Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Cara Mengetahui Kecepatan Internet / Wifi Di Laptop Dan HP Android

3 min read

Cara Mengetahui Kecepatan Internet / Wifi Di Laptop Dan HP Android

Dengan berkembangnya teknologi yang sangat cepat, Saat ini Internet telah menjadi sebuah kebutuhan dalam segala kegiatan mulai dari belajar, rapat dan bekerja. Namun terkadang kita mengalami beberapa kendala seperti sinyal susah, melebihi batas kuota sehingga kecepatannya melambat. Nah disaat melambat itulah kita akan timbul rasa penasaran sebenarnya berapa kecepatan internet kita, untuk mendapat jawaban pertayaan tersebut, kali ini kita akan membahas tentang bagaimana Cara Mengetahui Kecepatan Wifi Di Laptop Dan HP Android.

Cara Mengetahui Kecepatan Internet / Wifi Di Laptop Dan HP Android

Berapa kecepatan wifi yang kalian miliki sahabat ? Untuk mengetahui  kecepatan wifi kita terbiasa menghubungi sang provider internet. Cara ini sebenarnya tidak salah namun mungkin sedikit buang waktu dan tenaga, karena kita dapat mengeceknya sendiri dengan mudah.

Bagi saya pribadi mengetahui seberapa  cepat wifi, sangatlah penting, karena kita akan dapat memprediksi berapa lama waktu belajar dan bekerja khususnya ketika harus mendownload sebuah file sehingga tidak ada waktu terbuang sia – sia.

Nah sekarang jadi penasaran kan berapa sebenarnya kecepatan internet wifi anda, untuk itu ikuti terus pembahasan kali ini ya !

Cara Mengetahui Kecepatan Internet Di Laptop / PC

Sebagian besar para pekerja kantoran saat ini masih menggunakan PC / Laptop dalam menjalankan tugas – tugasnya, termasuk diantaranya untuk berselancar di Internet dengan menggunakan wifi kantor pastinya. Dan pada saat – saat tertentu tak tertutup kemungkinan kecepatan internet Menjadi Lemot. Berikut ini Cara Mengetahui Kecepatan Internet Di Laptop / PC :

Baca Juga:

1. Melalui Situs Fast.com

Cara pertama ini merupakan pilihan utama admin literacy militer dalam melakukan pengecekan kecepatan internet, Mengapa ? Karena Caranya sangat mudah dan simpel.

Kalian cukup mengunjungi situs / web Fast Com, dan ternyata situs ini akan secara otomatis mengecek kecepatan internet atau wifi anda secara real time saat itu juga.Kalian tinggal tunggu sesaat ketika fast com bekerja, Dan setelah berhenti maka Cling … kalian akan mengetahui kecepatan internet dan wifi yang saat ini sedang kalian gunakan.

2. Kunjungi Situs speedtest.net

Cara Mengetahui Kecepatan Internet Di Laptop / PC yang kedua adalah dengan software dari web atau situs speedtest.net.

Untuk mengetahui Kecepatan Internet dan wifi Di Laptop / PC dengan web speedtest.net sebenarnya tak kalah mudah dengan menggunakan situs fast.com. Kalian hanya perlu satu tambahan tindakan yaitu klik menu / tombol ” GO “.

Jadi saat anda mengunjungi situs web speedtest.net , akan muncul tombol ” GO ” . Dengan mengklik tombol ini maka speedtest akan mulai bekerja untuk mengkalkulasi kecepatan internet / wifi anda saat ini.

Sama halnya dengan fast.com kalian harus menunggu beberapa saat untuk memberikan waktu aplikasi mengecek dan melaporkan kecepatan wifi anda.

3. Menggunakan indihome speedtest

Selain provider internet, Indihome berusaha terus untuk memuaskan penggunanya dengan meningkatkan kualitas pelayanan dan kecepatan intermet yang mereka sediakan.

salah satu layanan itu adalah dengan memberikan layanan pengecekan kecepatan internet dengan mudah.

Kalian tinggal mengunjungi situs Indihome Speedtest di url berikut http://www.indihomesolution.com/p/speedtest.html.

lalu sama dengan pengecekan saat menggunakan speedtest.net, kalian harus menekan atau klik tombol ” GO ”

Tunggu sampai proses selesai dan kalian akan mengetahui berapa kecepatan internet lengkap dengan kecepatan upload atau juga download.

Cara Mengetahui Kecepatan Internet Di HP

Pada dasarnya cara mengetahui kecepatan internet di PC / laptop juga dapat digunakan di HP baik android maupun iphone anda.

Namun selain itu kalian juga dapat mengetahui kecepatan wifi di HP dengan lebih mudah menggunakan aplikasi yang dapat di download di appstore atau playstore anda.

Berikut beberapa aplikasi dan langkah pengecekan kecepatan internet yang dapat kalian lakukan :

1. Menggunakan Aplikasi Speedtest By Okla

Nah kita dapat mengetahui kecepatan internet melalui aplikasi speedtest, berikut langkahnya :

  1. Hubungkan HP ke wifi dan pastikan mempunyai kuota internet.
  2. Kunjungi Playstore dan ketik di pencarian ” Speedtest “
  3. Bila ketemu tekan dan klik Download aplikasi Speedtest
  4. Setelah terdownload pasang dan Install aplikasi nya hingga selesai.
  5. Kemudian buka aplikasi speedtest yang telah terpasang di HP anda
  6. Tekan tombol “GO” untuk memulai melakukan pengecekan kecepatan internet /wifi.
  7. Tunggu hingga proses selesai dan Clinggg … dilayar HP anda akan muncul kecepatan internet anda saat ini

2. Menggunakan Aplikasi internet speed test by Yuhi Development

Serupa dengan speedtest By Okla , Yuhi Development, LLC juga menawarkan aplikasi serupa yang tak kalah cepat dan praktis.

Langkah – langkah yang harus kalian lakukan juga hampir sama dengan menggunakan Speedtest by Okla, yaitu :

  1. Kunjungi Playstore dan ketik di pencarian ” Internet Speed test “
  2. Setelah ketemu tekan dan klik Download aplikasi ” internet Speed test “
  3. Setelah terdownload pasang dan Install aplikasi nya hingga selesai.
  4. Kemudian buka aplikasi ” internet Speed test ” yang telah terpasang di HP anda
  5. Tekan tombol “Perform” agar aplikasi mulai bekerja.
  6. setelah selesai maka akam muncul kecepatan internet anda.

Akhir Kata

Bah sekarang kalian sudah tahu kecepatan internet / wifi anda bukan ? sebenarnya masih banyak cara Mengetahui Kecepatan Internet Di Laptop / PC atau HP baik dengan aplikasi maupun tanpa aplikasi. Namun memiliki cara kerja yang hampir sama. Dan cara yang telah kami  sampaikan diatas adalah cara dan situs terbaik menurut pengalaman mimin.

Namun untuk menampilkan data kecepatan yang lebih akurat, Mimin juga menyarankan agar selamat menunggu proses situs / aplikasi bekerja anda tidak perlu membuka aplikasi atau situs lainnya.

Sekian informasi yang fdapat kami sampaikan tentang cara mengetahui kecepatan Internet / wifi melalui HP dan Laptop / PC.  Kunjungi juga artikel menarik lainnya dari kami seperti Cara Membobol WiFi Dengan HP Android Dan Laptop Dan Cara Merubah Rekaman Suara Menjadi Teks Online di Laptop Dengan Mudah .Semoga Bermanfaat.

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!