Cara Menggambar Orang Untuk Pemula

2
2604
Contoh Gambar Orang Psikotes
contoh gambar orang yang benar dalam tes psikologi atau psikotes gambar orang khususnya dalam rekrutmen TNI

BLOG MILITER INDONESIA kali ini akan memberikan Tips dan Cara Menggambar Orang Psikotes TNI/POLRI, Brooo lagi ikut seleksi TNI/POLRI ? Tes PNS ? Tes Karyawan ? bingung bagaimana cara menggambar orang yang benar ?

Tenang … yuk kakak bahas bersama bagaimana cara menggambar orang yang benar dalam psikotes TNI/POLRI, Berikut tips agar dapat lolos dalam psikotes khususnya dalam materi ini.

Sebelum kepada bahasan pokok tentang bagaimana Cara Menggambar Orang Psikotes TNI/POLRI. Kita semua harus tahu maksud dan tujuan diadakannya tes psikologi.

Baca Juga : Sejarah Singkat Bandung Lautan Api

Jadi Tes Psikologi atau Psikotes merupakan tes yang digunakan dalam rangka mencari tahu kemampuan kecerdasan, kemampuan emosional dan minat serta bakat peserta, Sesuai dengan pekerjaan yang akan di ikuti.

Jadi Jangan Heran bila suatu saat nanti melaksanakan tes Psikologi di suatu organisasi atau instansi tertentu lulus. Namun ketika ikut tes psikologi di institusi lain gagal.

Hal ini sangat dimungkinkan terjadi, karena adanya perbedaan kebutuhan organisasi yang harus dipenuhi. Jadi Kriteria dalam proses rekrutmen atau seleksi masing – masing organisasi juga berbeda.

Selain itu Kondisi Psikologi seseorang juga dapat berubah – ubah sesuai kondisi keadaan mental dan kejiawaan seseorang. Terutama dalam hal tes kejiwaan atau minat dan bakat.

Pada Tes Psikologi atau Psikotes TNI ada tahap ketika anda harus berpikir keras menggambar orang sesuai dengan arahan testor.

Dimana dalam hal ini dapat menilai hasil tes dan mengetahui sejauh mana rasa percaya diri, Karakter dan Pengetahuan anda akan suatu pekerjaan yang sedang anda ikuti.

Baca Juga : Tips Gambar Pohon Psikotes

Tes Psikologi atau Psikotes menggambar orang bisa dikatakan gampang – gampang susah, hal ini dikarenakan banyak sekali yang tidak pandai menggambar. dan takut kalo hasil gambarnya jelek dan tak menarik dilihat.

Padahal sebenarnya tidak demikian, karena kita tidak sedang lomba menggambar yang dinilai kebagusannya dalam menggambar khususnya menggambar orang.

Namun yang dinilai dalam Psikotes menggambar orang ini adalah detail – detail gambar orang yang anda buat dan goresan – goresan saat menggambar, karena dari detail dan goresan gambar inilah seorang testor akan dapat menilai karateristik / karakter atau juga watak seorang peserta Tes Psikologi.

Pada Tahapan Tes Psikologi ini adalah tahapan guna mengukur dan mengetahui tingkat Kepercayaan diri seseorang, tanggung jawab, kestabilan, dan ketahanan kerja dari peserta tes.

Cara Menggambar Orang Psikotes TNI/POLRI

Berikut akan kita jabarkan beberapa Tips dan cara menggambar orang , agar anda dapat lulus dan lolos dalam berbagai tes psikologi khususnya dalam rekrutmen TNI maupun POLRI. Berikut penjelasannya :

1. Gambarlah Orang dengan Panca Indera yang lengkap

Tips dan Cara menggambar orang saat Psikotes TNI/POLRI yang pertama adalah menggambar dengan dilengkapi seluruh panca indera sehingga terlihat jelas bentuknya.

kalian harus menggambarkan seseorang secara utuh, detail dan lengkap terutama panca indera yang seharusnya dimiliki oleh seorang manusia, jangan sekali – kali menggambar kartun karena itu menyalahi perintah. Perintah testor adalah menggambar orang. hal ini saya tekankan karena masih banyak yang menggambar kartun maupun anime dan sebagainya.

Gambar orang yang kita gambar mesti terlihat detail – detailnya seperti Rambut, Mata, Hidung, telinga, tangan, kaki dan bagian bagian tubuh lainnya yang semestinya dimiliki oleh Manusia.

Pasti kalian bertanya mengapa ? Karena yang dinilai dari gambar ini adalah detail gambar yang akan mencerminkan ketelitian dan kecermatan anda dlam melaksanakan pekerjaan sehari – hari.

2. Gambarlah orang dengan Garis tegas, tidak terputus – putus dan tidak Shading

Lalu anda bisa menggambar orang dengan garis yang tegas, jangan gambar orang dengan garis putus – putus atau bahkan menggambar dengan Shading atau diarsir.

Sama dengan menggambar pohon, rumah dan lain – lain Garis tegas dan tidak putus – putus adalah mencerminkan anda seorang yang mempunyai kepercayaan diri yang tinggi. Dan sebaliknya Garis Putus – putus dan diarsir ( shading ) mencerminkan diri kalian yang kurang PEDE dan cenderung ragu – ragu.

3. Gambarlah orang dengan Simetris

Cobalah untuk menggambarlah secara simetris, Jadi antara jarak kertas dengan gambar, baik jarak atas / bawah maupun samping kanan dan kiri diusahakan sama.

Hal ini selain mencerminkan ketelitian juga akan mengungkap kemampuan anda dalam menempatkan diri sesuai dengan gambar orang anda buat.

Sebagai contoh bila anda menggambar orang terlalu kecil dan berada di bawah kertas yang telah disiapkan itu berarti bahwa anda merupakan orang yang rendah diri dan kurang suka bergaul ( Introvert ).

4. Jangan Menggambar Orang dengan memegang benda apapun

Kita tentunya masih sering melihat, bahwa ketika menggambar saat pelaksanaan tes Psiklogi adalah menggambar orang dengan memegang suatu benda.

Hal ini sebaiknya dihindari karena selain tidak sesuai dengan perintah menggambar orang dengan memegang suatau benda ( Apapun itu ) akan mengurangi detail penggambaran jari yang seharusnya dapat lebih jelas saat tanpa memegang apapun.

5. Menggambarlah orang sesuai jenis kelamin yang digambar

Lalu cara menggambar orang pada tes psikotes TNI/POLRI yang kelima adalah menggambar orang beserta perlengkapan dan aksesoris sesuai dengan jenis kelamin yang di gambar.

Contoh adalah apabila anda menggambar seorang Pria/laki-laki maka seharusnya anda menggambar dengan rambut pendek, tanpa menggunakan anting, menggunakan kemeja yang rapi, menggunakan celana baik panjang maupun pendek

Sebaliknya bila anda menggambar seorang wanita maka gambarlah dengan rambut panjang , memakai anting, memakai rok dan lain sebagainya selakyaknya seorang wanita.

6. Mengambarlah orang dengan Kaki lebih Panjang Dari Badan

Selayaknya manusia pada umumnya dimana Panjang kaki lebih daripada panjang badan maka Gambarlah seseorang dengan kaki yang lebih panjang dari badan, hal ini mencerminkan bahwa anda lebih teliti dalam mengerjakan suatu hal.

Bagian Gambar orang yang harus ada terdiri dari:

a. Kepala beserta Rambut tentunya;

b. Leher;

c. Badan orang ( Hal ini menggambarkan beban hidup jadi gambarlah secara proporsional )

d. Jari – jari tangan ( Terlihat dengan jelas bagian bagiannya, kelingking, jari manis, jari tengah, telunjuk dan ibu jari );

e. Pinggang ( Uasahakan menggunakan sabuk sebagai pemisah antara badan dan kaki );

f. Kaki ( Lebih panjang dari badan )

g. Bersepatu.

Contoh Gambar Orang yang Benar

contoh tes psikologi-psikotes gambar orang
contoh gambar orang yang benar dalam tes psikologi atau psikotes gambar orang khususnya dalam rekrutmen TNI

Cara Menggambar Orang yang Benar

Kesimpulan

Sebagai penutup pembahasan kali ini, pada intinya Kalian harus mengerjakan dan mengambar orang secara maximal dan selayaknya manusia yang seharusnya ( Bukan Kartun, Manga, Anime atau gambar Komik ), Karena dari gambar itulah testor atau psikolog akan menilai kemampuan dan kepribadian anda.

Dan dalam setiap seleksi apapun Psikotes merupakan tes kunci karena dalam psikotes hanya ada lulus dan tidak lulus atau cocok dan tidak cocok dengan kerjaan yang sedang diikutis tes nya.

Sekali lagi dalam tes psikotes menggambar orang, Bukan bagus atau jeleknya gambar yang akan dinilai namun Detail – detail gambar. Serta kesesuaian dengan perintahlah yang akan dinilai.

Artikel Menarik : Urutan Pangkat TNI

Untuk itu pada setiap tes psikologi dibutuhkan konsentrasi tingkat tinggi dengan terus memperhatikan dan mengikuti perintah testor jangan samapai kita mengerjakan atau menggambar tidak sesuai perintah testor.

Bagi kalian yang sedang mengikuti seleksi baik TNI/POLRI, Karyawan Perusahaan, PNS. Kakak doakan agar sukses dan berhasil lulus dan lolos… aamiin.

Baca juga beberapa tips psikologi penting lainnya : Strategi dan Tips Tes Koran, Tes Psikologi Gambar , Tes Wartegg , Tips Lolos Akmil atau berita penting lainnya Sejarah lahirnya pancasila, Urutan Pangkat TNI AD serta urutan pangkat TNI AL

Demikianlah pembahasan kita kali ini tentang cara menggambar orang Psikotes, Jangan Lupa juga bagi dan share bila dirasakan artikel ini bermanfaat. Serta kritik dan saran bila ada kekurangan baik komen di kolom komentar atau email ke alamat email admin. Terima Kasih Wassalamualaikum Wr Wb

2 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan