sendiri merupakan kependekan dari Server License Manager yang berfungsi mengelola lisensi pada dekstop atau laptop anda.

Baca Juga : Cara Mengatasi IC Bios Rusak

Sedangkan REARM sendiri mempunyai fungsi mengatur ulang status lisensi mesin di sistem operasi Windows 32-bit dan 64-bit. lalu bagaimana langkah selengkapnya ? ini dia caranya :

  1. Kesatu, tekan menu Start » ketik “CMD” di kolom type here to search di pojok kiri bawah komputer.
  2. Kedua, Klik kanan CMD » Lalu klik Run as administrator.
  3. Ketiga, Ketik perintah SLMGR –REARM » lalu klik Enter.
  4. Keempat, di jendela konfirmasi » tekan OK.
  5. Terakhir, Restart Komputer baik laptop maupun dekstop anda
  6. Selesai.

Bagaimana ? sudah berhasil ? Nah bila langkah diatas belum berhasil maka kita ulangi sekali lagi cara diatas namun pada langkah ketiga kita klik perintah SLMGR /REARM.

Masih belum berhasil ? malah muncul salah satu peringatan berikut  “This maximum allowed number of rearms has been exceeded” atau “SLMGR is not recognized as an internal or external command”.

Maka anda silahkan ikuti langkah – langkah berikut :

Cara mengatasi bila peringatan  “This maximum allowed number of rearms has been exceeded”

  1. Kesatu, klik Logo Windows + R untuk membuka jendela “Run”.
  2. Kedua, ketik regedit di kolom pencarian lalu tekan Enter.
  3. Ketiga, tekan HKEY_LOCAL_MACHINE » Software » Microsoft » Windows NT » Current Version.
  4. Keempat,tekan SoftwareProtectionPlatform lalu pilih SkipRearm.
  5. Kelima, klik kanan “SkipRearm” lalu pilih Modify.
  6. Keenam, Muncul kotak dialog “Modify” lalu ubah Value data dari 0 menjadi lanjutkan dengan klik OK.
  7. Terakhir, lakukan Restart pada komputer Anda.
  8. Selesai.

Cara mengatasi bila peringatan  “SLGMR is not recognized as an internal or external command”

  1. Kesatu, klik Windows Explorer lalu pilih Local Disk (C:).
  2. Kedua, klik ganda pada folder Windows lalu tekan System32.
  3. Ketiga, cari file dengan ekstensi slmgr dan ubah nama file menjadi vbs.
  4. Keempat, Restart komputer Anda dan jalankan perintah SLMGR –REAMR atau SLMGR /REARM seperti biasa
  5. Selesai.

2. Matikan Windows Updates

Nah seperti yang telah kami sampaikan diatas bahwa Windows mempunyai fitur update yang dapat secara otomatis mengupdate setiap ada pembaharuan pada sistem operasi, bukan hanya pembaharuan fitur ini juga mampu mengetahui apakah OS yang anda gunakan legal atau illegal.

Namun tenang ada cara agar windows update tidak secara otomotis berjalan, yaitu dengan menonaktifkan fitur ini dengan langkah – langkah sebagai berikut :

  1. Langkah pertama, tekan Logo Windows + R untuk membuka jendela “Run”.
  2. Lanjut langkah kedua, ketik services.msc di kolom pencarian lalu tekan Enter.
  3. langkah ketiga, cari dan klik ganda pada Windows Update.
  4. Langkah keempat, pada menu “Startup type”, dirubah menjadi Disabled lalu Apply dan klik OK.
  5. Selesai.

3. Uninstall update KB971033 pada Windows 7              

Nah cara selanjutnya Mengatasi Windows 7 Not Genuine Layar Hitam khususnya dengan  keterangan This copy file of Windows is not genuine adalah dengan uninstall Update Windows 7 KB971033 .

Mengapa ? karena hal ini juga mempunyai fungsi untuk mendeteksi Windows yang kalian pakai resmi atau bajakan. Nah Untuk itu, jika Anda tidak ingin mendapatkan notice atau peringatan“Windows 7 build 7601, This copy file of Windows is not genuine“ uninstal saja. ini langkah- langkahnya :

  1. Langkah kesatu, Masuk ke menu Start dan pilih menu Control Panel.
  2. Langkah kedua, Klik Programs lanjutkan dengan tekan Program and Features.
  3. Langkah ketiga, klik View Installed Updates dan tunggu sesaat.
  4. Langkah ketiga, tekan klik kanan menu “Update for Microsoft Windows (KB971033)” lalu klik Uninstall.
  5. Langkah terakhir, restart komputer Anda.
  6. Selesai.

4. Jalankan Perintah Resultant Set of Policy (RSOP)

Peringatan windows 7 not genuine layar hitam juga dapat disebabkan oleh konfigurasi yang kurang benar, Nah untuk mengatasi hal ini, kalian harus  jalankan perintah RSOP dan perbaiki konfigurasi kembali menu Plug and Play. Dengan langkah sebagi berikut :

  1. Langkah Pertama, klik Logo Windows + R untuk membuka jendela “Run”.
  2. Langkah Kedua, Ketik kata rsop.msc di kolom pencarian lanjutkan dengan tekan Enter.
  3. Langkah ketiga, Di jendela Menu RSOP, Tekan menu Windows Settings lanjut Security Settings tekan lagi System Services.
  4. Langkah Keempat, klik kanan Plug and Play lalu pilih Properties.
  5. Langkah Kelima, Dalam “Startup Mode” ubah menjadi Automatic lalu Apply lanjut tekan OK.
  6. Langkah Keenam, Tutup jendela “RSOP” dan tekan kembali Windows + R lalu ketik gpupdate/force, dilanjutkan tekan Enter.
  7. Langkah terakhir, Restart laptop / PC.
  8. Selesai.

5. Gunakan Software Windows Loader

Masih belum teratasi ? masih ada lagi cara lain yang dapat anda gunakan yaitu menggunakan software yang disebut windows loader, ini langkah – langkahnya :

  1. Kesatu, Nonaktifkan antivirus pada komputer.
  2. Kedua, Download dan install, Windows Loader
  3. Ketiga, klik kanan Windows Loader lalu Klik Run as administrator.
  4. Keempat . Cek di Menu “Status”, apabila tertulis “Unlicensed” maka Windows Anda belum teraktivasi.
  5. Kelima, Silakan klik Install.
  6. Keenam, Setelah aktivasi berhasil, klik tombol Restart. ( Bla belum berhasil ulangi langkah sekali lagi dengan teliti )
  7. Ketujuh, Setelah itu  kllik Start lanjut klik kanan Computer lalu pilih Properties. nah disini cek apakah Proses aktivasi Windows 7 berhasil.
  8. Selesai.

6. ReInstall atau Install Ulang Windows 7

Nah jika kelima langkah diatas belum berhasil juga maka lakukan langkah pamungkas yaitu install ulang Windows 7 yang sedang kalian pakai. Selain mudah langkah ini juga mempunyai persentasi keberhasilan 100 % dan dijamin peringatan “This copy file of Windows is not genuine” akan dapat teratasi. namun tentunya tidak gratis ! ada biaya yang harus dikeluarkan bila kalian menggunakan jasa profesional.

Akhir Kata

Nah cukup sekian dulu ya pembahasan kita kali ini tentang bagaimana cara mengatasi permasalahan Windows 7 is not genuine /menghilangkan not genuine windows 7 pada komputer baik dekstop maupun laptop. jangan lupa baca juga artikel tentang Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup. semoga bermanfaat.

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!